Sukses


Bacaan Doa Menghilangkan Luka Sesuai Ajaran Rasulullah

Bola.com, Jakarta - Dalam kesibukan dan dinamika kehidupan sehari-hari, adakalanya kita dihadapkan pada tantangan dan pengalaman yang dapat meninggalkan luka.

Dalam menjalani perjalanan hidup yang penuh liku-liku ini, spiritualitas dan keimanan memiliki peran penting dalam menyembuhkan luka-luka tersebut.

Rasulullah saw., sebagai utusan Allah Swt. telah memberikan petunjuk dan ajaran yang mencakup segala aspek kehidupan, termasuk dalam hal menyembuhkan luka.

Setiap bacaan doa diuraikan dengan tafsiran yang mendalam, sehingga memberikan pemahaman yang komprehensif mengenai makna dan tujuan doa tersebut.

Bacaan doa-doa tersebut diharapkan dapat membawa manfaat yang nyata dalam mengatasi cobaan dan kesedihan yang melanda kehidupan umat muslim.

Berikut bacaan doa menghilangkan luka seperti ajaran Rasulullah, disadur dari Dream, Kamis (11/1/2024)

2 dari 4 halaman

Bacaan Doa Menghilangkan Luka seperti Ajaran Rasulullah

Doa Menghilangkan Luka

Rasulullah saw. mengajarkan kita untuk membaca doa sebagai berikut ketika kita menderita penyakit-penyakit ringan itu.

ِسْمِ اللَّهِ الْكَبِيرِ أَعُوذُ بِاللَّهِ الْعَظِيمِ مِنْ شَرِّ كُلِّ عِرْقٍ نَعَّارٍ وَمِنْ شَرِّ حَرِّ النَّارِ

Bismillāhil kabīri, a‘ūdzu billāhil ‘azhīmi min syarri kulli ‘irqin na‘ārin wa min syarri harrin nāri. 

Artinya:

"Dengan nama Allah yang Maha Besar. Aku berlindung kepada Allah yang Maha Agung dari luka yang mengeluarkan darah dan dari keburukan panas neraka."

3 dari 4 halaman

Bacaan Doa Menghilangkan Luka Seperti Ajaran Rasulullah

Riwayat Hadis Doa Menghilangkan Luka

Doa menghilangkan luka dan rasa sakit ini telah diajarkan Nabi Muhammad saw. Riwayat hadis yang berisi doa menghilangkan luka ditemukan dalam Kitab Ibnu Sunni dari Sahabat Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu. Imam Nawawi mengutip hadis tersebut dalam karya fenomenalnya Kitab Al-Adzkar. 

روينا في كتاب ابن السني عن ابن عباس رضي الله عنهما، أن رسول الله صلى الله عليه وسلم كان يعلمهم من الأوجاع كلها، ومن الحمى أن يقول بسم الله الكبير، نعوذ بالله العظيم من شر عرق نعار ومن شر حر النار

Artinya: "Diriwayatkan kepada kami di kitab Ibnu Sunni dari Ibnu Abbas r.a. bahwa Rasulullah mengajari mereka terkait (penyembuhan) segala penyakit, dari demam dengan membaca: 'Bismillāhil kabīri, a‘ūdzu billāhil ‘azhīmi min syarri kulli ‘irqin na‘ārin wa min syarri harrin nāri'."

4 dari 4 halaman

Bacaan Doa Menghilangkan Luka Seperti Ajaran Rasulullah

Riwayat Hadis Doa Menghilangkan Luka

Imam Nawawi melalui kitabnya menganjurkan kepada orang-orang yang memiliki rasa sakit akibat luka yang ada di tubuh atau terserang suatu penyakit sebaiknya membaca surah Al-Fatihah, Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas.

Dalam Al-Adzkar, Imam Nawawi mengatakan, "Seseorang yang sedang sakit juga seyogianya membaca surah Al-Fatihah, Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas untuk dirinya serta meniup kedua tangannya sebagaimana penjelasan telah lalu dan membaca doa kurab (kesulitan) sebagaimana kami telah sebutkan".

 

 

Disadur dari: Dream.co.id

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer