Sukses


Jenis-Jenis Permainan Tradisional di Indonesia

Bola.com, Jakarta - Permainan tradisional di Indonesia merupakan bagian yang tak terpisahkan dari budaya dan warisan nenek moyang bangsa kita. Permainan tradisional merupakan bagian dari identitas Indonesia yang unik dan beragam.

Dengan keberagaman suku dan adat istiadat yang dimiliki, Indonesia memiliki banyak ragam permainan tradisional yang dimainkan oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Permainan tradisional memiliki beragam fungsi dalam kehidupan masyarakat Indonesia.

  • Pertama, permainan tradisional membantu dalam menjaga kelestarian budaya dan tradisi nenek moyang.Dengan memainkan permainan tradisional, generasi muda dapat memahami serta melestarikan warisan budaya leluhur.
  • Kedua, permainan tradisional memiliki fungsi mempererat tali persaudaraan dan kebersamaan di antara masyarakat. Dengan bermain bersama, para pemain dapat saling bertukar pengalaman, bertukar pikiran, serta merasakan kebersamaan yang erat.
  • Ketiga, permainan tradisional berfungsi sebagai sarana pembelajaran bagi anak-anak di tengah teknologi yang makin canggih.

Melalui bermain, anak-anak dapat belajar mengenai kerja sama, kejujuran, serta sikap sportif dalam menghadapi keberhasilan maupun kegagalan.

Nah, berikut jenis-jenis permainan tradisional di Indonesia, warisan leluhur, Jumat (9/2/2024).

2 dari 3 halaman

Jenis-Jenis Permainan Tradisional di Indonesia

Congklak

Sebuah permainan papan yang menggunakan biji-bijian kecil dan lubang-lubang pada papan. Pemain berusaha mengumpulkan sebanyak mungkin biji di lubang pemain sendiri.

Sepak Bola Gajah

Permainan tradisional suku Minangkabau yang melibatkan bola bambu yang harus dipukul menggunakan kaki dan lutut, tanpa menggunakan tangan.

Egrang

Permainan tradisional yang melibatkan dua potongan bambu panjang yang diikatkan pada kaki. Pemain berjalan dengan menggunakan egrang tersebut dan mencoba menjaga keseimbangan.

Lompat Tali

Permainan yang melibatkan sekelompok anak perempuan yang melompati tali yang digerakkan oleh dua anak perempuan lainnya. Ada berbagai variasi gerakan yang harus dilakukan oleh pemain.

Kelereng

Permainan yang menggunakan kelereng sebagai objek utama. Pemain melemparkan kelereng ke dalam lubang atau berusaha mengenai kelereng lawan.

 

3 dari 3 halaman

Jenis-Jenis Permainan Tradisional di Indonesia

Gasing

Permainan tradisional yang menggunakan gasing atau pemintal yang diputar di atas piring kayu. Tujuan permainan ini adalah membuat gasing tetap berputar selama mungkin.

Dakon

Permainan yang menggunakan papan dan biji-bijian, mirip dengan congklak. Pemain harus memindahkan biji-bijian ke dalam lubang-lubang yang ada di papan.

Benteng-Bentengan

Permainan perang-perangan di mana dua kelompok anak-anak saling menyerang dan mempertahankan benteng yang mereka bangun.

Enggrang

Permainan yang melibatkan dua potongan kayu yang diikatkan pada kaki. Pemain berusaha berjalan dengan enggrang tersebut tanpa menjatuhkannya.

Tarik Tambang

Permainan tim di mana dua kelompok berusaha menarik tali ke arah mereka masing-masing. Kelompok yang berhasil menarik tali ke daerah mereka adalah pemenangnya.

 

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer