Sukses


Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Tumbuhan dan hewan merupakan makhluk hidup yang memiliki perbedaan, terutama pada bagian sel. Yap, ada beberapa perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan.

Di dalam organ tumbuhan dan hewan terdapat bagian paling kecil yang disebut dengan sel. Sel yang ada di dalam organ makhluk hidup, bisa membuat tumbuhan dan hewan menjadi tumbuh berkembang.

Ada beberapa sel dalam hewan yang tidak dimiliki oleh tumbuhan, begitu juga dengan beberapa sel pada tumbuhan yang tidak dimiliki oleh hewan.

Perbedaan sel hewan dan tumbuhan yang paling utama ialah terletak pada dinding selnya. Pada sel tumbuhan memiliki dinding sel, sementara sel hewan tidak memiliki dinding sel.

Fungsi dari dinding sel tumbuhan berfungsi melindungi serta menunjang pertumbuhan pada sel tersebut. Kondisi tersebut yang membuat sel tumbuhan lebih keras dibandingkan sel yang lainnya.

Sebab dinding sel yang keras tersebut merupakan satu di antara zat kayu yaitu selulosa dan tersusun dari glukosa. Dinding sel sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu dinding sel primer dan dinding sel sekunder.

Selain itu, masih banyak perbedaan sel hewan dan tumbuhan jika dilihat dari karakteristiknya. Apa saja perbedaan sel heman dan tumbuhan?

Berikut ini rangkuman mengenai perbedaan sel hewan dan tumbuhan, seperti disadur dariĀ Liputan6, Rabu (13/1/2021).

2 dari 4 halaman

Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

1. Bentuk

Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan yang pertama dilihat dari segi bentuknya. Sel tumbuhan memiliki bentuk yang tetap, sedangkan sel hewan tidak memiliki bentuk yang tetap. Sel pada hewan beda dengan sel lainnya karena tidak memiliki dinding sel sehingga dapat bermacam-macam bentuknya.

Selain itu, pada sel tumbuhan mempunyai bentuk yang lebih kuat dan keras, dan tentunya sangat berbeda dengan sel hewan.

2. Ukuran

Selanjutnya, perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan ada pada ukurannya. Pada sel tumbuhan memiliki ukuran lebih besar dibandingkan sel hewan. Sel tumbuhan memiliki bentuk yang lebih besar karena pada sel tumbuhan terdapat dinding sel sedangkan sel hewan tidak.

Tak hanya itu, vakuola yang terdapat pada sel tumbuhan jauh lebih besar ketimbang sel hewan. Hal tersebut yang membuat ukuran sel tumbuhan lebih besar daripada sel hewan.

3. Sitokinesis Sel

Perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan yang terakhir, dibedakan karena adanya sitokinesis sel yang merupakan satu di antara bagian dari proses pembelahan sel.

Pada sel tumbuhan sintokinesis sel akan membentuk lempeng mitosis. Sedangkan pada sel hewan akan membentuk furrowing. Biasanya, pembelahan pada sel tumbuhan secara mitosis akan diikuti oleh sitokinesis dan sitoplasma.

3 dari 4 halaman

Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

4. Sentriol

Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan yang selanjutnya bisa dilihat dari segi sentriol. Sel hewan memiliki sentriol, tetapi sel tumbuhan tidak punya.

Sentriol memiliki peran penting, yaitu sebagai pengatur pembelahan sel hewan. Sentriol juga memiliki fungsi sebagai pemisah kromosan ketika pembelahan terjadi.

5. Vakuola

Vakuola merupakan organ sel penting berupa rongga berisi cairan yang bisa ditemukan dalam sel hewan dan sel tumbuhan.

Vakuola pada sel tumbuhan ukurannya lebih besar dibanding yang ditemukan dalam sel hewan dan jumlahnya banyak. Makin besar ukuran vakuola tandanya, makin tua umur tumbuhan tersebut.

6. Plastida

Plastida terdapat dalam tumbuhan dan menjadi tempat fotosintesis. Plastida merupakan organel yang membrannya berupa butir-butir dan plastida juga mengandung pigmen.

Dalam plastida, terdapat krolopas atau zat hijau daun yang fungsinya untuk membuat makanan sendiri dan menjadi tempat terjadinya fotosintesis.

4 dari 4 halaman

Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

7. Pembentukan Spindle

Sel hewan dan sel tumbuhan dapat dibedakan melalui pembentukan spindle. Spindle memiliki fungsi sebagai penggerak kromosom pada saat pembelahan sel, yang memiliki bentuk seperti benang.

Sel tumbuhan terbentuk secara anastral, yang pembentukannya tanpa adanya aster di kutub yang berlawanan. Sedangkan sel hewan terbentuk karena adanya amphiastral, yang pembentukannya menggunakan aster atau ester pada setiap kutub.

8. Lisosom

Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan dibedakan melalui lisosom. Lisosom adalah organel sel dengan bentuk kantong, yang memiliki fungsi sebagai sistem pencernaan intrasel.

Di dalam sel tumbuhan tidak terdapat lisosom karena di tumbuhan tidak memiliki sistem pencernaan. Sedangkan hewan memiliki sistem pencernaan sehingga sel hewan memiliki lisosom yang mengandung sejumlah enzim untuk membantu proses pencernaan dalam hewan.

Ā 

Disadur dari: Liputan6.com (Reporter: Fakhriyan Ardyanto, Editor: Fadila Adelin. Published: 5/10/2020).

Video Populer

Foto Populer