Sukses


9 Ayat Al-Qur'an tentang Jodoh yang Bisa Memberikan Panduan

Bola.com, Jakarta - Jodoh merupakan bagian dari ketetapan yang sudah ditentukan oleh Allah Swt. Setiap orang yang belum menikah tentu ingin mendapatkan dan dipertemukan dengan jodoh terbaik. 

Kita hanya perlu bersabar dan memercayakan segala urusan jodoh kepada-Nya, sambil terus berusaha memperbaiki diri, memperbanyak doa, dan bertawakal kepada kehendak-Nya.

Sederhananya, jodoh dalam Islam dipercayai sebagai takdir yang telah ditentukan oleh Allah Swt.

Al-Qur'an mengajarkan bahwa jodoh tidak akan ke mana. Ada ayat-ayat yang membahas tentang jodoh, yang memberikan kedamaian dan ketenangan bagi umat muslim.

Dengan memahami ayat-ayat tersebut, umat muslim diharapkan dapat menjalani hubungan jodoh dengan penuh rasa syukur, ketenangan, dan kebahagiaan.

Berikut sembilan ayat Al-Qur'an tentang jodoh yang bisa memberikan panduan kepada umat muslim, Jumat (16/2/2024).

2 dari 4 halaman

Ayat Al-Qur'an tentang Jodoh

Ayat Al-Qur'an tentang Jodoh (1)

وَأَنْكِحُوا الْأَيَامَىٰ مِنْكُمْ وَالصَّالِحِينَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَإِمَائِكُمْ ۚ إِنْ يَكُونُوا فُقَرَاءَ يُغْنِهِمُ اللَّهُ مِنْ فَضْلِهِ ۗ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

"Dan nikahilah orang yang masih membujang di antara kamu dan juga orang orang yang layak menikah dari hamba hamba sahayamu yang laki-laki dan perempuan. Allah akan memberikan kemampuan kepada mereka dengan karunia-Nya dan Allah Mahaluas pemberian-Nya." (QS. An Nur: 32)

Ayat Al-Qur'an tentang Jodoh (2)

وَزَكَرِيَّا إِذْ نَادَىٰ رَبَّهُ رَبِّ لَا تَذَرْنِي فَرْدًا وَأَنْتَ خَيْرُ الْوَارِثِينَ

"Ya Tuhanku, janganlah Engkau membiarkan aku seorang diri, Engkaulah ahli waris yang paling baik." (QS. Al Anbiya: 89)

Ayat Al-Qur'an tentang Jodoh (3)

وَالَّذِيْنَ يَقُوْلُوْنَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيّٰتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَّاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا

"Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan dan keturunan dari kalangan kami sebagai penenang hati." (QS. Al Furqon: 74)

3 dari 4 halaman

Ayat Al-Qur'an tentang Jodoh

Ayat Al-Qur'an tentang Jodoh (4)

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang." (QS. Ar Rum: 21)

Ayat Al-Qur'an tentang Jodoh (5)

أَنِ ٱقْذِفِيهِ فِى ٱلتَّابُوتِ فَٱقْذِفِيهِ فِى ٱلْيَمِّ فَلْيُلْقِهِ ٱلْيَمُّ بِٱلسَّاحِلِ يَأْخُذْهُ عَدُوٌّ لِّى وَعَدُوٌّ لَّهُۥ ۚ وَأَلْقَيْتُ عَلَيْكَ مَحَبَّةً مِّنِّى وَلِتُصْنَعَ عَلَىٰ عَيْنِىٓ

"Dan Aku telah melimpahkan kepadamu kasih sayang yang datang dari-Ku, dan supaya kamu diasuh di bawah pengawasan-Ku." (QS. At Thaahaa: 39)

Ayat Al-Qur'an tentang Jodoh (6)

سُبْحٰنَ الَّذِيْ خَلَقَ الْاَزْوَاجَ كُلَّهَا مِمَّا تُنْۢبِتُ الْاَرْضُ وَمِنْ اَنْفُسِهِمْ وَمِمَّا لَا يَعْلَمُوْنَ

"Mahasuci (Allah) yang telah menciptakan semuanya berpasang-pasangan, baik dari apa yang ditumbuhkan oleh bumi dan dari diri mereka sendiri, maupun dari apa yang tidak mereka ketahui." (QS. Yasin: 36)

4 dari 4 halaman

Ayat Al-Qur'an tentang Jodoh

Ayat Al-Qur'an tentang Jodoh (7)

ٱلۡخَبِيثَٰتُ لِلۡخَبِيثِينَ وَٱلۡخَبِيثُونَ لِلۡخَبِيثَٰتِۖ وَٱلطَّيِّبَٰتُ لِلطَّيِّبِينَ وَٱلطَّيِّبُونَ لِلطَّيِّبَٰتِۚ أُوْلَٰٓئِكَ مُبَرَّءُونَ مِمَّا يَقُولُونَۖ لَهُم مَّغۡفِرَةٞ وَرِزۡقٞ كَرِيمٞ ٱلۡخَبِيثَٰتُ لِلۡخَبِيثِينَ وَٱلۡخَبِيثُونَ لِلۡخَبِيثَٰتِۖ وَٱلطَّيِّبَٰتُ لِلطَّيِّبِينَ وَٱلطَّيِّبُونَ لِلطَّيِّبَٰتِۚ أُوْلَٰٓئِكَ مُبَرَّءُونَ مِمَّا يَقُولُونَۖ لَهُم مَّغۡفِرَةٞ وَرِزۡقٞ كَرِيمٞ

"Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula). Dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rezeki yang mulia (surga)." (QS. An Nur: 26)

Ayat Al-Qur'an tentang Jodoh (8)

أَرۡسَلۡنَا أَرۡسَلۡنَا رُسُلٗا مِّن قَبۡلِكَ وَجَعَلۡنَا لَهُمۡ أَزۡوَٰجٗا وَذُرِّيَّةٗۚ

"Dan sesungguhnya Kami telah mengutus rasul-rasul sebelum kamu dan Kami memberikan kepada mereka istri-istri dan keturunan… ." (QS. Ar Rad: 38)

Ayat Al-Qur'an tentang Jodoh (9)

وَمِن كُلِّ شَيۡءٍ خَلَقۡنَا زَوۡجَيۡنِ لَعَلَّكُمۡ تَذَكَّرُونَ

"Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat kebesaran Allah." (QS. Adz Dzariyat: 49)

 

Dapatkan artikel Islami berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer