Sukses


Bacaan Doa Menghilangkan Rasa Kantuk

Bola.com, Jakarta - Rasa kantuk adalah hal yang umum dirasakan oleh hampir setiap orang, terutama saat merasa lelah. Saat menjalani rutinitas harian yang padat atau kurang tidur, rasa kantuk dapat menjadi musuh utama yang mengintai, siap mengganggu produktivitas dan konsentrasi kita.

Namun, ada satu cara sederhana yang dapat membantu kita untuk melawan rasa kantuk. Bukan hanya dengan mengandalkan secangkir kopi atau minuman berkafein lainnya, melainkan dengan berdoa.

Dalam agama Islam, doa telah digunakan sebagai sarana spiritual untuk mengatasi berbagai tantangan, termasuk rasa kantuk.

Doa adalah bentuk komunikasi spiritual yang kuat, yang memungkinkan kita untuk menghubungkan diri dengan sesuatu yang lebih besar dari diri kita sendiri yaitu Tuhan Yang Maha Esa.

Saat kita berdoa dengan tulus, kita menciptakan momen ketenangan dalam diri kita, mengalihkan perhatian dari gangguan, dan memberikan diri kita sendiri kesempatan untuk merenung dan meresapi energi positif.

Itulah mengapa doa dapat menjadi alat yang sangat efektif untuk melawan rasa kantuk yang mengganggu.

Berikut bacaan doa menghilangkan rasa kantuk yang bisa dilafalkan umat Islam, disadur dari Liputan6, Selasa (19/9/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Bacaan Doa Menghilangkan Rasa Kantuk

Berikut doa menghilangkan rasa kantuk dari ayat 54-56 surah Al-A'raf.

Inna rabbakumullahu ladzi kholaqos samawati wal ardla fi sittati ayyamin tsummas tawa 'alal 'arsyil lailan nahara yathlubuhu khatsitsaw wasy syamsa wal qomaro wan nujuma musakhkhorotim bi amrihi, ala lahul kholqu wal amru tabarakallahu robbul 'alamin. Ud'u robbakum tadlarru'a wa khufyatan, innahu la yukhibbul mu'tadin. Wa la tufsidu fil 'ardli ba'da ishlakhiha wad'uhu khoufaw wathoma'an, inna rokhmatallahu qoribum minal mukhsinin.

Artinya:

"Sesungguhnya Tuhanmu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas 'Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan-Nya pula) matahari, bulan dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam. Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas. Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik."

3 dari 3 halaman

Bacaan Doa Menghilangkan Rasa Kantuk

Doa ini merupakan penggalan Al-Qur'an surah Al-Baqarah ayat 255 atau dikenal dengan ayat kursi.

لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ

La ta khudzuhu sinatuw wala naum.

Artinya,

"Allah tidak mengantuk dan tidak tidur." (Achmad Chalwani, Risalah Doa & Shalawat, [Purworejo, KESAPP: 2021] edisi VIII, halaman 33)

 

Disadur dari: Liputan6.com (Reporter: Yulia Lisnawati, Editor: Fadjriah Nurdiarsih. Published: 12/4/2022)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer