Sukses


Bacaan Doa Bulan Syaban Menjelang Ramadan yang Bisa Diamalkan

Bola.com, Jakarta - Bacaan doa bulan Syaban menjelang Ramadan perlu diketahui setiap umat muslim. Berdoa merupakan satu di antara amalan bulan Syaban yang bisa dikerjakan.

Syaban merupakan satu di antara bulan mulia dalam kalender hijriyah. Bulan Syaban kerap disebut sebagai pintu menuju bulan Ramadan.

Alasan disebut bulan Syaban ialah karena pada bulan tersebut terpancar bercabang-cabang kebaikan yang banyak. Syaban yang berasal dari kata Syib, yaitu 'jalan di sebuah gunung' atau 'jalan kebaikan'.

Umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak membaca doa bulan Syaban menjelang Ramadan. Ini karena bulan Syaban adalah bulan yang mulia dan dipenuhi dengan kebaikan.

Doa bulan Syaban dipanjatkan selama bulan Syaban berlangsung. Ada beberapa bacaan doa bulan Syaban menjelang Ramadan yang bisa dibaca dan diamalkan umat muslim.

Berikut bacaan doa bulan Syaban menjelang Ramadan yang bisa diamalkan umat muslim, disadur dari Liputan6, Jumat (16/2/2024).

2 dari 5 halaman

1. Doa Bulan Syaban Memohon Keteguhan Iman

Bacaan doa bulan Syaban menjelang Ramadan dengan memohon keteguhan iman ini dijelaskan dalam hadis riwayat At-Tirmidzi berikut ini:

حَدَّثَنِي بِلَالُ بْنِ يَحْيَى بْنِ طَلْحَةَ بْنِ عُبَيْدِ اللَّهِ عَنْ أَبِيهِ عَنْ جَدِّهِ طَلْحَةَ بْنِ عُبَيْدِ اللَّهِ

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا رَأَى الْهِلَالَ قَالَ اللَّهُمَّ أَهْلِلْهُ عَلَيْنَا بِالْيُمْنِ وَالْإِيمَانِ وَالسَّلَامَةِ وَالْإِسْلَامِ رَبِّي وَرَبُّكَ اللَّهُ

Dari Thalhal bin 'Ubaidullah bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam apabila melihat bulan sabit beliau mengucapkan:

"Allahumma ahlilhu 'alaina bilyumi wal aimaani wassalaamati wal islaam, rabbii wa rabbukallah."

Artinya: Terbitkanlah bulan tersebut kepada kami dengan berkah, iman, keselamatan serta Islam, Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah."

3 dari 5 halaman

2. Doa Bulan Syaban Memohon Keberkahan

Bacaan doa bulan Syaban menjelang Ramadan dengan memohon keberkahan ini dijelaskan dalam hadis riwayat Imam Ahmad berikut ini:

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا دَخَل رَجَبٌ قَالَ اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبٍ وَشَعْبَانَ وَبَارِكْ لَنَا فِي رَمَضَانَ وَكَانَ يَقُولُ لَيْلَةُ الْجُمُعَةِ غَرَّاءُ وَيَوْمُهَا أَزْهَرُ

Dari Anas bin Malik, ia berkata; Nabi shallallahu 'alaihi wasallam apabila memasuki bulan Rajab, maka beliau mengatakan, "Allahumma bariklana fi rajab wa Sya'ban wa bariklana fi Ramadhlan,

Artinya: "Ya Allah, berkahilah kami di Rajab dan Syaban dan berkahilah kami di Ramadan. Beliau bersabda, Malam Jumat adalah mulia dan harinya terang benderang."

4 dari 5 halaman

3. Doa Bulan Syaban di Pertengahan Bulan

Bacaan doa bulan Syaban menjelang Ramadan di pertengahan bulan disebut pula sebagai bacaan doa malam nifsu Syaban. Malam nifsu Syaban adalah puncak dari bulan Syaban yang penuh rahmat dan kebaikan:

Allahumma ya dzal manni wa la yumannu 'alaika, ya dzal jalali wal ikram, ya dzat thowli wal in'am, la ilaha illa anta dhahral lajin wa jaral mustajirin wa ma'manal kha'ifin.

Allahumma in kunta katabtani 'indaka fî ummil kitabi syaqiyyan aw makhruman aw muqtarran 'alayya fir rizqi, famkhullahumma fi ummil kitabi syaqawati wa khirmani waqtitara rizqi, waktubni 'indaka sa'idan marzuqan muwaffaqan lil khoirat. Fa innaka qulta wa qawlukal haqqu fi kitabikal munzal 'ala lisani nabiyyikal mursalin, yamkhullahu ma yasya'u wa yutsbitu, wa 'indahu ummul kitab, wa shallallahu 'ala sayyidina muhammad wa ala alihi wa shahbihî wa sallama, walhamdulillahi rabbil 'alamîn.

Artinya:

"Wahai Tuhanku yang Maha Pemberi, Engkau tidak diberi. Wahai Tuhan pemilik kebesaran dan kemuliaan. Wahai Tuhan pemberi segala kekayaan dan segala nikmat. Tiada tuhan selain Engkau, kekuatan orang-orang yang meminta pertolongan, lindungan orang-orang yang mencari perlindungan, dan tempat aman orang-orang yang takut.

Tuhanku, jika Kau mencatatku di sisi-Mu pada Lauh Mahfuzh sebagai orang celaka, sial, atau orang yang sempit rezeki maka hapuskanlah di Lauh Mahfuzh kecelakaan, kesialan, dan kesempitan rezekiku. Catatlah aku di sisi-Mu sebagai orang yang mujur, murah rezeki, dan taufiq untuk berbuat kebaikan karena Engkau telah berkata–sementara perkataan-Mu adalah benar–di kitabmu yang diturunkan melalui ucapan Rasul utusan-Mu, ‘Allah menghapus dan menetapkan apa yang Ia kehendaki.

Di sisi-Nya Lauh Mahfuzh.’ Semoga Allah memberikan shalawat kepada Sayyidina Muhammad SAW dan keluarga beserta para sahabatnya. Segala puji bagi Allah SWT."

5 dari 5 halaman

4. Doa Bulan Syaban dengan Memperbanyak Istigfar

Bacaan doa bulan Syaban menjelang Ramadan harus diiringi dengan memperbanyak istigfar. Sayyid Muhammad bin Alawi mengungkap bahwa di bulan Syaban hendaknya umat muslim memperbanyak istigfar kepada Allah Swt.

Istigfar merupakan amalan utama yang harus dibiasakan orang Islam, terutama pada waktu yang memiliki keutamaan, seperti Syaban dan malam pertengahannya.

Istigfar dapat memudahkan rezeki, sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur’an dan hadis. Pada bulan Syaban pula dosa diampuni, kesulitan dimudahkan, dan kesedihan dihilangkan."

Bacaan istigfar yang dimaksudkan:

"Astaghfirullah Hal'adzim, Aladzi Laailaha Illahuwal Khayyul Qoyyuumu wa Atuubu Ilaiih"

Artinya:

"Saya mohon ampun kepada Allah Yang Mahabesar, tidak ada tuhan melainkan Dia, Yang Mahahidup yang terus-menerus mengurus makhluk-Nya, dan saya bertobat kepada-Nya."

 

Disadur dari: Liputan6.com (Reporter: Laudia Tysara. Editor: Anugerah Ayu Sendari. Published: 28/2/2023)

Baca artikel seputar doa lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer