Sukses


Macam-Macam Bahan Alami yang Bisa Menghilangkan Bekas Luka

Bola.com, Jakarta - Bekas luka, sebagai sisa dari cedera atau peradangan kulit, sering kali menjadi tantangan bagi banyak orang yang ingin memiliki kulit yang sehat dan halus.

Bekas luka yang dialami dapat dihilangkan dan relatif tidak terlalu sulit sehingga dapat mengembalikan kepercayaan dirimu.

Banyak kalangan yang menghilangkan bekas luka dengan berbagai obat kimia, yang memiliki efek samping. Untuk menghindari efek dari bahan kimia, kamu dapat menghilangkan bekas luka dengan bahan alami.

Ada berbagai macam bahan alami yang dikenal memiliki efek positif dalam menghilangkan bekas luka dan membuat kulit halus kembali. Apa saja?

Berikut macam-macam bahan alami yang bisa menghilangkan bekas luka, dikutip dari Healthline, Rabu (15/11/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Bahan Alami yang Bisa Bantu Menghilangkan Bekas Luka

1. Jeruk Nipis

Selain menjadi campuran minuman yang menyegarkan, jeruk nipis terkadang dijadikan bahan alami untuk mempercantik kulit, dan khususnya kulit wajah.

Jeruk nipis dapat menghilangkan bekas luka yang diakibatkan berbagai hal. Hal ini terjadi karena jeruk nipis mengandung alpha hydroxy acids, yang bertugas dalam mengangkat sel kulit mati.

Selain itu, kandungan tersebut dapat membantu proses regenerasi kulit sehingga mempercepat pertumbuhan kulit baru pada bekas luka.

2. Cuka Apel

Cuka apel sering dijadikan sebagai campuran minuman atau saat membuat masakan. Selain itu cuka apel memliki berbagai manfaat untuk tubuh, satu di antaranya dapat menghilangkan bekas luka pada kulit.

Cuka apel dapat menjadi penghilang bekas luka secara alami yang cukup ampuh karena mengandung sifat antibakteri dan juga antiperadangan.

Berbagai kandungan yang ada dalam cuka apel dapat menghilangkan berbagai masalah, seperti gatal-gatal pada bekas luka yang kamu alami.

3 dari 4 halaman

Bahan Alami yang Bisa Bantu Menghilangkan Bekas Luka

3. Madu

Madu sering kali dijadikan bahan dasar berbagai macam kosmetik, khususnya pelembap kulit. Selain itu madu dapat dijadikan sebagai bahan alami untuk menghilangkan bekas luka.

Madu mengandung berbagai zat yang dapat membantu sel pada kulit untuk membentuk sel-sel baru.

Untuk menggunakannya, oleskan madu organik pada bekas luka di permukaan kulit, tunggu hingga 30 menit dan bilas dengan air hangat.

4. Daun Sirih

Daun sirih merupakan satu di antara bahan alami yang sering digunakan sebagai bahan utama untuk membuat berbagai macam jenis perawatan kecantikan kulit.

Daun sirih bisa digunakan sebagai penghilang bekas luka karena daun sirih mengandung vitamin C yang memiliki antioksidan dan dapat meredakan berbagai masalah peradangan.

Cara menggunakannya cukup mudah. Tumbuk beberapa lembar daun sirih, campurkan dengan beberapa sendok madu, lalu oleskan pada bekas luka yang kamu miliki.

4 dari 4 halaman

Bahan Alami yang Bisa Bantu Menghilangkan Bekas Luka

5. Lidah Buaya

Dengan kandungan yang bersifat antiinflamasi, lidah buaya dapat mengurangi gejala iritasi dan mengangkat sel kulit mati pada bekas luka.

Selain itu, sifat antiinflamasi yang terdapat pada lidah buaya bermafaat untuk mengurangi pembengkakan pada kulit dan membantu dalam proses regenerasi sel kulit baru.

Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, carilah lidah buaya dalam keadaan segar, lalu kupas kulitnya dan oleskan dagingnya yang sedikit berlendir pada bekas lukamu.

6. Minyak Zaitun

Minyak zaitun kaya kandungan asam dan antioksidan, vitamin E, dan vitamin K, yang dipercaya cukup efektif untuk menghilangkan bekas luka.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu dapat mengambil beberapa sendok teh minyak zaitun yang dicampurkan dengan baking soda, lalu mengoleskannya pada bekas luka secara perlahan.

7. Timun

Timun cukup dikenal manfaatnya dalam perawatan kecantikan. Banyak obat kecantikan yang menjadikan ekstrak timun sebagai bahan utamanya.

Selain itu, timun cukup efektif untuk menghilangkan bekas luka. Hal itu karena timun mengandung antioksidan yang dapat membantu menghilangkan bekas luka secara alami.

Kamu dapat memotong timun segar dalam bentuk tipis, lalu meletakannya pada bekas luka yang kamu miliki, diamkan beberapa saat, dan bilas dengan hangat setelah melakukannya.

 

Sumber: Healthline

Yuk, baca artikel macam-macam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer