Sukses


Bacaan Doa Rezeki di Hari Jumat yang Bisa Diamalkan Umat Muslim

Bola.com, Jakarta - Doa rezeki di hari Jumat dapat diamalkan oleh setiap umat muslim. Seperti diketahui, hari Jumat merupakan hari yang istimewa bagi umat muslim.

Dalam agama Islam, hari Jumat disebut Sayyidul Ayyam atau rajanya hari. Maka itu, hari Jumat merupakan hari yang penuh berkah bagi umat Islam. Pada hari yang penuh berkah ini hendaknya dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Menyadari bahwa hari Jumat sangatlah istimewa, sebaiknya Anda tidak melewatkan untuk membaca doa rezeki di hari Jumat. Setiap orang tentu mengharapkan hidup dengan rezeki yang cukup.

Rezeki setiap orang memang sudah diatur oleh Allah Swt. Namun, perlu diupayakan dengan doa dan usaha yang terbaik. Allah Swt. telah menjamin rezeki setiap makhluk hidup yang ada di bumi.

Rezeki juga bukan hanya berupa harta dan kemuliaan saja, tetapi juga berupa kesehatan, kasih sayang, lingkungan yang baik, hingga kemudahan yang setiap hari dirasakan.

Tidak hanya berupa uang, hal-hal lain seperti teman yang baik, keluarga yang harmonis, anak yang saleh, bahkan kesehatan juga termasuk rezeki. Berdoa menjadi tanda bersyukur atas rezeki yang telah didapatkan.

Berikut ini bacaan doa rezeki di hari Jumat yang perlu diketahui umat muslim, disadur dari Liputan6, Kamis (1/2/2024).

2 dari 7 halaman

1. Doa Rezeki di Hari Jumat

Berikut ini bacaan doa rezeki di hari Jumat yang perlu dihafalkan dan dipanjatkan oleh umat muslim, yakni:

Allahumma alaika tawakkaltu farzuqni wakfini, wa bika ludzfu fa najjini mimma yu’dzini anta hasbi wa ni’mal wakil. Allahumma raddhini bi qadhaika wa qanni; bi athaika waj’alni min awliyaika.

Artinya: "Ya Allah, aku berserah diri kepada-Mu, berikan aku rezeki dan cukupkan aku. Selamatkan aku dari sesuatu yang menyakitiku. Engkau adalah satu-satunya pelindung terbaikku, dan cukupkanlah aku dengan anugerah-Mu dan jadikanlah aku dari para wali-Mu."

 

3 dari 7 halaman

2. Doa Jumat Berkah

Selain bacaan di atas, berikut terdapat bacaan doa Jumat berkah yang bisa diamalkan oleh seluruh umat Muslim adalah:

Ya Rabbi fi yaumil jumat wa ‘adta ibadaka bi qabuli da’wahum, sa ad’u liqalbin qaribin min qalbi: Allahummarzuqhu ma yuridu warzuq qalbahu ma yuridu, waj’alhu laka kama turidu, Allahumma qaddirlalhu dzalik, qabla an tu’dzina syamsul jumat bil maghrib.

Artinya: "Ya Allah, pada hari Jumat ini, kau berjanji pada hamba-hamba-Mu untuk menerima doa mereka. Aku akan berdoa dari hati yang terdalam. Ya Allah, berikanlah apa yang kuinginkan, dan berkatilah hatiku dengan apa yang kuinginkan. Dan jadikan diriku ini milik-Mu seperti yang dirimu inginkan, sebelum matahari hari Jumat tenggelam."

4 dari 7 halaman

3. Doa Rezeki di Hari Jumat untuk Keluarga

Berikut bacaan doa memohon rezeki agar dicukupkan dan keberkahan untuk keluarga, yakni:

Allahumma barik li fi ahli wa barik li ahli fiyya warzuqhum minni warzuqni minhum wajma’bainana majama’ta fi khairin wa farriq bainana ma farraqta fi khairin. Barakallahu li kullin minna fi shahibihi. Allahumma inni as’aluka khairaha wa khaira ma jabaltaha ‘alaihi. Wa a’udzu bika min syarriha wa syarri ma jabaltaha ‘alaihi. Allahumma inni u’idzuha bika wa dzurriyyataha mina syaithanirrajim.

Artinya: "Ya Allah, berkahilah aku dalam keluarga dan berkahilah keluarga dalam diriku. Anugerahkan rezeki kepada mereka lantaran aku, anugerahkanlah rezeki kepadaku lantaran mereka. Satukanlah kami selama engkau satukan dalam kebaikan, dan pisahkanlah kami selama Engkau memisahkan dalam kebaikan. Semoga Allah memberkahi masing-masing dari kami dalam pergaulannya (suami istri). Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu kebaikan istriku dan kebaikan perangai yang Engkau watakkan kepadanya. Dan aku berlindung kepadamu dari keburukan istriku dan keburukan perangai yang Engkau watakkan kepadanya. Ya Allah, sungguh aku memohon perlindungan untuknya dan keturunannya dengan keagungan Zat-Mu dari setan yang terkutuk." 

5 dari 7 halaman

4. Doa Meminta Pertolongan Allah

Selain bacaan doa rezeki di hari Jumat, ada bacaan doa untuk meminta pertolongan Allah Swt di hari Jumat:

As’adakallah bi sa’ati hadzal yaumi al-mubarak, wa wassa’a alaika rizqaka wa alhamaka dzikrahu, wa ajaba da’wataka, wa zadaka min fadhlihi, wa hafidha dinaka wa ayyadaka binashrihi, wa radhiya anka wa ardhaka an hubbihi wa ‘aninnari ab’adaka wa adkhalaka jannatahu, walil khairi arsyadaka wakafaka niqmatahu.

Artinya: "Semoga Allah Swt. memberikan kebahagiaan pada jam-jam di hari Jumat yang diberkati ini, memperluas mata pencaharianmu, memberi inspirasi kepadamu, mengijabah doamu, menambahkan bagimu keutamaan-Nya, menjaga agamamu dan mendukungmu dengan pertolongan-Nya, rida atasmu, dan meridaimu dengan cinta-Nya dan menjauhkanmu dari neraka lalu memasukkanmu ke surga, memberi petunjukmu kepada kebaikan dan melindungimu dari bencana-Nya."

6 dari 7 halaman

5. Doa Memohon Keberkahan di Hari Jumat

Tak hanya meminta rezeki, umat muslim juga dapat memanjatkan doa untuk memohon keberkahan di hari Jumat:

Adamallahu lakum barakatal Jumat duhuran, wa albasakum min taqwahu nuron, jumatan mubarakah.

Artinya: "Semoga Allah Swt. memberikan berkah kepada kalimat pada hari Jumat ini, serta Allah mengenakan cahaya dari kesalehan hari ini, Jumat yang diberkahi."

7 dari 7 halaman

6. Doa Terhindar dari Bahaya

Umat muslim juga dapat memanjatkan doa terhindar dari bahaya di hari Jumat:

Allahumma inni asaluka ya man la tughallithuhul masail, ya man la yusyagghiluhu sam’u an sami’a, ya man la yubrihumuhu ilhah al-mulihhin, Allahumma inni audzubika min juhdil bala wa darkis syaqa’ wa su’il qadha’ wa syamatatil a’da’. Allahummaksyif ‘anni wa ‘an kullil muslimin kulla syiddatin wa dhiqin wa karabin, Allahumma aslaluka farjan qariban, wa kaffa anni ma uthiq, wama la uthiq, Allahumma farrij ‘anni, wa an kullil Muslimin wa kul hammin wa ghammin, wa akhrijni wal muslimina min kulla karabin wa huznin.

Artinya: "Ya Allah, aku meminta kepadaMu Wahai yang tidak dicampuradukkan perkara (bagi-Nya), wahai yang tidak disibukkan pendengaran mereka yang mendengarkan, wahai yang ketentuannya tak berpengaruh rintihan orang yang (berdoa) merintih, aku berlindung kepada-Mu dari malapetaka dan kesengsaraan, ketetapan yang buruk, dan caci maki musuh. Ya Allah, lepaskanlah diriku dan dari setiap muslim setiap kesusahan dan kesempitan dan himpitan. Ya Allah aku meminta kepada-Mu jalan keluar segera, cukupkan dari apa yang aku mampu dan apa yang aku tidak mampu, Ya Allah angkatlah kesedihan dan kegundahan dariku dan dari setiap muslim. Hentikan hamba pada sesuatu yang dapat saya tanggung dan yang tidak bisa saya tahan. Angkat semua kekhawatiran dan kesusahan dari diri saya dan semua muslim. Singkirkan keresahan dan kesedihan dari diri saya dan umat muslim."

 

Disadur dari: Liputan6.com (Reporter: Ayu Rifka Sitoresmi. Editor: Septika Shidqiyyah. Published: 13/6/2023)

Baca artikel seputar doa lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer