Sukses


Doa Tahiyat Akhir Lengkap Sampai Salam

Bola.com, Jakarta - Setiap muslim wajib melakukan salat lima kali sehari sebagai wujud ketaatan dan kecintaan kepada Allah Swt. Selain gerakan, bacaan doa dalam salat juga harus benar. Satu di antaranya bacaan tahiyat.

Selain salat subuh, pada salat fardu lima waktu terdapat dua tahiyat, yakni tahiyat awal dan akhir. Kemudian ada juga bacaan doa yang umat muslim bisa amalkan setelah bacaan tahiyat akhir sebelum salam.

Doa tahiyat akhir adalah bacaan yang berbeda dengan tahiyat awal. Perbedaan ini terutama pada sikap duduk dan bacaan. Namun, pada tahiyat akhir juga harus membaca tahiyat awal.

Pada salat 4 rakaat, tahiyat awal dilakukan di rakaat kedua salat, sementara tahiyat akhir dilakukan pada rakaat keempat.

Tahiyat merupakan bacaan dalam salat untuk menghormati Allah Swt., doa untuk Nabi Muhammad saw. beserta keluarga, dan doa untuk hamba Allah yang saleh. Oleh karena itu, kamu perlu mengenali perbedaan antara tahiyat akhir dengan tahiyat awal agar tidak salah.

Doa tahiyat akhir adalah bacaan salat yang dilafalkan sebelum salam. Setiap umat Islam tentu harus menghafalkan bacaan tahiyat ini karena menjadi satu di antara rukun salat. Apalagi, salat merupakan amalan wajib bagi setiap muslim.

Berikut ini bacaan doa tahiyat akhir sampai salam yang bisa diamalkan umat muslim, disadur dari Dream, Jumat (10/11/2023).

2 dari 3 halaman

Doa Tahiyat Akhir Lengkap Sampai Salam

Berikut bacaan doa tahiyat akhir lengkap sampai salam yang perlu diamalkan:

التَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ لِلَّهِ السَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِىُّ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِينَ , أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ , اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ ، اللَّهُمَّ بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ ، وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Attahiyyatul mubarakatush sholawatuth-thoyyibatu lillaah. Assalamu 'alaika ayyuhan nabiyyu wa rahmatullahi wa barakatuh. Assalaaamu'alaina wa 'ala 'ibadillahish-sholihiin. Asyhadu alla ilaha illallah wa asyhadu anna muhammadar rosulullah.

Allahumma sholli 'ala muhammad wa 'ala aali muhammad kama shollaita 'ala ibrahim wa 'ala aali ibrahim. Allahumma barik 'ala muhammad wa 'ala aali muhammad kama barokta 'ala ibrahim wa 'ala aali ibrahimm fil 'alamiina innaka hamiidum majiid.

Artinya: "Segala penghormatan, keberkahan, salawat dan kebaikan hanya bagi Allah. Semoga salam sejahtera selalu tercurahkan kepadamu wahai nabi, demikian pula rahmat Allah dan berkah-Nya dan semoga salam sejahtera selalu tercurah kepada kami dan hamba-hamba Allah yang saleh. Aku bersaksi bahwa tiada tuhan kecuali Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah. Ya Allah, berilah rahmat kepada Nabi Muhammad.

Ya Allah, berilah rahmat kepada Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad sebagaimana engkau telah memberikan rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Ya Allah, berilah keberkahan kepada Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad sebagaimana engkau telah memberikan keberkahan kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Demi alam semesta, sesungguhnya engkau maha terpuji lagi maha mulia."

3 dari 3 halaman

Doa setelah Tahiyat Akhir sebelum Salam

Setelah membaca doa tahiyat akhir lengkap sampai salam di atas, sebenarnya kamu sudah bisa langsung mengakhiri salat dengan mengucapkan salam.

Namun, alangkah baiknya untuk mengamalkan doa setelah tahiyat akhir sebelum salam berikut ini.

Doa ini berisi permohonan kepada Allah Swt. supaya dijauhkan dari siksa kubur, siksa neraka, fitnah saat hidup dan sesudah mati, dan fitnah Dajjal di akhir zaman. Berikut bacaan doa setelah tahiyat akhir sebelum salam yang perlu kamu amalkan:

اللهم إني أعوذ بك من عذاب القبر ومن عذاب النار ومن فتنة المحيا والممات ومن فتنة المسيح الدجال

Allaahumma inni a’uudzubika min ‘adzaabil qabri wa min ‘adzaabinnaari jahannama wa min fitnatil mahyaa wal mamaati wa min fitnatil masiihid dajjaal.

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari adzab Jahannam, dari adzab kubur, dari fitnah kehidupan dan kematian, dan dari keburukan fitnah Dajjal."

Setelah usai membaca doa itu, ucapkanlah salam sambil menengok ke kanan dan ke kiri. Dengan dibacanya salam maka selesailah sudah salat yang kamu kerjakan.

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ

Assalaamu alaikum wa rahmatullah.

Artinya: "Semoga keselamatan dan rahmat Allah dilimpahkan kepadamu."

 

Disadur dari: Dream.co.id (Reporter: Arini Sa'adah. Published: 7/3/2023)

Baca artikel seputar bacaan doa lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer