Sukses


9 Manfaat Senam Kegel bagi Kesehatan yang Menarik Diketahui

Bola.com, Jakarta - Senam kegel adalah serangkaian latihan yang dirancang untuk menguatkan otot panggul dan menjaga kesehatan organ panggul. Tepatnya pada otot yang digunakan untuk mengendalikan laju urine (air kencing).

Senam kegel ditemukan oleh Dr. Arnold Kegel, seorang dokter ginekologi Amerika Serikat pada 1940-an.

Awalnya, senam kegel lebih dikenal sebagai senam bagi ibu yang baru saja bersalin. Seiring berjalannya waktu, senam ini makin populer baik di kalangan pria maupun wanita.

Hal ini karena senam kegel telah banyak terbukti mampu mengatasi berbagai masalah jika dilakukan secara rutin.

Berikut sembilan manfaat senam kegel bagi kesehatan yang menarik diketahui, Selasa (30/1/2024).

2 dari 4 halaman

Manfaat Senam Kegel bagi Kesehatan

1. Mencegah dan Mengatasi Inkontinensia Urin

Senam kegel membantu menguatkan otot-otot panggul, termasuk otot-otot yang mengendalikan buang air kecil.

Dengan melatih otot-otot ini, kamu dapat meningkatkan kemampuan untuk menahan dan mengendalikan buang air kecil sehingga mencegah atau mengatasi inkontinensia urine.

2. Mencegah dan Mengatasi Inkontinensia Feses

Selain inkontinensia urine, senam kegel juga dapat membantu mencegah dan mengatasi inkontinensia feses atau sulit menahan buang air besar.

Dengan menguatkan otot-otot panggul, kamu dapat meningkatkan kontrol dan kekuatan otot-otot yang terlibat dalam proses buang air besar.

3. Meningkatkan Sensasi Seksual

Senam kegel juga dapat meningkatkan sensasi seksual pada wanita dan pria. Dengan menguatkan otot-otot panggul, kamu dapat meningkatkan aliran darah ke daerah genital, meningkatkan sensitivitas, dan menghasilkan orgasme yang lebih intens.

3 dari 4 halaman

Manfaat Senam Kegel bagi Kesehatan

4. Mempercepat Pemulihan setelah Melahirkan

Senam kegel sangat dianjurkan untuk wanita yang baru melahirkan. Latihan ini membantu mengencangkan otot-otot panggul yang melemah setelah proses persalinan sehingga mempercepat pemulihan dan mencegah masalah inkontinensia urine pasca melahirkan.

5. Meningkatkan Kekuatan Otot Panggul

Senam kegel adalah latihan yang fokus pada otot-otot panggul, terutama otot pubococcygeus (PC).

Dengan melatih otot-otot ini secara teratur, kamu dapat meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot panggul sehingga mencegah penurunan organ panggul (prolaps) dan masalah kesehatan terkait.

6. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Senam kegel juga dapat meningkatkan sirkulasi darah ke daerah panggul. Ini membantu memperbaiki kesehatan dan fungsi organ panggul, serta mempercepat pemulihan setelah prosedur medis seperti operasi panggul.

4 dari 4 halaman

Manfaat Senam Kegel bagi Kesehatan

7. Mencegah dan Mengurangi Nyeri Panggul

Dengan menguatkan otot-otot panggul, senam kegel dapat membantu mencegah dan mengurangi nyeri panggul yang disebabkan oleh kelemahan otot atau ketegangan otot.

8. Meningkatkan Kualitas Tidur

Senam kegel dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Latihan ini dapat membantu mengurangi gangguan tidur yang disebabkan oleh inkontinensia urine ataupun feses sehingga kamu bisa tidur lebih nyenyak.

9. Meningkatkan Kualitas Hidup

Dengan membantu mencegah dan mengatasi masalah kesehatan seperti inkontinensia urine atau feses, senam kegel dapat meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

Kamu akan merasa lebih percaya diri, nyaman, dan aktif dalam menjalani kegiatan sehari-hari.

 

Yuk, baca kumpulan artikel kesehatan lainnya dengan mengklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer