Sukses


8 Macam Olahraga Menurunkan Berat Badan yang Efektif dan Mudah Dilakukan

Bola.com, Jakarta - Berolahraga secara rutin merupakan satu di antara cara yang efektif yang bisa dilakukan bagi kamu yang ingin memiliki berat badan ideal. Pasalnya, memiliki berat badan ideal adalah dambaan bagi setiap orang.

Di samping itu, memiliki berat badan yang ideal dapat meningkatkan rasa percaya diri sekaligus menurunkan risiko terserang berbagai penyakit kronis.

Tak heran, banyak orang ingin mengetahui macam-macam olahraga yang bisa membantu menurunkan berat badan.

Namun, perlu ditekankan, bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan harus diimbangi dengan pola hidup sehat agar hasilnya maksimal.

Nah, kira-kira apa saja olahraga yang paling pas dilakukan untuk menurunkan berat badan?

Berikut delapan macam olahraga menurunkan berat badan yang efektif, bahkan bisa dilakukan di rumah, dikutip dari Healthline dan Everydayhealth, Jumat (15/9/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Macam Olahraga Menurunkan Berat Badan

1. Berjalan Kaki

Berjalan kaki merupakan satu di antara pilihan olahraga menurunkan berat badan yang mudah untuk dilakukan. Olahraga ini tidak memerlukan perlengkapan khusus, bahkan bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.

Perlu diketahui, berjalan kaki selama 30 menit mampu membakar kurang lebih sebanyak 167 kalori.

2. Yoga

Yoga tidak hanya berguna untuk menurunkan stres, tetapi juga termasuk olahraga yang efektif menurunkan berat badan. Disebutkan bahwa melakukan yoga selama 30 menit bisa membakar hingga 144 kalori.

3 dari 5 halaman

Macam Olahraga Menurunkan Berat Badan

3. Joging

Selain berjalan kaki, joging dapat menjadi olahraga untuk turunkan berat badan yang dapat kamu lakukan secara konsisten.

Joging juga tidak memerlukan perlengkapan khusus, kamu hanya perlu menggunakan pakaian dan sepatu yang nyaman saja. Apabila tidak terbiasa berlari di lapangan, kamu dapat berlari memakai treadmill.

Joging bisa membakar kalori sebanyak 300 sampai 379 kalori hanya dalam waktu 30 menit, tergantung pada kecepatan dan intensitas yang kamu dapatkan.

Untuk mengawalinya, kamu dapat mencoba joging selama 20-30 menit setiap harinya. Apabila kamu melakukan olahraga ini secara rutin, lama durasimu melakukannya pun pasti akan bertambah lantaran telah terbiasa.

4. Pilates

Pilates bisa menurunkan berat badan, kendati tidak seefektif olahraga aerobik. Meski begitu, melakukan pilates selama 90 menit setiap tiga kali seminggu bisa mengurangi lingkar pinggang, perut, dan panggul.

4 dari 5 halaman

Macam Olahraga Menurunkan Berat Badan

5. Bersepeda

Bersepeda juga bisa dijadikan sebagai pilihan olahraga menurunkan berat badan. Bersepeda selama 30 menit di luar rumah mampu membakar sekitar 280-360 kalori.

Perlu diketahui, selain bermanfaat untuk menurunkan berat badan, olahraga ini dapat memberikan dampak baik bagi kesehatan secara menyeluruh, seperti mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, dan penyakit serius lainnya.

6. Skipping

Lompat tali adalah olahraga untuk menurunkan berat badan yang dapat dicoba di rumah. Lompat tali dengan intensitas ringan selama 30 menit diketahui dapat membakar sekitar 128 kalori.

Sementara itu, lompat tali yang dilakukan dengan intensitas berat dan durasi yang sama dapat membakar hingga 421 kalori.

Namun, jika baru pertama kali mencoba lompat tali, mulailah dengan durasi singkat selama lima menit dan berikan jeda istirahat. Seiring berjalannya waktu, kamu dapat meningkatkan intensitas berolahragamu hingga mencapai target yang diinginkan.

5 dari 5 halaman

Macam Olahraga Menurunkan Berat Badan

7. Berenang

Berenang adalah alternatif olahraga yang menyenangkan untuk menurunkan berat badan. Sebuah artikel dari Harvard Health menyebutkan, berenang selama 30 menit bisa membakar 298 kalori dengan renang gaya punggung, 372 kalori dengan renang gaya dada, dan 409 kalori dengan renang gaya kupu-kupu.

Manfaat berenang juga bisa kamu rasakan jika memiliki cedera atau masalah pada persendian. Hal ini karena olahraga ini tergolong low-impact sehingga tidak menimbulkan dampak berlebih pada tubuh.

8. Naik Turun Tangga

Berolahraga rutin tidak selamanya membutuhkan banyak peralatan. Bahkan, kamu bisa memanfaatkan hal-hal yang ada di sekitar, satu di antara nya adalah tangga.

Olahraga naik turun tangga telah terbukti secara ilmiah mampu meningkatkan kebugaran dan membantumu untuk menurunkan berat badan.

Setiap naik tangga 10 langkah, kamu akan membakar 1 kalori tubuh. Sementara untuk jumlah yang sama, kamu perlu menuruni tangga sebanyak 20 langkah.

Melakukan latihan ini dalam beberapa kali repetisi, tentu akan mampu membakar kalori dalam jumlah cukup lumayan.

Selain itu, penelitian dalam Medicine and Science in Sports and Exercise menyebutkan latihan naik turun tangga memberikan manfaat kesehatan dan kebugaran pada kelompok wanita lansia dengan obesitas, seperti tekanan darah stabil dan kepadatan tulang meningkat.

 

Sumber: Healthline, Everydayhealth

Dapatkan artikel olahraga berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer