Sukses


8 Manfaat Olahraga Basket bagi Tubuh

Bola.com, Jakarta - Basket merupakan satu di antara cabang olahraga beregu yang memiliki banyak penggemar. Pasalnya, basket mengasyikan dan menyehatkan badan.

Basket dimainkan oleh dua tim secara berlawanan, dan masing-masing regu bertanding terdiri lima pemain. Olahraga bola besar satu ini bisa dimainkan di lapangan terbuka (outdoor) atau ruang tertutup (indoor).

Adapun tujuan basket ialah memperoleh poin sebanyak mungkin dengan memasukkan bola ke keranjang lawan.

Olahraga ini cenderung kompetitif dengan tempo permainannya yang lebih cepat dibanding permainan bola besar lainnya, seperti voli dan sepak bola.

Itulah mengapa, permainan ini kerap dijadikan sebagai rekomendasi olahraga. Lalu, apa manfaat bermain basket yang didapat bagi tubuh?

Berikut ini delapan manfaat olahraga basket yang diperoleh bagi tubuh, dikutip dari laman Betterhealth dan Healthline, Jumat (12/5/2023).

2 dari 5 halaman

Manfaat Olahraga Basket bagi Tubuh

1. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa olahraga bola besar satu ini memberikan dampak baik bagi kekuatan tulang.

Bagaimana tidak, kamu terus berlompat dan berlari sepanjang permainan. Hal ini melatih kekuatan otot hingga membuat tulang menjadi lebih padat.

2. Menambah Tinggi Tubuh

Di samping meningkatkan kesehatan tulang, manfaat bermain bola basket juga dikenal bisa membantu menambah tinggi tubuh. Sebab, ring basket terletak sekitar tiga meter dari tanah, kamu pun harus melompat agar bisa memasukkan bola ke dalam ring tersebut.

Proses melompat selama bermain inilah yang membantu membuat badanmu jadi cepat tinggi. Terlebih lagi, kelincahan gerakan dalam permainan melatih kekuatan otot pada kakimu.

Hal ini diketahui mampu memicu tulang memanjang dengan cepat, terutama bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

3 dari 5 halaman

Manfaat Olahraga Basket bagi Tubuh

3. Menurunkan Berat Badan

Manfaat basket lainnya adalah menurunkan berat badan dengan efektif. Sebab, basket melibatkan banyak gerakan cepat dan tajam, belum lagi berlarian.

Ini membantu membakar kalori dan membuatmu tetap fit. Bahkan, riset telah menunjukkan bahwa sesi intens basket dapat membantumu membakar 650-750 kalori per jam.

4. Meredakan Stres

Bermain basket dapat meningkatkan hormon endorfin alias hormon kebahagiaan. Hormon endorfin dapat meningkatkan rasa senang, membuat tubuh jadi rileks, dan mengurangi rasa nyeri. Bahkan, hormon endorfin juga mampu meredakan stres dan meningkatkan rasa percaya diri.

4 dari 5 halaman

Manfaat Olahraga Basket bagi Tubuh

5. Memperkuat Ketahanan Otot

Manfaat kelima olahraga basket diketahui bisa memperkuat ketahanan otot. Secara mendasar, olahraga ini memerlukan stamina, kekuatan serta kecepatan. Sebab, kamu harus bergerak dengan gesit dengan ketahanan otot yang kuat.

Bila melatihnya secara rutin, kamu bisa meningkatkan stamina dan performa fisik tubuh menjadi lebih baik setiap harinya.

6. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat keenam yang dapat dirasakan dari olahraga basket adalah meningkatkan imunitas tubuh. Dengan imunitas tubuh yang makin meningkat maka kesehatan tubuh akan makin terjaga. Selain itu, bakteri-bakteri tidak akan mudah masuk ke tubuh.

5 dari 5 halaman

Manfaat Olahraga Basket bagi Tubuh

7. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Bermain bola basket mampu meningkatkan detak jantung saat beristirahat, yang memiliki efek positif pada kebugaran kardiorespirasi. Hal tersebut berkaitan erat dengan penurunan kemungkinan terkena penyakit kardiovaskular.

8. Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

Saat terlibat dalam olahraga bola basket, anggota tim lainnya dapat memotivasi dan mendukung satu sama lain. Mereka juga bisa memberi tahu kekurangan dari gaya permainan basketmi. Hal-hal ini dipercaya dapat menumbuhkan rasa percaya diri.

 

Sumber: Betterhealth, Healthline

Dapatkan artikel manfaat berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer