Sukses


8 Macam Olahraga Ringan yang Cocok Dilakukan sebelum Berangkat Kerja

Bola.com, Jakarta - Banyak orang memiliki satu hal yang sering dilakukan pada pagi hari sebelum berangkat kerja. Ada yang sarapan, menyiram tanaman, membaca berita, bahkan berolahraga.

Memiliki kebiasaan berolahraga sebelum berangkat kerja memiliki banyak manfaat untuk tubuh dan pikiran.

Berolahraga dapat membantu menyegarkan, membuatmu siap secara mental sebelum berangkat kerja, dan melancarkan sistem metabolisme.

Namun, menyediakan waktu untuk berolahraga bukanlah hal yang mudah. Apalagi bagi orang yang memiliki aktivitas harian yang padat.

Kendati begitu, tak ada salahnya mencoba berolahraga sebelum berangkat kerja. Kamu dapat berolahraga dengan atau tanpa alat khusus, baik di dalam maupun di luar ruangan.

Kamu hanya perlu menyesuaikannya dengan alat yang tersedia dan seberapa banyak waktu yang dimiliki sebelum berangkat kerja.

Berikut ini delapan macam olahraga ringan yang baik dilakukan sebelum berangkat kerja, dikutip dari Lifehack dan Medicalnewstoday, Rabu (3/5/2023).

2 dari 5 halaman

Macam-Macam Olahraga Ringan

1. Peregangan

Ketika kamu bangun pagi, hal mudah yang dapat kamu lakukan yaitu melakukan peregangan. Peregangan di pagi hari dapat meningkatkan fleksibilitas dan meningkatkan sirkulasi darah di tubuhmu.

Rentangkan tanganmu di atas kepala, condongkan badanmu ke setiap sisi, dan bungkukkan badanmu dengan menyentuh jari-jari kakimu. Pertimbangkan juga untuk melakukan peregangan pada daerah leher, punggung bagian bawah, kaki dan dada.

2. Berjalan Kaki atau Joging

Jika kamu memiliki lebih banyak waktu luang sebelum berangkat kerja, kamu dapat mencoba olahraga luar rumah seperti berjalan atau joging. Awali dengan berjalan cepat, lalu lanjutkan dengan berlari selama 30 menit.

Berikan jeda setiap 10 menit sekali. Latihan aerobik ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah. Tubuhmu juga akan membakar hingga 140-295 kalori.

3 dari 5 halaman

Macam-Macam Olahraga Ringan

3. Latihan Menggunakan Barbel

Olahraga yang satu ini dapat kamu lakukan dengan fleksibel dan bisa dikombinasikan dengan beragam variasi gerakan seperti squat, lunge depan dan samping, lunge bicep curl, deadlift, dan sebagainya.

Gerakan dengan barbel akan memberikan manfaat pada kekuatan jaringan otot, sistem peredaran darah juga akan terjaga, serta kalori hingga 110.

4. Jumping Jacks

Kamu bisa memulai gerakan ini dengan berdiri dalam posisi tegap dan kedua kaki yang rapat. Lalu lompatlah sambil melebarkan kaki dan tangan. Setelahnya, kamu perlu mengembalikan posisi tubuh ke posisi awal dan ulagi lagi.

Kamu perlu melakukan gerakan ini selama satu menit dengan menambahkan durasinya sedikit demi sedikit.

4 dari 5 halaman

Macam-Macam Olahraga Ringan

5. Gerakan Yoga Dasar

Ada berbagai gerakan yoga dasar yang dapat kamu lakukan, dan satu di antara gerakan paling sederhana yang tidak membutuhkan banyak ruang adalah pose pohon.

Untuk melakukannya, kamu cukup berdiri dengan satu kaki sambil mengangkat kaki yang lain. Posisikan kedua tanganmu seperti sedang bersedekap. Tahan posisi ini selama 1-2 menit, lalu ulangi dengan bertumpu pada kakimu yang satunya.

6. Naik Turun Tangga

Jika kamu memiliki tangga di dalam rumah, lakukanlah gerakan ini saat kamu bersiap-siap pergi bekerja. Naik turun tangga dapat melatih jantung, kaki, dan paru-paru.

Jika kamu ingin membuat gerakan yang lebih sulit, langkahi beberapa anak tangga dan kemudian kembali turun ke bawah. Bahkan jika kamu hanya memiliki beberapa tangga di suatu tempat di luar rumah, naik turun tangga selama lima atau 10 menit dapat membuat harimu terasa berbeda.

Kamu akan merasakan kalori yang terbakar dalam waktu singkat jika melakukan naik turun tangga.

5 dari 5 halaman

Macam-Macam Olahraga Ringan

7. Hip Abductor Side Lifts

Anda bisa melakukan jenis olahraga yang satu ini dengan berbaring menghadap ke samping kanan dengan tangan kanan terlipat dan menumpu kepala serta letakkan tangan kiri Anda di pinggang.

Angkat secara perlahan kaki kiri Anda, lalu turunkan. Anda bisa mengulangi gerakan ini sebanyak 10-15 kali, kemudian lakukan kembali pada sisi tubuh sebelah kiri. Ketika mengangkat kaki, tetaplah menjaga pinggul anda tidak ikut bergerak.

8. Push Up

Anda dapat memulai dengan berbaring (telungkup) sambil mengangkat tubuh setinggi lengan. Tangan Anda harus sejajar dengan bahu. Tarik napas saat Anda menurunkan tubuh Anda. Saat Anda menghembuskan napas, Anda harus kembali ke posisi awal.

Posisi yang lebih mudah untuk melakukannya adalah dengan menekuk lutut Anda supaya Anda tidak harus mengangkat seluruh tubuh Anda.

 

Sumber: Lifehack, Medicalnewstoday

Dapatkan artikel macam berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer