Sukses


7 Hadis tentang Keutamaan Salat Berjemaah yang Penting Dipahami

Bola.com, Jakarta Salat adalah satu di antara kewajiban umat muslim. Pasalnya, salat merupakan ibadah yang dilakukan untuk mengingat dan mengakui kebesaran Allah Swt.

Melalui salat, umat muslim juga dapat memohon pertolongan, keberkahan, dan rahmat dari Allah Swt.

Dalam Al-Qur'an, Allah Swt. secara tegas mewajibkan umat muslim untuk melaksanakan salat. Hal itu karena salat merupakan satu di antara rukun Islam yang tidak bisa diabaikan.

"Dan dirikanlah salat, tunaikanlah zakat dan rukuklah beserta orang-orang yang rukuk." (QS. Al Baqarah: 43)

Jadi, salat bukan hanya sekadar rutinitas ibadah saja, tetapi juga merupakan cara untuk berkomunikasi langsung dengan Allah Swt.

Praktik salat bisa sendiri, tapi bagi setiap muslim dianjurkan berjemaah, terutama saat salat 5 waktu. Selain mendapatkan pahala yang besar, salat berjamaah juga membantu memperkuat ikatan antarsesama muslim dan meningkatkan kualitas ibadah.

Bahkan ada sejumlah hadis Nabi Muhammad saw. yang menjelaskan mengenai keutamaan salat berjamaah.

Berikut tujuh hadis tentang keutamaan salat berjemaah yang penting dipahami umat muslim, Rabu (27/12/2023).

2 dari 4 halaman

Hadis tentang Keutamaan Salat Berjemaah

Hadis tentang Keutamaan Salat Berjemaah (1)

"Salat berjamaah lebih utama daripada salat sendirian di rumah atau di tempat lain. Jika seseorang mengetahui pahala salat berjemaah, niscaya dia akan mendatanginya meskipun harus merangkak dengan tangan dan lutut." (HR. Bukhari, Muslim)

Hadis tentang Keutamaan Salat Berjemaah (2)

"Salat yang paling berat bagi orang munafik adalah salat Isya dan salat Subuh. Jika mereka mengetahui keutamaan salat berjemaah di kedua waktu itu, niscaya mereka akan mendatanginya meskipun dengan merangkak." (HR. Bukhari)

3 dari 4 halaman

Hadis tentang Keutamaan Salat Berjemaah

Hadis tentang Keutamaan Salat Berjemaah (3)

"Barang siapa yang menunaikan salat berjemaah di masjid, maka Allah akan menulis baginya pahala seperti pahala salat berjemaah sebanyak 27 kali lipat." (HR. Bukhari, Muslim)

Hadis tentang Keutamaan Salat Berjemaah (4)

"Barang siapa yang bersuci dengan baik, kemudian datang (ke masjid) di waktu yang baik, lalu dia ikut salat (berjemaah) dan mendengarkan, maka dia mendapatkan pahala seperti salat semalam penuh." (HR. Muslim)

Hadis tentang Keutamaan Salat Berjemaah (5)

"Jika imam salat mengucapkan 'Ghoirul maghdhuu bi 'alaihim walad-dhoolliin', maka ucapkanlah, 'Aamiin'. Siapa yang ucapan aminnya bersamaan dengan aminnya malaikat, maka dosa-dosanya di masa lalu mendapat ampunan." (HR. Bukhari)

4 dari 4 halaman

Hadis tentang Keutamaan Salat Berjemaah

Hadis tentang Keutamaan Salat Berjemaah (6)

"Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a. bahwa seorang yang buta (tunanetra) pernah menemui Nabi Muhammad saw. dan berkata, 'Wahai Rasulullah, tidak ada seseorang yang menuntunku untuk ke masjid.' Lalu dia meminta keringanan kepada Rasulullah saw. untuk salat di rumah. Ketika sahabat itu berpaling, Nabi Muhammad saw. kembali bertanya, 'Apakah engkau mendengar panggilan salat (azan)?" Lelaki itu menjawab, 'Ya'. Lalu beliau bersabda, 'Penuhilah seruan tersebut (hadiri jemaah salat)." (HR. Muslim)

Hadis tentang Keutamaan Salat Berjemaah (7)

"Manusia yang paling besar pahalanya dalam salat adalah yang paling jauh (jaraknya dengan masjid), karena telah berjalan paling jauh. Kemudian, orang yang menunggu salat hingga melaksanakannya bersama imam itu lebih besar pahalanya ketimbang orang yang salat lalu tidur. (HR. Bukhari, Muslim)

 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer