Sukses


8 Contoh Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup di Masyarakat

Bola.com, Jakarta - Pelestarian lingkungan hidup merupakan upaya menjaga agar kondisi lingkungan hidup tetap terjaga dengan meningkatkan daya dukungnya.

Lingkungan hidup perlu kita lestarikan untuk menjaga keseimbangan alam dan kelangsungan hidup manusia di Bumi.

Lingkungan hidup memiliki beberapa fungsi yang berpengaruh terhadap kelangsungan hidup makhluk yang ada di bumi, termasuk manusia.

Agar kita tetap dapat tinggal dengan nyaman dan tenteram, kita perlu menjaga kelestarian lingkungan hidup. Namun, masih ada sebagian orang yang belum memiliki kesadaran untuk menjaga lingkungan.

Menjaga lingkungan agar tetap asri dan terawat perlu dilakukan oleh setiap orang. Jika tidak dibudayakan, kerusakan lingkungan akan terjadi di kemudian hari.

Upaya pelestarian lingkungan hidup dimaksudkan untuk menjamin bahwa sumber daya alam yang ada dapat mendukung kehidupan secara berkesinambungan.

Secara umum, aktivitas pelestarian lingkungan hidup berupa pelestarian sumber daya udara, air, dan tanah.

Upaya menjaga kelestarian lingkungan hidup dapat dilakukan di masyarakat. Ada banyak contoh upaya pelestarian lingkungan yang bisa dilakukan.

Dengan melakukan menjaga kelestarian lingkungan hidup di masyarakat tersebut, berarti kita turut menjaga keseimbangan ekosistem yang ada.

Berikut ini penjelasan contoh upaya menjaga pelestarian lingkungan hidup, dilansir dari dlh.semarangkota.go.id, Selasa (23/5/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Contoh Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup

1. Bercocok Tanam dengan Bijak

Bercocok tanam dengan bijak dapat meningkatkan hasil panen. Untuk memberantas hama tanaman, kita dapat menggunakan musuh alami sebagai upaya untuk mengurangi penggunaan pestisida yang mengandung bahan-bahan kimia berbahaya.

Kita juga dapat merotasi tanaman sebagai upaya menjaga keseimbangan ekosistem.

2. Menggunakan Produk Dalam Negeri

Menggunakan produk dalam negeri dapat mengurangi jumlah barang-barang impor yang mungkin saja mengandung bahan-bahan berbahaya yang dapat merusak lingkungan.

Selain itu, menggunakan produk dalam negeri dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

3 dari 5 halaman

Contoh Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup

3. Menjaga Flora dan Fauna Langka

Dengan menjaga kelestarian hutan dan tidak melakukan perburuan liar, kita sudah turut menjaga flora dan fauna langka. Dengan begitu, keseimbangan ekosistem tetap terjaga.

4. Menjaga Kelestarian Hutan

Hutan memiliki peranan penting bagi kehidupan karena menjadi paru-paru dunia yang dapat menghasilkan oksigen dan menyerap karbondioksida, daerah resapan air terbesar sehingga dapat mencegah banjir bandang, erosi, dan tanah longsor, serta tempat tinggal aneka flora dan fauna.

Sebagai upaya menjaga kelestarian hutan, kita dapat menanam sejuta pohon, tidak membuka lahan dengan membakar hutan, tidak melakukan penebangan pohon secara liar, dan melaporkan pada pihak berwajib jika mengetahui adanya praktik illegal logging.

4 dari 5 halaman

Contoh Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup

5. Melakukan AMDAL

Sebelum membangun sesuatu, seperti gedung atau jalan, pihak-pihak yang terlibat di dalamnya harus melakukan AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan).

Hal ini dilakukan agar pembangunan tersebut tidak merusak kelestarian lingkungan hidup dan mencari solusi atas konsekuensi yang akan dihadapi.

6. Reboisasi

Kondisi hutan saat ini memang sudah memprihatinkan akibat banyaknya penebangan pohon secara liar dan praktik illegal loging.

Dengan kondisi yang seperti ini, hutan tidak mampu lagi meresap air sehingga terjadi banjir bandang, erosi, dan tanah longsor. Karena itu, kita harus melakukan reboisasi untuk tetap menjaga kelestariannya.

5 dari 5 halaman

Contoh Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup

7. Menghemat Energi

Satu di antara langkah yang dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup adalah dengan melakukan penghematan energi. Bagaimana melakukannya? Kamu dapat mematikan lampu di siang hari atau sedang tidak dipakai.

Penghematan energi juga bisa dilakukan dengan menghemat BBM dengan meminimalisasi penggunaan kendaraan bermotor.

Bila hendak pergi ke tempat yang relatif dekat, gunakan sepeda atau berjalan kaki agar emisi dari kendaraan tidak mencemari udara.

8. Tidak Membuang Sampah Sembarangan

Sampah masih menjadi permasalahan besar yang dihadapi oleh Indonesia. Terlebih masih banyak masyarakat Indonesia yang belum membuang sampah secara tertib di tempatnya.

Kamu mungkin pernah melihat masyarakat yang tinggal di bantaran sungai membuang sampah sembarangan ke aliran sungai.

Hal ini kemudian mengakibatkan air sungai menjadi tercemar, aliran sungai pun menjadi terhambat dan berpotensi mengakibatkan banjir di wilayah tersebut. Lingkungan juga menjadi tidak sehat karena banyak sampah yang mengapung di pinggir sungai.

 

Sumber: dlh.semarangkota.go.id

Baca artikel seputar contoh lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer