Sukses


Bacaan Doa untuk Meringankan Beban Hidup Menurut Agama Islam

Bola.com, Jakarta - Dalam perjalanan hidup, kita sering dihadapkan pada beban yang berat, baik dalam bentuk penderitaan fisik maupun mental. Sebagai umat Islam yang baik, saat menghadapi kondisi tersebut perlu untuk selalu bersabar.

Selain bersabar dalam segala kondisi yang dialami, doa menjadi sumber kekuatan spiritual yang mampu meringankan beban yang sedang kita pikul. 

Bacaan doa meringankan beban hidup bisa umat Islam amalkan setiap saat. Dalam hidup, kesulitan dan kesusahan akan menghampiri tanpa disangka-sangka.

Bentuknya pun bermacam-macam, sehingga sudah sepatutnya kamu berjaga-jaga serta menghadapinya dengan bijak dan penuh keikhlasan.

Berikut bacaan doa untuk meringankan beban hidup menurut Islam, disadur dari Liputan6, Jumat (20/10/2023).

2 dari 3 halaman

Bacaan Doa untuk Meringankan Beban Hidup Menurut Agama Islam

Saat menghadapi beratnya beban hidup, dianjurkan untuk bersabar dan memanjatkan doa ini. Doa tersebut terkandung dalam surah Al-Baqarah ayat 286.

Rabbanaa laa tu’aakhidznaa in nasiinaa au akhtha’naa. Rabbanaa wa laa tahmil ‘alainaa ishran kamaa hamaltahuu ‘alaa alladziina min qablina. Rabbanaa wa laa tuhammilnaa maa laa thaa qatalanaa bihi. Wa’fu’annaa, waghfirlanaa, warhamnaa, anta maulaanaa fanshurnaa ‘alaa al-qaumi al-kaafiriin.

Artinya:

"Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat, sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami."

3 dari 3 halaman

Bacaan Doa untuk Meringankan Beban Hidup Menurut Agama Islam

Doa Nabi Yunus saat Ditimpa Masalah Berat 

Banyak individu menganggap musibah identik dengan hal-hal buruk yang sering kali merugikan. Namun, nyatanya musibah terkadang menjadi anugerah bagi segelintir orang.

Banyak cara yang bisa dilakukan ketika mengalami kebingungan saat mengalami masalah maupun musibah. Selain dengan ikhtiar, umat muslim dianjurkan untuk membaca doa. Satu di antara doa yang banyak diamalkan saat tertimpa masalah berat yakni doa Nabi Yunus. 

Kisah Nabi Yunus saat ditelan seekor ikan besar menjadi pelajaran berharga bagi banyak orang, khususnya umat Islam saat menghadapi musibah. 

Dikisahkan, Nabi Yunus berada dalam perut binatang laut itu selama 40 hari. Berkat kuasa dan kehendak Allah Swt., ia tetap bisa hidup dan keluar dari perut binatang laut tersebut dalam keadaan hidup.

Berikut doa Nabi Yunus beserta artinya:

Laa ilaaha illa Anta, subhanaka innii kuntu minaz zalimim.

"Tidak ada tuhan selain Engkau, Maha Suci Engkau. Sungguh, aku termasuk orang-orang yang zalim." (QS Al-Anbiya’ 87)

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Yulia Lisnawati. Published: 3/5/2022)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer