Sukses


9 Cara Terbaik Memutihkan Gigi secara Alami, Bisa Dilakukan di Rumah

Bola.com, Jakarta - Setiap orang pasti ingin memiliki gigi putih bak mutiara. Pasalnya, memiliki gigi putih mampu meningkatkan rasa percaya diri seseorang.

Selain itu, ketika kita tersenyum yang dihiasi dengan gigi putih pasti akan lebih enak dipandang. Itulah sebabnya banyak orang yang mencari cara memutihkan gigi.

Tidak sedikit orang yang rela mengeluarkan banyak uang untuk melakukan perawatan khusus ke dokter gigi demi memiliki gigi putih.

Namun, kamu juga bisa memutihkan gigi dengan bahan-bahan alami. Namun, cara-cara ini memerlukan ketelatenan dan kesabaran.

Lalu, apa saja cara yang bisa dilakukan untuk memutihkan gigi secara alami?

Berikut ini sembilan cara terbaik memutihkan gigi secara alami yang bisa dilakukan di rumah, dikutip dari laman kemkes.go.id dan jambiprov.go.id, Rabu (21/6/2023).

2 dari 4 halaman

Cara Terbaik Memutihkan Gigi secara Alami

1. Air Putih

Air putih memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Satu di antaranya yaitu dengan membilas sisa makanan yang berpotensi menyebabkan plak pada gigi.

Nah, apabila dibiarkan, plak-plak tersebut dapat menyebabkan warna gigi menjadi kekuningan. Jadi, usahakan selalu minum air putih, terutama setelah makan.

Selain sebagai satu di antara cara memutihkan gigi secara alami, air putih dapat menyeimbangkan zat mineral dalam rongga mulut sehingga mencegah lubang pada gigi.

2. Baking Soda

Baking soda memiliki khasiat pemutih alami, sehingga sering dijadikan bahan dalam produk pasta gigi. Bahan kue ini memiliki sifat abrasif ringan, yang dapat membantu menghilangkan noda di permukaan gigi.

Selain itu, baking soda juga dapat menciptakan lingkungan basa di mulut, yang mencegah pertumbuhan bakteri. Namun, cara memutihkan gigi dengan baking soda butuh proses, dan tidak akan langsung terlihat hasilnya dalam semalam.

3. Siwak

Siwak sudah digunakan sejak zaman dahulu sebagai alat tradisional pembersih gigi. Ternyata siwak memiliki manfaat lain yaitu sebagai pemutih gigi alami.

Caranya, gosokkan batang siwak secara merata ke gigi. Anda bisa melakukannya 2-3 kali sehari.

3 dari 4 halaman

Cara Terbaik Memutihkan Gigi secara Alami

4. Arang Kayu

Arang kayu memiliki kandungan alkali yang mampu mengikis dan membersihkan noda kuning yang menempel pada gigi. Anda bisa menggunakannya dalam skala kecil karena jika digunakan terlalu sering justru dapat mengikis lapisan enamel gigi.

Caranya, ambil secuil arang kayu kemudian haluskan dan tambah dengan perasan air lemon. Kemudian Anda bisa menyikatkan pada bagian gigi.

5. Stroberi

Menurut penelitian yang dipublikasikan di jurnal Operative Dentistry menunjukkan bahwa kandungan asam malat, vitamin C, dan astringent dalam stroberi dapat membantu mengembalikan warna putih gigi sekaligus menghilangkan plak yang mengganggu.

Caranya, lumatkan beberapa buah stroberi dan gunakan sebagai pasta gigi ketika Anda membersihkan gigi. Lakukan minimal dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Kulit Pisang

Setelah makan buah pisang, sebaiknya jangan langsung membuang kulitnya. Kulit pisang dapat digunakan untuk membersihkan gigi yang kuning. Caranya, cukup gosokan kulit pisang ke bagian gigi secara merata.

4 dari 4 halaman

Cara Terbaik Memutihkan Gigi secara Alami

7. Minyak Kelapa

Cara memutihkan gigi selanjutnya yang bisa dicoba adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Meski terdengar asing, ternyata telah banyak orang yang menggunakan bahan alami ini untuk memutihkan gigi.

Caranya, oleskan minyak kelapa secara merata pada gigi setelah Anda menyikat gigi dan diamkan hingga 20 menit. Lalu, bersihkan mulut dengan berkumur.

8. Daun Sirih

Nenek moyang kita dahulu juga menggunakan daun sirih sebagai bahan untuk membersihkan gigi secara alami. Kandungan yang terdapat di dalam daun sirih mampu membasmi kuman penyebab kerusakan gigi dan bahkan dapat memutihkan gigi secara alami.

Caranya, ambil 1-2 helai daun sirih yang masih segar kemudian gosokan ke bagian gigi secara merata. Selain itu, Anda juga bisa merebusnya kemudian gunakan untuk berkumur-kumur.

9. Kulit Lemon atau Jeruk

Tidak berbeda jauh sengan kulit pisang, kulit lemon atau jeruk yang telah dikupas juga dapat dimanfaatkan untuk membersihkan gigi kuning hingga memutihkannya.

Caranya pun hampir sama, yaitu gosokan kulit lemon atau jeruk ke bagian gigi secara merata. Anda bisa melakukannya setiap hari untuk hasil yang lebih maksimal.

 

Sumber: kemkes.go.id, jambiprov.go.id

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer