Sukses


Bacaan Doa ketika Pergi Menggunakan Pesawat

Bola.com, Jakarta - Menggunakan moda transportasi tertentu, termasuk pesawat terbang, merupakan bagian dari rutinitas perjalanan sehari-hari.

Seperti halnya bepergian menggunakan kendaraan lainnya, membaca doa sebelum melakukan perjalanan dengan pesawat sangat dianjurkan.

Pesawat sering menjadi satu di antara pilihan utama transportasi untuk perjalanan jarak jauh karena fasilitas dan efisiensinya dalam waktu tempuh.

Berbagai fasilitas yang disediakan oleh maskapai penerbangan bertujuan untuk memastikan kenyamanan dan keamanan penumpang di dalam kabin.

Meskipun demikian, seperti moda transportasi lainnya, pesawat juga memiliki risiko dan tantangan tersendiri.

Berdoa sebelum menaiki pesawat merupakan cara umat muslim memohon perlindungan kepada Allah Swt. agar perjalanan yang akan dilakukan senantiasa berada dalam naungan-Nya.

Doa ini juga menjadi bentuk permohonan keselamatan agar perjalanan berlangsung dengan lancar dan selamat sampai tujuan.

Berikut bacaan doa ketika pergi menggunakan pesawat, disadur dari Dream, Kamis (4/1/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Bacaan Doa ketika Pergi Menggunakan Pesawat

Doa Berangkat Naik Pesawat agar Tidak Cemas

Adakalanya kamu merasa cemas dan tidak tenang saat naik pesawat. Agar perjalananmu terasa tenang dan menyenangkan, bacalah doa berikut ini untuk menghilangkan kecemasanmu:

Allahumma inni audzubika minal hammi wal huzni wal ajzi wal kasali wal bukhli wal jubni wal dholaid daini wa gholabatir rijali.

Artinya:

"Ya Tuhanku, aku berlindung kepada-Mu dari rasa sedih serta duka cita ataupun kecemasan, dari rasa lemah serta kelemahan, dari kebakhilan serta sifat pengecut, dan beban utang serta tekanan orang-orang jahat."

3 dari 4 halaman

Bacaan Doa ketika Pergi Menggunakan Pesawat

Doa Berangkat Menggunakan Pesawat

Sebelum pesawat lepas landas, sebagai muslim dianjurkan memperbanyak membaca surah Al-Ikhlas. Kemudian memohon perlindungan kepada Allah dengan membaca doa berangkat naik pesawat berikut ini:

Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, Subhanalladzi sakkhoro lana hadza wa maa kunnaa lahu muqrinin, wa innaa ilaa robbinaa lamunqolibun, allahumma inna nas'aluka fii safarinaa hadzal birro wat taqwa wa minal 'amal maa tardho, allahumma hawwin 'alaina safarona hadza wa athwi 'annaa bu'dahu, allahumma antas shohibu fis safari wal kholifatu fil ahli, allahumma inni a'udzubika min wa'tsaais safari wa kaabatil mandzhori wa suuil munqolibi fil maali wal ahli

Artinya:

"Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Maha suci Allah yang telah menundukkan (pesawat) ini bagi kami, padahal sebelumnya kami tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kepada Allah lah kami kembali. Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kebaikan dan takwa dalam perjalanan ini, kami mohon perbuatan yang Engkau ridai. Ya Allah, permudahkanlah perjalanan kami ini, dan dekatkanlah jaraknya bagi kami. Ya Allah, Engkaulah pendampingku dalam bepergian dan mengurusi keluarga. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelelahan dalam bepergian, pemandangan yang menyedihkan dan kepulangan yang buruk dalam harta dan keluarga."

4 dari 4 halaman

Bacaan Doa Ketika Pergi Menggunakan Pesawat

Doa Berangkat Naik Pesawat

Berikut bacaan doa perjalanan jauh dengan menaiki pesawat:

اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِعَنَّابُعْدَهُ اَللّٰهُمَّ اَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِوَالْخَلِيْفَةُفِى الْاَهْلِ

Allohumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadzaa waatwi ‘annaa bu’dahu. Allohumma antashookhibu fiissafari walkholiifatu fiil ahli.

Artinya:

"Ya Allah, mudahkanlah kami berpergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam berpergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga."

 

Disadur dari: Dream.co.id

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer