Sukses


6 Hadis tentang Menebarkan Salam yang Bisa Jadi Panduan

Bola.com, Jakarta Menebarkan salam dalam Islam merupakan satu di antara ajaran yang sangat dianjurkan. Salam memiliki makna kedamaian dan kebaikan.

Dalam Al-Qur'an, Allah Swt. menyebutkan tentang pentingnya menebarkan salam sebagai tanda persaudaraan dan kesatuan umat muslim.

"Dan hamba-hamba (Allah) Yang Mahapenyayang itu adalah orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati. Dan apabila orang-orang yang bodoh (jahil) menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata (yang baik, dengan berkata): 'Salam.'" (QS. Al Furqan:63)

Penting untuk diingat bahwa menebarkan salam bukan hanya sebagai formalitas, tetapi merupakan bagian integral dari etika dan tata krama Islam.

Hal ini membangun fondasi yang kuat untuk mempererat hubungan sosial dalam masyarakat muslim.

Di samping itu, terdapat banyak hadis Nabi Muhammad saw. yang menyoroti perbuatan menebarkan salam yang bisa jadi panduan umat muslim.

Berikut enam hadis tentang menebarkan salam, Jumat (15/12/2023).

2 dari 4 halaman

Hadis tentang Menebarkan Salam

Hadis tentang Menebarkan Salam (1)

“Jika seseorang dari kalian bertemu dengan saudaranya (sesama muslim) maka ucapkanlah salam. Jika kemudian keduanya terhalang oleh pohon atau tembok atau batu, kemudian bertemu lagi, maka ucapkanlah salam lagi.” (HR. Abu Daud)

Hadis tentang Menebarkan Salam (2)

“Ucapan salammu kepada orang-orang jika bertemu mereka, jika mereka membalasnya, maka malaikat pun membalas salam untukmu dan untuk mereka. Namun jika mereka tidak membalasnya, maka malaikat akan membalas salam untukmu, lalu malah melaknat mereka atau mendiamkan mereka.” (HR. Ath Thabrani)

3 dari 4 halaman

Hadis tentang Menebarkan Salam

Hadis tentang Menebarkan Salam (3)

“Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam pernah datang (ke suatu rumah) di malam hari. Beliau bersalam dengan salam yang tidak membangunkan orang yang tidur, tapi bisa didengar orang yang masih terjaga.” (HR. Al Bukhari)

Hadis tentang Menebarkan Salam (4)

“Sembahlah Ar Rahman semata, berikanlah makan (kepada yang membutuhkan), tebarkanlah salam, maka engkau akan masuk surga dengan selamat.” (HR. Bukhari)

4 dari 4 halaman

Hadis tentang Menebarkan Salam

Hadis tentang Menebarkan Salam (5)

“Tidak akan masuk surga hingga kalian beriman. Dan kalian tidak dikatakan beriman hingga kalian saling mencintai. Maukah aku tunjukkan sesuatu yang jika dilakukan akan membuat kalian saling mencintai? Sebarkan salam di antara kalian.” (HR. Muslim)

Hadis tentang Menebarkan Salam (6)

"Kalian tidak akan masuk surga hingga kalian beriman, dan kalian tidak akan beriman sampai kalian saling mencintai. Maukah kalian saya tunjukkan suatu perbuatan yang jika kalian kerjakan akan saling mencintai? Sebarkanlah salam di antara kalian." (HR. Muslim)

 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer