Sukses


Bacaan Doa agar Diterima Kerja saat Interview, Memohon Kelancaran

Bola.com, Jakarta - Dalam mencari pekerjaan, proses wawancara atau interview menjadi momen untuk menunjukkan kemampuan, kualifikasi, dan kepribadian kita kepada calon atasan.

Selain persiapan materi, kita juga harus berdoa dan memohon restu kepada Tuhan agar berhasil melewati wawancara serta diterima kerja.

Doa menjadi sarana spiritual untuk menyampaikan harapan, keinginan, dan rasa syukur kita kepada Tuhan. Ketika menghadapi momen krusial seperti interview kerja, doa menjadi wadah untuk memohon bimbingan, ketenangan hati, dan kesuksesan dalam menghadapi tantangan.

Segala sesuatu akan kembali pada keputusan Allah Swt. Jika memang pekerjaan tersebut rezeki seorang muslim maka orang tersebut akan diterima kerja.

Berikut bacaan doa agar diterima kerja saat interview, bentuk permohonan kelancaran, disadur dari Dream, Rabu (2/8/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Bacaan Doa agar Diterima Kerja saat Interview

Berikut adalah bacaan doa kerja yang bisa membantu umat muslim agar bisa lolos ke tahap interview atau wawancara dan diberi pekerjaan yang baik oleh Allah Swt:

Allahummaghfirli dzanbii, wa wassi' khuluqii, wa thayyib lii kasabii, wa qanni'nii bimaa razaqtanii, wa laa tadz-hab qalbii ilaa syai-in sharraftahu 'annii.

Artinya: "Ya, Allah, ampunilah dosaku, perluaslah (muliakanlah) akhlakku, berilah untukku pekerjaan yang baik, jadikanlah aku puas menerima yang Engkau karuniakan kepadaku, dan janganlah Engkau buat hatiku mengingat apa pun yang telah Engkau palingkan dariku." (HR. Ibnu An-Najjar)

Dalam agama Islam terdapat ibadah salat sunah, yakni salat hajat. Inilah ibadah yang bisa dijalankan ketika seseorang memiliki sebuah hajat, termasuk ingin bisa diterima kerja.

Berikut adalah bacaan doa saat salat hajat agar diberikan jawaban yang terbaik oleh Allah Swt., yakni doa agar diterima kerja sebelum interview:

Lâ ilâha illallâhul halîmul karîm. Subhânallâhi rabbil ‘arsyil karîmil ‘azhîm. Alhamdulillâhi rabbil ‘âlamîn. As’aluka mûjibâti rahmatik, wa ‘azâ’ima maghfiratik, wal ghanîmata min kulli birrin, was salâmata min kulli itsmin. La tada‘ lî dzanban illâ ghafartah, wa lâ hamman illâ farrajtah, wa lâ hâjatan hiya laka ridhan illâ qadhaitahâ ya arhamar râhimîn.

Artinya: "Tiada Tuhan selain Allah yang maha lembut dan maha mulia. Maha suci Allah, penjaga Arasy Yang Agung. Segala puji bagi Allah, Tuhan alam semesta. Aku mohon kepada-Mu bimbingan amal sesuai rahmat-Mu, ketetapan ampunan-Mu, kesempatan meraih sebanyak kebaikan, dan perlindungan dari segala dosa. Janganlah Kau biarkan satu dosa tersisa kepadaku, tetapi ampunilah. Jangan juga Kau tinggalkanku dalam keadaan bimbang karenanya bebaskanlah. Jangan pula Kau telantarkanku yang sedang berhajat sesuai rida-Mu karena itu penuhilah hajatku. Hai Tuhan yang Maha Pengasih," (Lihat Syekh M Nawawi Banten, Nihayatuz Zain, [Beirut, Darul Kutub Al-Ilmiyyah: 2002 M/1422 H], cetakan pertama, halaman 104)

3 dari 3 halaman

Bacaan Doa agar Diterima Kerja saat Interview

Doa agar Dilancarkan Bicara saat Interview

Dalam proses interview memerlukan ketenangan dalam berbicara. Dengan begitu, umat muslim bisa menjawab setiap pertanyaan yang diajukan dengan baik. Jawaban yang tepat itulah yang akan menjadi pertimbangan apakah nantinya kamu diterima bekerja atau tidak.

Nah, berikut adalah bacaan doa agar diterima kerja saat interview dan bisa diberikan kelancaran berbicara:

Rabbisyraḥ lī ṣadrī wa yassir lī amrī waḥlul ‘uqdatam mil lisānī yafqahụ qaulī.

Artinya: "Ya Rabb-ku, lapangkanlah dadaku, dan ringankanlah segala urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku agar mereka mengerti perkataanku."

Doa Mohon Kemudahan saat Interview

Para peserta interview kerja pasti berharap diberikan kemudahan dalam melalui proses tersebut. Meski menegangkan, umat muslim harus tetap berusaha tenang. Oleh karena itu, demi mendapatkan kemudahan saat interview, kamu bisa membaca doa meminta kemudahan.

Doa inilah yang diajarkan Rasulullah saw. kepada umatnya agar percaya pada ketentuan Allah Swt. dan memohon agar dimudahkan urusannya:

Allahumma lã sahla illa mã ja’altahu sahla wa anta taj’alul hazna idzã syi’ta sahla.

Artinya: "Ya Allah, tidak ada yang mudah kecuali apa yang Engkau mudahkan dan tidak ada yang sulit jika Engkau menghendakinya kemudahan."

Doa setelah Menyelesaikan Interview

Setelah selesai melalui tahap interview kerja, kini saatnya umat muslim memasrahkan segala keputusan kepada Allah Swt. Namun, tetap harus berdoa kepada-Nya.

Berikut adalah bacaan doa setelah menyelesaikan interview:

Allahumma laka aslamtu wa bika amantu wa ‘alaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wa bika khoshomtu. Allahumma inni a’udzu bi ‘izzatika laa ilaha illa anta an tudhillanii. Antal hayyu alladzi laa yamuut wal jinnu wal insu yamuutun.

Artinya: "Ya Allah, aku berserah diri kepada-Mu, aku beriman kepada-Mu, aku bertawakal kepada-Mu, aku bertaubat pada-Mu, dan aku mengadukan urusanku pada-Mu. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung dengan kemuliaan-Mu, tidak ada ilah selain Engkau yang bisa menyesatkanku. Engkau Maha Hidup dan tidak mati sedangkan jin dan manusia mati."(HR. Muslim)

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Arini Saadah. Published: 5/12/2022)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer