Sukses


6 Manfaat Bunga Telang Ungu untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Bunga telang ungu merupakan satu di antara jenis tumbuhan merambat yang sering ditemui di pekarangan. Bunga telang ungu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Bunga tersebut mengandung sifat antioksidan, antiinflamasi, antikanker, antimikroorganisme, sampai antidiabetes. Kandungan alami inilah yang menjadikan manfaat bunga telang ungu baik untuk kesehatan.

Untuk merasakan manfaatnya, bunga telang ungu bisa dikonsumsi dalam bentuk teh. Caranya petik 10 kelopak bunga tersebut lalu seduh dan rendam selama 15 menit dalam air panas.

Selain itu, kamu bisa mencampurkan bunga telang ungu dengan bahan lain seperti jahe, mint, atau lemon.

Namun, sebelum mengonsumsi bunga telang tersebut sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Apalagi bunga telang disebut memiliki efek samping jika digunakan secara berlebihan.

Berikut ini manfaat bunga telang ungu untuk kesehatan yang perlu diketahui, dilansir dari yankes.kemkes.go.id, Jumat (14/7/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Manfaat Bunga Telang Ungu untuk Kesehatan

1. Baik untuk Kesehatan Otak

Kembang telang mengandung antioksidan, seperti flavonoid dan antosianin, yang baik untuk memperbaiki sel-sel tubuh, termasuk sel saraf.

Tak hanya itu, kembang telang diketahui dapat meningkatkan produksi asetilkolin, yaitu zat kimia di otak yang berperan dalam proses mengingat, mempelajari informasi, dan menjaga konsentrasi.

2. Bantu Memperbaiki Mood

Minum teh bunga telang dipercaya memiliki efek penghilang stres yang juga membantu mengurangi gejala kecemasan dan depresi.

Hal ini juga dikenal dapat menyegarkan otak, meningkatkan tingkat energi, dan stamina, memengaruhi emosi positif dan dapat meningkatkan produktivitas di tempat kerja.

3 dari 4 halaman

Manfaat Bunga Telang Ungu untuk Kesehatan

3. Mencegah Kerontokan Rambut dan Merangsang Pertumbuhan Rambut

Bunga telang mengandung bioflavonoid dan anthocyanin, senyawa yang dikenal untuk meningkatkan sirkulasi darah di kepala dan dapat menjaga kesehatan kulit kepala serta mampu mengatasi kerontokan rambut serta mengurangi munculnya uban.

4. Mengandung Antioksidan

Dalam sebuah studi berjudul International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, para peneliti menyimpulkan, ekstrak metanol dalam bunga telang, berpotensi menjadi sumber antioksidan.

Kandungan senyawa flavonoid, antosianin, dan fenolik dalam bunga telang juga bermanfaat untuk mengaktifkan peran antioksidan dalam tubuh.

Antioksidan bermanfaat untuk membantu melindungi sel serta mengurangi stres oksidatif yang dapat mengakibatkan penuaan dini serta penyakit kronis lainnya.

4 dari 4 halaman

Manfaat Bunga Telang Ungu untuk Kesehatan

5. Mengurangi Peradangan

Bunga telang mengandung sekitar 51-52 persen asam oleat. Biasanya, asam lemak baik ini, ditemukan pada minyak zaitun.

Beberapa studi menyatakan, asam oleat mampu mengurangi peradangan atau anti-inflamasi yang dapat mengurangi infeksi serta pembengkakan, seperti nyeri tubuh, migrain, infeksi luka, serta sakit kepala.

6. Mengurangi Resiko Hipertensi dan Penyakit Jantung

Jika kamu mempunyai kondisi tekanan darah tinggi, tidak ada salahnya untuk mencoba bunga telang karena bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah.

Alasannya adalah karena senyawa antosianin juga dapat membantu mengurangi kekakuan arteri. Makin kaku arteri maka makin sulit darah mengalir sehingga mengakibatkan tekanan darah tinggi. Hal ini juga meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung.

 

Sumber: Kemkes.go.id

Baca artikel seputar manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer