Sukses


5 Cara Menyelamatkan Diri ketika Terjadi Kebakaran, Jangan Panik

Bola.com, Jakarta - Cara menyelamatkan diri ketika terjadi kebakaran sangat penting untuk diketahui. Sebab, keadaan darurat seperti itu bukanlah sebuah musibah yang bisa diprediksi.

Kebakaran merupakan bencana yang dapat terjadi kapan pun dan di mana saja. Hal ini tentu perlu diwaspadai setiap orang karena dapat menimbulkan banyak kerugian dan parahnya, bisa menelan korban jiwa.

Setiap orang pastinya tidak menginginkan menjadi korban dari bencana kebakaran. Oleh sebab itu, kita harus memiliki bekal terutama menyelamatkan diri ketika dalam keadaan darurat seperti itu.

Lalu bagaimana cara menyelamatkan diri ketika terjadi kebakaran yang bisa diterapkan supaya tidak menjadi korban?

Berikut ini lima cara menyelamatkan diri ketika terjadi kebakaran, dikutip dari laman pusatkrisis.kemkes.go.id dan indonesiabaik.id, Kamis (8/6/2023).

2 dari 6 halaman

Tetap Tenang dan Jangan Panik

Saat terjadinya kebakaran tentu semua orang akan panik. Namun, yang perlu diingat adalah ketika terjadi kebakaran upayakan untuk tetap tenang dan jangan panik.

Kepanikan hanya akan membuat kita sulit berkonsentrasi untuk memutuskan tindakan apa yang akan dilakuan saat keadaan darurat seperti itu.

Dengan berpikiran tenang, kita akan lebih mudah berpikir jernih untuk menyelamatkan diri, keluarga, dan juga harta benda.

3 dari 6 halaman

Padamkan Api sebelum Membesar

Kebakaran terjadi bisa karena hal sepele seperti puntung rokok atau lilin. Konsleting atau arus pendek listrik juga menjadi penyebabnya.

Sebaiknya matikan kompor atau lepaskan peralatan listrik yang tidak penting saat keluar rumah. Kemudian amankan dokumen-dokumen yang dirasa penting.

Namun, ketika kebakaran sudah terjadi dan api belum membesar sebaiknya mencoba untuk memadamkan api menggunakan alat seperti handuk basah atau alat pemadam api (APAR).

4 dari 6 halaman

Lindungi Saluran Pernapasan

Saat titik kebakaran berada cukup dekat maka asap bisa jadi tak terhindarkan. Segera lindungi hidung dan mulut dengan tisu basah, kain lap, atau menggunakan masker.

Asap kebakaran yang terhirup bisa mengakibatkan gangguan pada saluran pernapasan. Selain itu, ketika Anda sudah terjebak dalam kondisi tersebut, bungkukkan badan serendah mungkin atau merangkak karena asap akan bergerak ke atas.

5 dari 6 halaman

Cari Tangga Darurat

Upayakan segera temukan dan menuju ke tangga darurat. Bagian ini memang dirancang khusus untuk jalan keluar yang diandalkan dalam keadaan darurat.

Pastikan Anda menggunakan akses ini dan menghindari memakai lift atau elevator, serta ruang-ruang tertutup lainnya.

6 dari 6 halaman

Hubungi Pemadam Kebakaran

Saat api sudah tidak bisa dikendalikan lagi, segera hubungi pemadam kebakaran. Pastikan Anda melakukan panggilan darurat ke pemadam kebakaran ketika Anda sudah berada di luar ruangan.

 

Sumber: pusatkrisis.kemkes.go.id, indonesiabaik.id

Yuk, baca kumpulan artikel cara dari berbagai tema lainnya dengan mengklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer