Sukses


20 Kata-Kata Belasungkawa, Empati dan Penawar Kesedihan Keluarga yang Ditinggalkan

Bola.com, Jakarta - Umumnya penggunaan kata-kata belasungkawa ini bisa menjadikan satu di antara cara yang bisa menghibur keluarga yang sedang ditinggal. Bukan hanya itu, dengan mengucapkan kata-kata ini kita juga bisa turut mendoakan almarhum.

Belasungkawa merupakan pernyataan turut bersedih kepada seseorang yang sedang terkena musibah atau baru saja ditinggal pergi selamanya oleh orang terdekatnya.

Di saat berduka, satu di antara hal yang bisa kamu lakukan adalah tetap memberi semangat kepada yang ditinggalkan. Walau terlihat sederhana, hal tersebut sangat bermakna bagi mereka.

Hal tersebut juga sebagai bentuk rasa empati terhadap keluarga yang ditinggalkan atau terkena musibah. Orang yang sedang berduka membutuhkan dorongan moral dan kekuatan dari orang lain.

Untuk memberikan dukungan, ada banyak ide kata-kata belasungkawa yang bisa kamu sampaikan. Tidak hanya berfungsi sebagai kata-kata, melainkan juga menjadi penawar kesedihan keluarga yang ditinggalkan.

Berikut kumpulan kata-kata belasungkawa yang bisa kamu jadikan referensi, dikutip dari Thegorbalsla dan Kepogaul, Kamis (26/11/2020).

2 dari 5 halaman

Kata-Kata Belasungkawa

1. "Innalillahi wainna ilaihiraji'un. Turut berbelasungkawa atas tiadanya saudara kami yang sangat kami cintai dan rindukan. Semoga seluruh keluarga yang ditinggalkan selalu diberi ketabahan dan juga kesabaran, janganlah bersedih hingga berkelanjutan. Karena percayalah bahwa Allah akan senantiasa mempertemukan kita kembali dengannya."

2. "Innalillahi wainna ilaihiraji'un. Saya beserta keluarga mengucapkan turut berduka cinta yang sebesar-besarnya atas meninggalnya sahabat dan saudara kami. Semoga seluruh amal ibadahnya di dunia diterima oleh Allah SWT. Serta seluruh keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kesabaran atas cobaan yang menimpa ini."

3. "Semoga kita semua bisa mengambil teladan pada kebaikan yang almarhum lakukan selama hidupnya. Kita simpan saja semua keburukan almarhum semasa hidup dan tak perlu diungkit-ungkit lagi."

4. "Semoga amal ibadah dan amal saleh almarhum diterima oleh Allah SWT dan semoga almarhum juga diterima di sisi-Nya. Semoga Allah SWT juga mengampuni semua dosa yang pernah ia lakukan semasa hidup. Kami sekeluarga turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas kepergian almarhum."

5. "Saya sekeluarga turut berduka cita yang sedalam-dalamnya, semoga amal ibadah almarhum diterima oleh Allah SWT. Untuk keluarga yang ditinggalkan semoga selalu mendapat ketabahan dan kesabaran yang luas."

3 dari 5 halaman

Kata-Kata Belasungkawa

6. "Kami turut berduka cita dan turut berbelasungkawa, semoga kepergiannya makin membuat kita kuat dalam menghadapi hidup dan terus membuat amal kebaikan di dunia."

7. "Percayalah bahwa Allah SWT tidak akan memberi cobaan kepada hamba yang dikasihi-Nya begitu saja karena Allah akan memberi jalan keluar. Maka tabahlah dengan kepergiannya menghadap Yang Kuasa."

8. "Selamat jalan sahabat baikku, semoga Allah SWT menerima semua amal baikmu dan menempatkanmu di surga-Nya yang terindah. Amin Ya Rabbal Alamin."

9. "Kuhamparkan sajadah di hari ini untuk mendoakanmu sahabatku, semoga amal ibadahmu diterima oleh Allah dan semoga Allah menempatkanmu di surga-Nya yang indah."

10. "Tak terasa air mataku menetes di hari kepergianmu, sungguh aku sangat kehilanganmu, kamu adalah sahabat terbaikku di dunia. Selamat jalan sahabat, semoga amal baikmu menjadi penerang di alam kuburmu."

4 dari 5 halaman

Kata-Kata Belasungkawa

11. "Aku turut berduka atas kehilangan yang kamu rasakan. Ini adalah bagian hidup yang tak mungkin terelakkan. Kematian adalah suatu kepastian. Setiap dari mereka yang hidup, maka akan mati. Kita yang masih diberikan kesempatan menghirup udara harus memanfaatkannya dengan berbuat baik sebelum nanti kembali."

12. "Turut berduka atas kepulangan saudaramu. Ini adalah bagian dari jalan kehidupan yang sudah ditetapkan oleh Pencipta. Kematian adalah pasangan dari kehidupan. Kehilangan adalah hal yang tak bisa dihindari dari memiliki. Semoga kamu senantiasa diberikan ketabahan untuk menghadapi ini semua. Jangan bersedih, Kawan."

13. "Yang telah berlalu, biarlah berlalu. Yang bisa kita lakukan saat ini adalah mendoakannya agar beliau yang telah berpulang menghadap Sang Khalik tenang di alam sana."

14. "Kehilangan seseorang untuk selamanya bukanlah suatu hal yang mudah. Rasanya sungguh berat. Tapi, tak ada jalan yang lebih baik selain mengikhlaskannya."

15. "Temanku, kepulanganmu kepada Sang Pencipta sungguh terasa begitu cepat. Kebersamaan yang telah dilalui bersama, kini yang tinggal hanyalah kenangan. Semoga segala amal ibadahmu diterima oleh-Nya. Amin."

5 dari 5 halaman

Kata-Kata Belasungkawa

16. "Sesungguhnya Allah memiliki hak untuk memberi dan mengambil sesuatu dari hamba-Nya. Karena, segala sesuatu tersebut hanyalah sebuah titipan. Semoga engkau diberikan kesabaran dan ketabahan atas kepergian almarhum."

17. "Nderek belasungkawa, mugi panjenengan dipun paringi sabar dening Gusti Allah. Mugi almarhum pikantuk papan ingkang sae wonten ing ngarsanipun Gusti Allah."

18. "Turut berdukacita atas kembalinya (diisi nama) ke Bapa di Surga. Kiranya Tuhan Yesus Kristus memberikan kekuatan dan penghiburan pada keluarga yang ditinggalkan."

19. "Aku turut berdukacita atas kepergian saudaramu. Aku akan selalu di sini jika kamu membutuhkan."

20. "Kamu akan selalu di dalam pikiran dan doaku selama kamu melalui masa yang sulit ini."

 

Sumber: Thegorbalsla, Kepogaul

 

Dapatkan kumpulan artikel kata-kata lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer