Sukses


6 Manfaat Gula Aren Jarang Diketahui, Bukan Sekadar Penambah Rasa Manis Saja

Bola.com, Jakarta - Gula aren selama ini sering dimanfaatkan untuk bumbu masak sebagai penambah rasa manis. Gula aren diperoleh dari pohon aren (Arenga pinnata Merr) melalui proses penyadapan air niranya.

Gula aren memiliki rasa karamel yang ringan dan rasa manis yang khas. Tak hanya mempermanis makanan dan minuman, gula aren juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan.

Saat ini gula aren makin terkenal, apalagi ketika minuman kekinian muncul.

Kandungan kalori yang cukup rendah membuat gula aren lebih sehat dibandingkan gula putih. Gula aren sebagai gula alami karena diproses tidak menggunakan bahan kimia.

Gula aren kerap dijadikan pengganti gula pasir bagi orang dengan kadar gula darah tinggi atau diabetes. 

Gula aren bukan sekadar pemanis biasa. Gula ini memiliki sejumlah nutrisi yang penting bagi tubuh, seperti vitamin C, vitamin B, magnesium, potasium, fosfor, seng, besi, tembaga, dan fitonutrien seperti polifenol, flavonoid serta antosianin.

Gula aren juga mengandung fruktosa dan sukrosa yang cukup tinggi sehingga memberikan cita rasa manis alami dan sehat. Selain itu, mengonsumsi gula aren dipercaya sebagai energy booster atau penambah energi saat mengalami kelelahan.

Bola.com telah merangkum dari berbagai sumber, Selasa (28/4/2020), manfaat gula aren yang jarang diketahui.

2 dari 3 halaman

Meningkatkan Imunitas Tubuh

1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Gula aren memiliki sifat antioksidan yang berkhasiat untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Sifat antioksidan memiliki peran untuk melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

2. Mencegah Asma

Asma adalah satu di antara penyakit pernapasan yang menyebabkan penderitanya mengalami kesulitan dalam bernapas. Mengonsumsi gula merah secara teratur dapat membantu mencegah masalah pernapasan seperti asma dan bronkitis.

Mengombinasikan antara gula aren dengan biji wijen dapat memaksimalkan manfaat bagi pernapasan. Sifat antialergi yang ada di dalamnya berguna bagi penderita gangguan pernapasan, seperti asma, agar dapat diatasi dan tidak mudah kambuh.

Disarankan bagi penderita asma, ada baiknya mengganti gula Anda dengan pemanis yang satu ini.

3. Mengatasi Masalah Anemia

Gula merah memiliki kandungan yang kaya zat besi dan folat. Kekurangan zat besi akan menyebabkan anemia.

Kandungan zat besi dalam gula aren memiliki manfaat untuk meningkatkan produksi sel darah merah sehingga bisa membantu mengatasi masalah anemia.

3 dari 3 halaman

Obati Sariawan

4. Obati Sariawan

Mengonsumsi gula aren secara langsung bisa menjadi obat alternatif mengatasi sariawan. Gula aren ampuh mengobati sariawan karena memiliki kandungan niacin. Gula aren bisa mengobati sariawan pada gusi dan bibir.

5. Penambah Energi

Kandungan kalori dari gula aren bisa diandalkan sebagai alternatif penambah energi di kala badan terasa lelah. Kandungan zat besi dan folat yang tinggi  bermanfaat untuk mengatasi kelelahan dan rasa lemas.

Jika mengalami keluhan badan lemas dan tidak bertenaga, Anda bisa mengonsumsi kopi atau teh yang telah dicampur oleh gula aren pada porsi yang disesuaikan.

6. Baik untuk Pencernaan

Mengonsumsi gula aren berkhasiat untuk melancarkan pencernaan. Memiliki kandungan serat yang tinggi serta mineral aktifnya mampu menjauhkan tubuh dari berbagai penyakit.

Kandungan inulin pada gula aren bermanfaat untuk kesehatan pencernaan. Inulin adalah serat prebiotik yang dapat difermentasi, yang bermanfaat bagi bakteri usus.

Di saat pencernaan mengalami masalah, gula aren dapat membantu tubuh dalam mengatasi masalah tersebut.

Sumber: Berbagai sumber

Video Populer

Foto Populer