Sukses


Bacaan Doa ketika Sakit Gigi Menurut Agama Islam

Bola.com, Jakarta - Tak bisa dimungkiri, sakit gigi dapat menjadi ujian yang menyiksa dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Dalam agama Islam, doa memiliki kekuatan spiritual yang mampu memberikan ketenangan pikiran dan perlindungan dari berbagai macam kesulitan, termasuk rasa sakit fisik. 

Membaca doa sakit gigi ketika rasa nyeri itu datang, penting karena hanya Allah Swt. saja yang bisa mengobati segala jenis penyakit.

Rasulullah saw. bersabda, "Tidaklah Allah menurunkan suatu penyakit, melainkan akan menurunkan pula obat untuk penyakit tersebut."(HR. Bukhari)

Doa-doa ini mengajarkan kita untuk berserah diri atas segala cobaan dan kesusahan kepada Allah Swt.

Berikut bacaan doa ketika sakit gigi menurut agama Islam, disadur dari Dream, Rabu (25/10/2023).

2 dari 3 halaman

Bacaan Doa Ketika Mengeluhkan Sakit Gigi

Bacaan Doa Ketika Mengeluhkan Sakit Gigi 1

أَعُوذُ بِاللَّهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

"A’uudzu billahi wa qudrotihi min syarri maa ajidu wa uhaadziru."

Artinya: "Aku berlindung kepada Allah dan kekuasaan-Nya dari keburukan yang sedang aku rasakan dan yang aku khawatirkan." (HR. Muslim)

Bacaan Doa Ketika Mengeluhkan Sakit Gigi 2

اللَّهُمَّ أَذْهِبْ عَنْهُ سُوءَ مَا يَجِدُ وَفُحْشَهُ بِدَعْوَةِ نَبِيِّكَ الْمُبَارَكِ الْمَكِينِ عِنْدَكَ

"Allahuma adzib ‘anhu su-a ma yajidu wa fuhsyahu bi da;wati nabiyyikal mubarakil makini indaka."

Artinya: "Ya Allah, lenyapkanlah darinya keburukan apa yang ia rasakan beserta kekejiannya dengan doa Nabi-Mu yang penuh berkah di sisi-Mu."

3 dari 3 halaman

Cara Sederhana Mengatasi Sakit Gigi

Sakit gigi merupakan masalah umum yang dapat menyebabkan ketaknyamanan dan rasa sakit yang intens.

Ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk meredakan rasa sakit sementara sebelum kamu mendapatkan perawatan medis yang sesuai. Berikut ini beberapa cara yang dapat kamu coba:

  • Bersihkan daerah gigi yang terasa sakit: Cuci gigi secara lembut dengan sikat gigi lembut dan benang gigi. Hindari menyikat area yang sakit secara agresif karena hal ini dapat menyebabkan peningkatan rasa sakit.
  • Berkumur dengan air garam hangat: Berkumurlah dengan air garam hangat setidaknya dua kali sehari. Air garam membantu mengurangi peradangan dan membunuh bakteri yang dapat menyebabkan infeksi.
  • Gunakan kompres dingin: Oleskan kompres dingin di pipi bagian luar yang berdekatan dengan gigi yang sakit. Hal ini dapat membantu meredakan peradangan dan rasa sakit sementara.
  • Gunakan obat pereda nyeri: Obat pereda nyeri bebas yang mengandung bahan seperti ibuprofen atau parasetamol dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan. Pastikan untuk mengikuti petunjuk dosis yang dianjurkan.
  • Konsultasikan dengan dokter gigi: Jika rasa sakit berlanjut atau makin parah, segera konsultasikan dengan dokter gigi untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan yang tepat.

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Widya Resti Oktaviana. Published: 20/12/2022)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer