Sukses


6 Cara Menyelamatkan Diri saat Bertemu Buaya

Bola.com, Jakarta - Kasus munculnya seekor buaya akhir-akhir ini di lingkungan masyarakat cukup bikin heboh dan meresahkan.

Untuk itu, Anda patut berhati-hati dengan hewan ini. Jangan sampai buaya marah atau menyerang Anda.

Buaya mampu berlari, berenang, dan punya gigi kukuh sehingga bisa mengunyah mangsa dengan mudah. Biasanya buaya sangat ganas kalau kita mendekati atau berada di wilayahnya.

Lalu, apa yang harus dilakukan kalau tiba-tiba kita bertemu dengan buaya agar selamat?

Jangan panik, ada beberapa cara yang bisa diterapkan jika ingin selamat saat bertemu buaya.

Berikut ini enam cara menyelamatkan diri saat bertemu buaya agar selamat, disadur dari Liputan6, Selasa (9/5/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Menyelamatkan Diri saat Bertemu Buaya

1. Jauhi Lokasi Air

Tanyakan kepada penduduk setempat di mana buaya tinggal dan jangan berenang di luar daerah yang ditentukan.

Jangan pergi di air keruh, berenang di senja atau di malam hari, itu adalah waktu tepat bagi buaya untuk berburu dan lebih sulit untuk dilihat.

2. Sadar dengan Lingkungan

Jika Anda akan berada di dalam atau di sekitar air tempat buaya tinggal, Anda harus tetap waspada.

Buaya dapat menyembunyikan diri dengan sangat baik di dalam air, sering kali hanya menjaga mata dan lubang hidungnya di atas air atau sepenuhnya tenggelam.

Jangan menjuntai lengan atau kaki dari perahu ke air, jangan berjalan terlalu dekat dengan sungai atau danau, dan hindari tumbuh-tumbuhan lebat yang bisa memberi hewan-hewan ini perlindungan.

3 dari 4 halaman

Cara Menyelamatkan Diri saat Bertemu Buaya

3. Jaga Jarak

Jika tidak sengaja berada dekat dengan hewan ini, lebih baik segera menjaga jarak. Petugas penjaga hutan liar di Australia menyatakan bahwa jarak aman yang minimum dari perairan habitat buaya adalah setidaknya 25 meter.

4. Jangan Kejutkan Mereka

Jika Anda berada di dekat buaya, buat suara yang begitu pelan atau bersiul. Sebab, cara ini akan membuat mereka nyaman dengan kehadiran Anda dan tidak begitu terancam. Jika Anda panik dan berteriak, kemungkinan buaya menyerang Anda akan sangat besar.

4 dari 4 halaman

Cara Menyelamatkan Diri saat Bertemu Buaya

5. Lari Kencang

Jika tiba-tiba Anda menjumpai seekor buaya dan berusaha menyerang Anda, segera lari menjauhi mereka secepat mungkin. Walaupun buaya memiliki gerakan yang sangat cepat di perairan, di daratan kecepatannya hanya 17 km per jam.

Hal ini berarti, kecepatan lari manusia jauh lebih cepat daripada kecepatan buaya tersebut.

6. Serang Bagian Mata Buaya

Seluruh permukaan tubuh buaya dilapisi oleh kulit bersisik yang lumayan tebal. Oleh sebab itu, akan sangat sulit buat kita untuk melukainya.

Namun, berbeda dengan mata buaya. Meski punya selaput antiair, tetap rawan untuk dilukai. Beberapa korban yang pernah selamat dari serangan buaya mengaku menyerang bahkan menyongkel mata binatang itu ketika mereka menggigit.

Dengan cara itu, bisa dipastikan buaya akan melepaskan gigi-gigi runcingnya karena merasa kesakitan dan tidak bisa melihat. Saat itulah kesempatan yang tepat untuk melarikan diri.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Teddy Tri Setio Berty, Editor: Raden Trimutia Hatta. Published: 18/5/2020)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer