Sukses


Bacaan Doa Keluar dan Masuk Toilet

Bola.com, Jakarta - Menjaga kesucian dan kebersihan adalah kewajiban bagi seluruh umat Islam. Selain itu, umat muslim dianjurkan untuk membaca doa dan memperhatikan adab saat masuk maupun keluar toilet.

Dalam ajaran Islam, bacaan doa saat keluar dan masuk toilet memiliki nilai spiritual yang dalam, mengingatkan kita untuk tetap bersyukur atas nikmat-Nya dan menjaga kesucian diri. 

Membiasakan diri untuk membaca doa perlu dilakukan sejak dini terutama pada anak-anak sehingga saat ia tumbuh dewasa akan terus memelihara kebiasaan tersebut.

Selain itu, berdasarkan keterangan hadis Rasulullah saw., kamar mandi atau toilet merupakan satu di antara tempat bersarangnya iblis, termasuk juga jin dan setan.

Dengan demikian, maka kita dianjurkan untuk membaca doa masuk toilet dan kamar mandi. Demikian juga ketika kita keluar dari toilet.

Berikut bacaan doa keluar dan masuk toilet lengkap beserta artinya, disadur dari Dream, Jumat (27/10/2023).

2 dari 3 halaman

Bacaan Doa Masuk Toilet

بِسْمِ اللهِ اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِك من الْخُبْثِ وَالْخَبَائِثِ

"Bismillahi, Allahumma inni a’udzu bika minal khubutsi wal khabaitsi."

Artinya: "Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari godaan iblis jantan dan betina."

3 dari 3 halaman

Bacaan Doa Keluar Toilet

غُفْرَانَكَ الْحَمْدُ لِلهِ الذي أَذْهَبَ عَنِّيْ الْأَذَى وَعَافَانِيْ اللهم اجْعَلْنِيْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ. اللَّهُمَّ طَهِّرْ قَلْبِيْ مِنَ النِّفَاقِ وَحَصِّنْ فَرْجِيْ مِنَ الْفَوَاحِشِ

"Guhfroonaka alhamdulillahi alladzi adzhaba ‘anni al-adza wa ‘aafaani. Allahumma ij’alni minat tawwaabiina waj’alni minal mutathohhiriin. Allahumma thohhir qolbi minan nifaaqi wa hashshin farji minal fawaahisyi."

Artinya: "Dengan mengharap ampunan-Mu, segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan penyakit dari tubuhku, dan menyehatkan aku. Ya Allah, jadikanlah aku sebagai bagian orang yang bertobat dan jadikanlah aku bagian dari orang yang suci. Ya Allah, bersihkan hatiku dari kemunafikan, dan jaga kelaminku dari perbuatan keji (zina)."

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Arini Saadah. Published: 5/4/2022)

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer