Sukses


Ridwan Kamil Berikan Bonus Mencapai Rp18,5 Miliar untuk Para Atlet Berprestasi di SEA Games

Bola.com, Bandung - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menggelontorkan bonus Rp18,5 Milyar untuk para atlet Jawa Barat yang berprestasi diajang SEA Games 2021 Vietnam dan Asean Paragames 2022 Solo.

Bonus tersebut langsung disampaikan Ridwan Kamil di depan para atlet, pelatih, dan oficial yang telah mendapat medali di Gedung Aula Barat Gedung Sate, Pemprov Jawa Barat, Selasa (11/4/2023).

Ridwan Kamil mengaku bahwa bonus tersebut merupakan apresiasi dari pemerintah provinsi Jabar terhadap atlet yang telah mengharumkan nama Jabar di ajang SEA Games dan Asean Paragames.

"Insya Allah Rp18,5 Milyar cair lusa, tolong dimonitor juga kepada atlet-atlet yang berprestasi di SEA Games dan Asean Para Games. Tadi secara simbolis dari 170 orang ada yang mendapat 420 juta, itu luar biasa," jelas Ridwan Kamil.

"Kami sangat bangga dengan pencapaian ini dan yang baik harus dipertahankan, salah satunya juara PON untuk hattrick setelah juara umum di Jabar dan Papua, tidak boleh tidak juara," lanjut Ridwan Kamil.

 

2 dari 4 halaman

Sejahterakan Atlet Jawa Barat

Sementara itu, Ketua Umum KONI Jabar, M. Budiana mengaku sangat mengapresiasi dan respek dengan sikap Pemprov Jabar di tengah tantangan ekonomi yang luar biasa, masih menomorsatukan kesejahteraan atlet.

"Yang saya maksudkan ketersediaan APBD, tapi concern Pemprov Jabar dan Pak Gubernur bahwa kesejahteraan atlet masih dinomor satukan," ujar Budiana.

"Kami harus bijak juga melihat kemampuan APBD. Tapi yang paling penting saya tandaskan, perhatian Pemerintah Provinsi yang luar biasa bagi atlet-atlet Jawa Barat dan officialnya," tambah Budiana.

Para atlet SEA Games 2021 di Vietnam asal Jabar yang mendapat bonus berjumlah 133 atlet, sedang Asean Paragames 88 orang. Adapun besaran bonus yang didapat yakni ada yang Rp 202 juta, Rp 240 juta, Rp 177 juta hingga Rp 410 juta.

"Cabornya cukup banyak, salah satunya ada menembak, dayung, atletik dan banyak lainnya. Yang jelas dari seluruh medali yang didapat Indonesia di SEA Games 2021 Vietnam, Jabar menyumbang 28 emas, 30 perak, dan 23 perunggu," kata Budiana.

 

3 dari 4 halaman

Berharap Bisa Meningkat di SEA Games 2023 Kamboja

Perolehan medali oleh atlet Jabar ini lanjut Budiana mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan saat di Filipina. Bahkan Budiana berharap Jabar dapat menyumbang medali lebih banyak diajang SEA Games 2023 di Kamboja nanti.

"Ya, saya harap Jabar bisa menyumbang medali lebih banyak lagi di Kamboja nanti walaupun ada cabor andalan kami yang tidak dipertandingkan seperti dayung dan menembak," jelas Budiana.

"Sehingga jagoan-jagoan kami di dua cabor itu tidak bisa bermain karena tidak ada cabor itu. Malah mereka bikin cabor baru seperti bokator dan itu ciri khas tuan rumah," tambah Budiana lagi.

 

4 dari 4 halaman

Pertahankan Citra

Terlebih lanjut Kang Emil sapaan akrabnya, Provinsi Jabar sudah memiliki citra yang baik sebagai pembinaan olahraga terbaik.

"Gubernurnya kan dapat penghargaan pembina olahraga dan apapun itu kami ingin terus, bukan hanya di olahraga profesional tapi juga olahraga rekreasi," cetus Kang Emil.

Orang nomor satu di Jabar ini pun berharap prestasi tersebut tidak hanya di level atlet yang memang full sebagai atlet profesional, tetapi juga harus didapat juga di tingkat antar SMA, PNS atau antar wartawan.

"Sehingga Jawa Barat identik sebagai provinsi yang erat dengan olahraga," ungkap Kang Emil.

Video Populer

Foto Populer