Sukses


Bacaan Doa untuk Orang Sakit Laki-Laki agar Diberi Kesembuhan

Bola.com, Jakarta - Bacaan doa untuk orang sakit laki-laki agar cepat sembuh perlu diketahui umat muslim. Setiap makhluk yang bernyawa pasti pernah diuji rasa sakit.

Namun, tidak ada orang di dunia ini yang ingin merasakan sakit. Semua orang tentu ingin memiliki raga yang sehat secara fisik sehingga bisa beraktivitas kapan pun dan memiliki usia panjang.

Merasakan sakit tentu tidak enak. Kesehatan menjadi kenikmatan yang sangat berharga, terutama saat sedang sakit. Bahkan, tak sedikit orang yang rela mengeluarkan banyak uang agar bisa kembali sehat seperti sediakala.

Laki-laki maupun perempuan bisa merasakan sakit. Jika orang yang kamu jenguk adalah laki-laki, bacakan doa untuk orang sakit laki-laki.

Maka itu, penting bagi umat muslim mengetahui bacaan doa untuk orang sakit laki-laki agar cepat sembuh. Bagaimana bacaan doanya?

Berikut bacaan doa untuk orang sakit laki-laki agar cepat sembuh, disadur dari Dream, Senin (12/2/2024).

2 dari 5 halaman

Doa agar Diberi Kesembuhan dari Sakit

Saat mendapat ujian dari Allah berupa penyakit, seseorang dianjurkan untuk makin mendekatkan diri kepada-Nya, memohon ampun dan meminta kesembuhan dari sakit yang diderita.

Begini bacaan doa untuk orang sakit laki-laki dalam Islam, yang pertama:

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا

Allaahumma rabban naasi, adzhibil ba'sa, isyfi antas syaafi. Laa syaafiya illaa anta syifaa'an laa yughaadiru saqaman

Artinya: "Ya Allah, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit ini, sembuhkanlah, hanya Engkaulah yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan selain kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak menyisakan rasa sakit."

3 dari 5 halaman

Doa untuk Orang Sakit Laki-Laki dalam Islam

Sakit adalah cobaan sekaigus pengingat dari Tuhan, betapa penting dan berharganya sebuah kesehatan. Dengan sakit yang diderita, seseorang bisa menyadari betapa kesehatan tak boleh disia-siakan, terutama untuk beribadah kepada-Nya.

Saat menjenguk orang yang sakit, kamu dianjurkan membaca doa berikut ini. Doa ini juga pernah dibaca Rasulullah saw. sebanyak tujuh kali saat menjenguk seseorang.

أَسْأَلُ الله الْعَظِيمَ رَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ أَنْ يَشْفِيَكَ

As-alullaahal 'azhiima rabbal 'arsyil 'azhiimi an-yasyfiyaka

Artinya: "Aku memohon kepada Allah yang Agung, Tuhan pemilik ‘Arsy yang megah agar menyembuhkanmu."

4 dari 5 halaman

Doa untuk Orang Sakit Laki-Laki dalam Islam

Tak hanya memohon agar diberi kesembuhan, membaca doa diberi kesembuhan dari sakit berikut ini dibaca untuk memohon ampunan Allah Swt. atas segala dosa yang telah dilakukan. Pasalnya, orang yang sedang sakit dan apabila ia memohon ampun maka dosa-dosanya akan diampuni.

شَفَى اللهُ سَقَمَكَ، وَغَفَرَ ذَنْبَكَ، وَعَافَاكَ فِي دِيْنِكَ وَجِسْمِكَ إِلَى مُدَّةِ أَجَلِكَ

Syafakallahu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa 'afaka fi dinika wa jismika ila muddati ajalika

Artinya: "Wahai (menyebut nama orang yang sakit), semoga Allah menyembuhkanmu, mengampuni dosamu, dan mengafiatkanmu dalam hal agama serta fisikmu sepanjang usia."

5 dari 5 halaman

Arti Syafakillah, Syafakallah, Syafahallah dan Syafahullah

Untuk mendoakan orang yang sakit, biasanya orang mengucapkan kata "syafakillah" atau "syafakallah". Ada pula yang menyebutkan kata syafahallah atau syafahullah.

Perbedaan arti syafakillah, syafakallah, syafahallah, dan syafahullah ialah pada dlamir yang digunakan. Begini penjelasan selengkapnya:

Syafakillah

Arti syafakillah ialah semoga Allah menyembuhkanmu (perempuan). Kata ini dipakai untuk mendoakan kesembuhan bagi perempuan secara langsung/bertatap muka.

Syafakallah

Arti syafakallah adalah semoga Allah menyembuhkanmu (laki-laki). Istilah ini digunakan untuk mendoakan kesembuhan bagi laki-laki secara langsung/bertatap muka maupun secara tidak langsung.

Syafahallah

Sementara syafahallah artinya semoga Allah memberikan kesembuhan kepadanya (perempuan). Kata ini dipakai untuk mendoakan kesembuhan bagi 'dia' perempuan.

Syafahullah

Sedangkan syafahullah artinya semoga Allah memberikan kesembuhan kepadanya (laki-laki).

 

Disadur dari: Dream.co.id (Published: 13/8/2023)

Baca artikel seputar doa lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer