Sukses


8 Manfaat Bunga Melati bagi Kesehatan Tubuh yang Menarik Diketahui

Bola.com, Jakarta - Bunga melati merupakan bunga yang terkenal karena baunya yang harum. Bunga melati banyak dijumpai di pekarangan rumah maupun perkebunan warga.

Selain dijadikan sebagai bunga hias, bunga melati bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, seperti hiasan pengantin, bahan baku pembuatan parfum, sabun, losion, aromaterapi, hingga dijadikan teh atau campuran minuman.

Tak hanya itu, bunga berwarna putih ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Namun, mengonsumsi bunga melati sering kali dikaitkan dengan hal-hal mistik. Terlepas dari stereotip tersebut, apa saja manfaat bunga melati bagi kesehatan tubuh?

Nah, jika kamu penasaran apa saja manfaat bunga melati bagi kesehatan tubuh, berikut penjabarannya, dikutip dari laman Healthcare dan Healthline, Senin (22/5/2023).

2 dari 5 halaman

Manfaat Bunga Melati bagi Kesehatan Tubuh

1. Menurunkan Berat Badan

Bunga melati baik dikonsumsi untuk orang yang sedang ingin menurunkan berat badan. Kandungan EGCG, yaitu epigallocatechin dan asam galat, dalam daunnya bisa mencegah penambahan berat badan dengan mempercepat metabolisme.

Kandungan tersebut juga membersihkan racun berbahaya dari tubuh dan membantu membakar kelebihan lemak lebih cepat.

2. Meningkatkan Fungsi Otak

Bunga melati mempunyai kandungan kafein yang befungsi untuk merangsang sistem saraf. Caranya adalah dengan memblokir penghambat adenosin.

Adenosin juga bermanfaat untuk membuat tubuh menjadi lebih tenang. Ada pula kandungan L-ethanine yang satu di antara fungsinya dapat membantumu menjadi lebih waspada.

3 dari 5 halaman

Manfaat Bunga Melati bagi Kesehatan Tubuh

3. Meminimalkan Peradangan

Zat antioksidan dalam bunga melati efektif untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas adalah partikel yang dalam jumlah berlebih bisa menyebabkan peradangan. Pada gilirannya, hal ini bisa menimbulkan penyakit kronis, termasuk diabetes dan penyakit jantung.

4. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Kandungan antioksidan yang tinggi membuat bunga melati bermanfaat untuk membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Bunga putih kecil ini mampu mengatasi perut kembung, sakit perut, diare, dispepsia, dan sindrom iritasi usus besar.

Selain itu, bunga melati bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di usus, dan bisa menghilangkan bakteri berbahaya dan racun dari dalam tubuh.

4 dari 5 halaman

Manfaat Bunga Melati bagi Kesehatan Tubuh

5. Menjaga Kesehatan Gigi

Ketika bunga melati sudah diolah menjadi teh, ada senyawa yang menambah manfaat atau khasiatnya yang bernama katekin.

Katekin adalah senyawa polifenol yang dapat membantu melindungi dari kerusakan gigi seperti gigi berlubang serta masalah bau mulut. Cara kerjanya adalah dengan membunuh bakteri pembentuk plak.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat bunga melati bisa membantu menjaga kesehatan jantung secara menyeluruh. Manfaat ini berasal dari kandungan antioksidan di dalam bunga melati.

Untuk menjaga kesehatan jantung, kamu bisa mengonsumsi bunga melati secara langsung maupun dijadikan sebagai teh. Imbangi juga dengan pola hidup sehat agar kesehatan jantung tetap terjaga.

5 dari 5 halaman

Manfaat Bunga Melati Bagi Kesehatan Tubuh

7. Sakit Mata

Bunga melati dapat mengobati mata merah, iritasi serta belekan. Caranya, ambil satu genggam daun melati, kemudian pipih hingga halus. Tempelkan pada dahi di atas mata, kalau kering ganti dengan ramuan baru. Lakukan secara rutin sampai mata benar-benar sembuh.

8. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat bunga melati yang sudah dikenal sejak dulu adalah menjaga kesehatan kulit. Bunga melati mengandung minyak esensial alami yang dipercaya dapat melembapkan, mengatasi peradangan, dan membasmi kuman di kulit.

Beberapa riset menunjukkan bahwa bunga melati bermanfaat untuk mencegah penuaan dini dan kulit kering, serta membantu proses pemulihan luka.

Untuk mendapatkan manfaat bunga melati yang satu ini, kamu bisa menggunakan pelembap, serum wajah, atau minyak esensial yang terbuat dari bunga melati.

Meski demikian, kamu tetap perlu berhati-hati karena produk tersebut mungkin dapat menimbulkan iritasi kulit. Reaksi ini lebih berisiko terjadi pada orang yang memiliki kulit sensitif.

 

Sumber: Healthcare, Healthline

Dapatkan artikel manfaat berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer