Sukses


5 Manfaat Bunga Matahari yang Jarang Diketahui

Bola.com, Jakarta - Bunga matahari merupakan satu di antara jenis tanaman yang disukai banyak orang karena keindahannya. Bunga yang memiliki nama latin Helianthus Annuus L ini, berasal dari tanah Amerika Utara.

Meski berasal dari Amerika Utara, bunga matahari mudah ditemui di Indonesia, terutama di Pulau Jawa. Tanaman bunga matahari ditanam di kawasan pegunungan dengan kelembapan yang cukup.

Bunga matahari berwarna kuning cerah membentuk lingkaran dan selalu menghadap ke arah matahari. Pada bagian tengah bunga matahari terdapat biji yang bisa dimanfaatkan untuk makanan, satu di antaranya camilan kuaci.

Selain indah dipandang, bunga matahari bisa menghasilkan manfaat bagi kesehatan. Biji bunga matahari mengandung protein, karbohidrat, serat, serta lemak.

Tak hanya bijinya saja yang bermanfaat, bagian lain dari bunga matahari, seperti bunga, daun hingga akar juga bisa dikonsumsi. Namun, pastikan bunga matahari yang ditanam tanpa bahan kimia.

Berikut ini manfaat bunga matahari yang jarang diketahui, disadur dari laman cybex.pertanian.go.id, Senin (22/5/2023).

2 dari 6 halaman

Manfaat Bunga Matahari untuk Kecantikan

Minyak bunga matahari bisa dimanfaatkan untuk kecantikan kulit dengan cara mengoleskannya di badan dan rambut. Hal ini sudah dilakukan sejak zaman dulu oleh bangsa Yunani dan Romawi kuno.

Minyak dari bunga matahari diketahui mengandung vitamin dengan antioksidan yang tinggi sehingga bisa menghambat radikal bebas yang bisa merusak sel kulit. Ada juga vitamin E yang dapat mencegah penuaan.

3 dari 6 halaman

Manfaat Bunga Matahari untuk Pertanian

Para petani biasa mengolah daun-daun bunga matahari yang kering sebagai pupuk hijau untuk menyuburkan tanaman. Pasalnya, tumbuhan ini diketahui mengandung kadar kalium tinggi dan bisa merangsang pertumbuhan tanaman.

 

4 dari 6 halaman

Manfaat Daun Bunga Matahari

Selain bisa menjadi pupuk tanaman, daun atau kelopak bunga matahari juga banyak dimanfaatkan sebagai pakan ternak. Bahkan, di luar negeri para petani mengolah daun bunga matahari untuk makanan burung.

 

5 dari 6 halaman

Manfaat Bunga Matahari bagi Kesehatan

Bunga matahari juga memiliki dampak positif bagi kesehatan bila dikonsumsi. Rebusan bunga matahari bisa mengatasi sakit kepala.

Selain itu, rebusan air bunga matahari bisa mengurangi keluhan dari sakit rematik dan keputihan. Caranya dengan merebus kepala bunga matahari dan menempelkannya pada bagian yang sakit.

Sedangkan untuk keputihan bisa direbus dengan akar, daun beluntas, tapak liman, dan daun seribu segar.

6 dari 6 halaman

Manfaat Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari ternyata bisa diolah menjadi minyak. Sebab, sebesar 48 persen cangkang biji tersebut mengandung minyak yang bisa diolah dan dikonsumsi oleh manusia.

Biji bunga matahari juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh, seperti vitamin E, vitamin B1, vitamin B3, vitamin B6, asam folat, magnesium, seng, tembaga, fosfor, dan zat besi.

 

Sumber: cybex.pertanian.go.id

Baca artikel seputar manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer