Sukses


9 Hadis Keutamaan Belajar Al-Qur'an

Bola.com, Jakarta - Umat muslim diharuskan mengisi hari-harinya dengan membaca dan memahami Al-Qur'an. Sebab, Al-Qur’an diturunkan oleh Allah Swt., sebagai petunjuk dan jalan hidayah bagi umat manusia.

Hal ini sesuai dengan firman Allah Swt., dalam surah Al Baqarah ayat 185 bahwa Al-Qur’an yang diturunkan-Nya adalah petunjuk bagi umat manusia.

Membaca Al-Qur’an merupakan amalan mulia yang mempunyai berbagai keutamaan. Bahkan, keutamaan membaca Al-Qur’an banyak ditegaskan Rasulullah saw., dalam hadisnya.

Oleh karena itu, wajib bagi setiap muslim untuk mengamalkan keutamaan belajar Al-Qur'an, karena Allah Swt., sudah menyiapkan balasan atau ganjaran.

Berikut 10 hadis keutamaan belajar Al-Qur'an yang perlu diteladani umat muslim, dikutip dari laman Sanctri dan kemenag.go.id, Rabu (13/9/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Hadis Keutamaan Belajar Al-Qur'an

Hadis Keutamaan Belajar Al-Qur'an 1

عن عمرَ بن الخطابِ رضي اللَّه عنهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم قال : « إِنَّ اللَّه يرفَعُ بِهذَا الكتاب أَقواماً ويضَعُ بِهِ آخَرين » رَوَاهُ مُسْلِمُ

“Sesungguhnya Allah Swt., akan mengangkat derajat suatu kaum dengan kitab ini (Al-Qur’an), dan dengannya pula Allah akan merendahkan kaum yang lain.” (HR. Muslim)

Hadis Keutamaan Belajar Al-Qur'an 2

عن أَبي أُمامَةَ رضي اللَّه عنهُ قال : سمِعتُ رسولَ اللَّهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم يقولُ : « اقْرَؤُا القُرْآنَ فإِنَّهُ يَأْتي يَوْم القيامةِ شَفِيعاً لأصْحابِهِ » رواه مسلم

“Bacalah Al-Qur’an, karena sesungguhnya ia akan menjadi syafaat bagi para pembacanya di hari kiamat.” (HR. Muslim)

Hadis Keutamaan Belajar Al-Qur'an 3

“Rasulullah saw., bersabda, “Tidaklah suatu kaum berkumpul dalam satu di antara rumah dari rumah-rumah Allah (masjid), untuk membaca Al-Qur’an dan mempelajarinya, kecuali akan diturunkan kepada mereka ketenangan, dan mereka dilingkupi rahmat Allah, para malaikat akan mengelilingi mereka dan Allah akan menyebut-nyebut mereka di hadapan makhluk-Nya yang berada di dekat-Nya (para malaikat).” (HR. Muslim)

3 dari 4 halaman

Hadis Keutamaan Belajar Al-Qur'an

Hadis Keutamaan Belajar Al-Qur'an 4

عن عثمانَ بن عفانَ رضيَ اللَّه عنهُ قال : قالَ رسولُ اللَّهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم : « خَيركُم مَنْ تَعَلَّمَ القُرْآنَ وَعلَّمهُ » رواه البخاري

“Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya.” (HR. Tirmidzi)

Hadis Keutamaan Belajar Al-Qur'an 5

“Wahai Rasulullah, amalan apakah yang paling dicintai Allah?” Beliau menjawab, “Al-hal wal murtahal.” Orang ini bertanya lagi, “Apa itu al-hal wal murtahal, wahai Rasulullah?” Beliau menjawab, “Yaitu yang membaca Al-Qur’an dari awal hingga akhir. Setiap kali selesai ia mengulanginya lagi dari awal.” (HR. Tirmidzi)

Hadis Keutamaan Belajar Al-Qur'an 6

عن عائشة رضي اللَّه عنها قالتْ : قال رسولُ اللَّهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم : « الَّذِي يَقرَأُ القُرْآنَ وَهُو ماهِرٌ بِهِ معَ السَّفَرةِ الكرَامِ البررَةِ » متفقٌ عليه

“Orang yang membaca Al-Qur’an dan ia mahir membacanya, maka kelak ia akan bersama para malaikat yang mulia lagi taat kepada Allah.” (HR. Bukhari, Muslim)

Hadis Keutamaan Belajar Al-Qur'an 7

"Perumpamaan orang membaca Al-Qur’an sedangkan ia menghafalnya, maka ia akan bersama para malaikat mulia. Sedangkan perumpamaan seorang yang membaca Al-Qur’an dengan tekun, dan ia mengalami kesulitan atasnya, maka dia akan mendapat dua ganjaran pahala." (HR. Bukhari)

4 dari 4 halaman

Hadis Keutamaan Belajar Al-Qur'an

Hadis Keutamaan Belajar Al-Qur'an 8

وَاٌلَذِي يَقُراٌ القُرانَ وَيَتَتَعتَعُ فِيه وَهُوَ عَلَيهِ شَاقٌ لَه اَجَران » متفقٌ عليه

“Dan orang yang membaca Al-Qur’an, sedang ia masih terbata-bata lagi berat dalam membacanya, maka ia akan mendapatkan dua pahala.” (HR. Bukhari, Muslim)

Hadis Keutamaan Belajar Al-Qur'an 9

"Barang siapa yang membaca satu huruf dari kitabullah (Al-Qur`an) maka baginya satu kebaikan. Dan satu kebaikan akan dilipat gandakan dengan sepuluh kali lipat. Saya tidak mengatakan "Alif lam mim" itu satu huruf, tetapi "Alif" itu satu huruf, "Lam" itu satu huruf dan "Mim" itu satu huruf." (HR. At Tirmidzi)

 

 

Sumber: Sanctri, kemenag.go.id

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer