Sukses


Bacaan Doa Qunut Salat Subuh dalam Lafal Arab Dilengkapi Latin, Arti, dan Keutamaannya

Bola.com, Jakarta - Doa qunut dipanjatkan umat Muslim saat menjalankan ibadah salat subuh, tetapi ada pula yang tidak. Menurut mazhab Syafi'i dan Maliki, hukum membaca doa qunut saat salat subuh adalah sunah.

BACA JUGA: Doa qunut subuh arab dan latin beserta artinya  

Dasar dari pendapat tersebut adalah hadis yang diriwayatkan dari Anas bin Malik.

"Rasulullah SAW senantiasa melakukan qunut pada salat subuh sampai beliau meninggalkan dunia." (HR. Ahmad).

Bacaan qunut dibaca sebelum sujud pada rakaat terakhir salat subuh. Tepatnya saat posisi berdiri dalam gerakan iktidal.

 

Melafalkan doa qunut memiliki banyak keutamaan bagi yang membacanya. Namun, masih banyak orang yang belum mengetahui keutamaan melafalkan doa qunut.

Satu di antara keutamaan membaca doa qunut ketika salat subuh dapat menghindarkan diri dari penyakit.

Apabila salat subuh dikerjakan secara berjamaah, imam dianjurkan untuk mengeraskan suara saat membaca doa qunut dengan para makmum yang mengamini. Sementara untuk salat sendiri, tidak harus dikeraskan.

Berikut bacaan doa qunut salat subuh, yang disajikan dalam lafal Arab, dilengkapi dengan latin dan artinya, seperti disadur dari Liputan6, Kamis (16/9/2021).

2 dari 3 halaman

Bacaan Doa Qunut Salat Subuh

- Berikut bacaan doa qunut pada salat subuh:

اَللّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ فَاِ نَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Allaahummahdinii fii man hadaiit, wa aafinii fii man aafaiit, wa tawallanii fi man tawallaiit, wa baarik lii fiimaa a’thaiit. Wa qinii syarra maa qadhaiit. Fa innaka taqdhii wa laa yuqdhaa ‘alaiik. Innahu laa yadzillu maw waalaiit.

Wa laa ya’izzu man ‘aadaiit. Tabaarakta rabbanaa wa ta’aalait. Fa lakal-hamdu ‘alaa maa qadhaiit, Astaghfiruka wa atuubu ilaik wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin nabiyyil ummuyyi wa ‘alaa aalihii wa shahbihii wa sallam.

Artinya:

"Ya Allah, berilah aku petunjuk seperti orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku kesehatan seperti orang yang telah Engkau beri kesehatan. Pimpinlah aku bersama-sama orang-orang yang telah Engkau pimpin. Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau pimpin.

Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau berikan kepadaku. Dan peliharalah aku dari kejahatan yang Engkau pastikan. Karena sesungguhnya Engkaulah yang menentukan dan tidak ada yang menghukum (menentukan) atas Engkau. Sesungguhnya tidaklah akan hina orang-orang yang telah Engkau beri kekuasaan.

Dan tidaklah akan mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Berkahlah Engkau dan Maha Luhurlah Engkau. Segala puji bagi-Mu atas yang telah Engkau pastikan. Aku mohon ampun dan tobat kepada Engkau. Semoga Allah memberi rahmat dan salam atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW beserta seluruh keluarganya dan sahabatnya."

3 dari 3 halaman

Keutamaan Membaca Doa Qunut

- Berikut keutamaan lain bagi yang melafalkan doa qunutu saat salat subuh:

  • Memberikan petunjuk. "Allahummahdinii fii man hadaiit" pada doa qunut subuh memiliki arti sebagai suatu permintaan seorang hamba kepada Allah SWT agar diberikan petunjuk. Hal ini berarti Anda selalu mohon petunjuk kepada Allah SWT saat melafalkannya dalam salat.
  • Mendapatkan perlindungan. "Wa’aafinii fii man ‘afaiit" yang artinya "Berilah hamba keselamatan sebagaimana hamba-Mu yang lain yang sudah diberi keselamatan". Allah SWT memberikan perlindungan dan memberikan keselamatan untuk hamba-Nya yang memohon.
  • Meningkatkan rasa syukur atas nikmat yang didapat. Pada bacaan qunut terdapat doa "wabaariklii fiimaa a’thoiit", artinya "berkahilah kepada aku apa yang telah Engkau kasihi". Kalimat ini menjelaskan bahwa Allah akan selalu memberikan berkah kepada hamba-Nya yang selalu bersyukur.
  • Terhindar dari penyakit. Dalam doa qunut ada kalimat "wa’aafini fii man hadaiit" yang diyakini memberi pelindungan berbentuk keselamatan. Bentuk keselamatan di sini bisa berupa kesehatan, di mana setiap hamba Allah SWT yang bertakwa akan mendapatkan pelindungan dari berbagai penyakit.

 

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Husnul Abdi, Editor: Nanang Fahrudin. Published: 3/5/2021)

Dapatkan artikel Islami dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer