Sukses


35 Kata-Kata Mutiara Bijak tentang Menghargai Orang Lain, Kunci Keharmonisan dan Kedamaian

Bola.com, Jakarta - Kata-kata mutiara bijak tentang menghargai orang lain bisa kamu jadikan cerminan, pelajaran, dan motivasi dalam hidup. Saling menghargai dibutuhkan dalam bersosialisasi sehari-hari.

Menghargai kerap kali berhubungan langsung dengan sikap toleransi. Kata-kata mutiara bijak tentang menghargai orang lain bisa membuat seseorang memahami arti perbedaan dan keberagaman.

Tuhan menciptakan manusia dengan berbeda-beda, mulai ras, warna kulit, agama, hingga kepribadian. Itulah mengapa, kita perlu memberikan rasa hormat dan saling menghargai terhadap perbedaan dan keanekaragaman tersebut.

Tak bisa dimungkiri, memiliki sikap menghargai merupakan satu di antara unsur terpenting dalam hubungan apa pun.

Sikap saling menghagai harus dilakukan terhadap siapa saja, orang tua, adik kakak, keluarga, sahabat, teman, pacar dan pasangan, hingga orang yang sama sekali tidak dikenal pun, harus kita hargai.

Sikap saling menghargai sangat penting demi menjaga keharmonisan. Dengan saling menghargai, hidup menjadi lebih damai dan jauh dari konflik sosial dalam bentuk apa pun.

Berikut ini kumpulan kata-kata mutiara bijak tentang menghargai orang lain, seperti dikutip dariĀ Juproni dan Wisesayings, Rabu (3/3/2021).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Kata-Kata Mutiara Bijak tentang Menghargai Orang Lain

1. "Walau berbeda, setiap manusia tetap memiliki kebutuhan yang sama. Saling menghargai itu kunci keharmonisan."

2. "Kemewahan bukan jaminan hidup bahagia. Saling menghormati, menghargai, dan memaafkan orang lain itu kunci kebahagiaan."

3. "Ketika kita tahu bagaimana arti menghargai dan dihargai, di situlah kita bisa mengerti arti orang lain untuk kita."

4. "Sering mengucapkan kata-kata negatif akan membuat orangnya negatif dan sulit menghargai orang lain."

5. "Perlakukanlah orang sebagaimana Anda memperlakukan diri sendiri karena kita sama-sama manusia yang memang saling menghargai."

6. "Jangan menjadi salah hanya karena mayoritas tidak memilih pendapat kita. Saling menghargai itu penting."

7. "Betapa indahnya kalau kita saling menghargai dan memotivasi satu sama lain, bukan mencaci maki atau bersikap tidak peduli."

8. "Berbeda pendapat itu wajar, yang tidak wajar itu jika tidak menghargai perbedaan tersebut. Mari kita saling menghargai."

9. "Setiap dari kita ibarat burung yang hanya memiliki satu sayap, kita akan bisa terbang tinggi jika kita saling mendukung dan menghargai."

3 dari 5 halaman

Kata-Kata Mutiara Bijak tentang Menghargai Orang Lain

10. "Pasangan yang bahagia bukanlah dua sejoli yang sempurna, tapi dua sejoli yang saling menghargai ketidaksempurnaan."

11. "Rendah hati dan saling menghargai kepada sesama lebih baik daripada terlihat kuat atau jago, tapi lemah."

12. "Jika kamu merasa pendapatmu tidak didengar, ketahuilah, sebenarnya kamu sedang belajar untuk menghargai."

13. "Satu di antara bentuk penghormatan yang paling tulus sebenarnya adalah mendengarkan dan menghargai apa yang dikatakan orang lain."

14. "Rasa hormat yang kamu berikan kepada orang lain merupakan cerminan rasa hormat yang kamu berikan pada dirimu sendiri."

15. "Terkadang hal yang benar menurut kita adalah hal yang salah menurut orang lain, begitupun sebaliknya. Jadi, lebih baik saling menghargai."

16. "Hargai dia yang membencimu karena dia adalah penggemar yang telah menghabiskan waktunya hanya untuk melihat setiap kesalahanmu."

17. "Jangan bandingkan orang yang mencintaimu dengan masa lalumu. Hargai dia yang kini berusaha membuatmu bahagia."

18. "Ketika seseorang berusaha menjauhi hidupmu, biarkanlah. Kepergian dia hanya membuka pintu bagi seseorang yang lebih baik untuk masuk."

4 dari 5 halaman

Kata-Kata Mutiara Bijak tentang Menghargai Orang Lain

19. "Jangan pernah kamu menyakiti sahabatmu sendiri karena sahabat adalah cara Tuhan menunjukkan bahwa Dia tidak ingin kamu sendirian dalam menjalani hidup."

20. "Jika kamu ingin seseorang percaya kepadamu, hal pertama yang harus dilakukan adalah meyakinkan mereka bahwa kamu memercayai mereka."

21. "Betapa indahnya kalau kita saling menghargai dan memotivasi satu sama lain, bukan mencaci maki atau bersikap tidak peduli."

22. "Belajarlah menghargai orang lain sebelum minta dihargai."

23. "Beberapa orang terlalu hebat menjaga image, hingga lupa caranya menjaga perasaan."

24. "Rasa hormat yang kau berikan kepada orang lain merupakan cerminan rasa hormat yang kau berikan kepada dirimu sendiri."

25. "Ketika kita sakit hati atas perkataan orang lain, pada saat yang sama Allah ajarkan kita untuk menjaga perasaan orang lain."

26. "Rasa menghargai adalah satu di antara ekspresi cinta yang terbesar." - Miguel Angel Ruiz

27. "Rasa menghargai adalah cara memperlakukan semua orang." - Richard Branson

5 dari 5 halaman

Kata-Kata Mutiara Bijak tentang Menghargai Orang Lain

28. "Menghargai seseorang menunjukkan kualitas kepribadianmu." - Mohammad Rishad sakhi

29. "Menghargai orang lain adalah alat terbaik untuk mendapatkan rasa dihargai." - Junaid Raza

30. "Dia, yang mencintai orang lain, selalu dicintai oleh mereka. Dia, yang menghargai orang lain, selalu dihargai oleh mereka." - Mencius

31. "Aku harus menghargai pendapat orang lain, meski aku tidak setuju dengan mereka." - Herbert H. Lehman

32. "Tanpa rasa saling menghargai, apa yang membedakan manusia dari binatang?" - Confucius

33. "Saat kita tumbuh sebagai pribadi yang unik, kita belajar menghargai keunikan orang lain." - Robert Schuller

34. "Orang dihargai hanya karena mereka menghargai." - Ralph Waldo Emerson

35. "Rasa menghargai yang kamu berikan kepada orang lain adalah cerminan dramatis dari rasa menghargai yang kamu berikan pada diri sendiri." - Robin Sharma

Ā 

Sumber: Juproni, Wisesayings

Ā 

Dapatkan kumpulan artikel kata-kata mutiara bijak lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer