Sukses


Bacaan Qunut Subuh beserta Keutamaannya

Bola.com, Jakarta - Satu di antara bagian penting dari ibadah salat Subuh adalah qunut, yang merupakan doa yang dilakukan pada rakaat terakhir setelah ruku'. Qunut Subuh merupakan suatu tradisi yang dilakukan oleh umat muslim sejak masa Nabi Muhammad saw.

Qunut Subuh memiliki gambaran singkat, tetapi mendalam tentang kebersyukuran kepada Allah Swt. dan permohonan ampunan serta perlindungan dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Qunut Subuh tidak dilakukan setiap hari, tetapi hanya dilakukan pada saat-saat tertentu, seperti saat dalam keadaan tertekan dan dalam masa-masa sulit.

Doa qunut Subuh ini biasanya dilaksanakan dengan mengangkat tangan ke arah langit, seolah-olah memohon langsung kepada Allah Swt.

Tujuan qunut Subuh ini adalah untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan umat muslim kepada Allah Swt.

Dalam doanya, umat Muslim memohon kepada Allah Swt. agar mereka diberikan ketenangan, kebahagiaan, dan keselamatan dalam menjalani kehidupan dunia dan akhirat.

Berikut keutamaan qunut Subuh beserta bacaannya, Selasa (12/3/2024).

2 dari 3 halaman

Keutamaan Qunut Subuh

Qunut Subuh merupakan doa yang sangat dianjurkan bagi umat muslim. Qunut Subuh adalah doa yang dibaca setelah ruku' kedua dalam salat Subuh. Rasulullah saw. sering membaca doa ini ketika beliau sedang dalam kesulitan atau menghadapi musibah.

Keutamaan qunut Subuh tergambar jelas dari sabda Rasulullah saw. yang diriwayatkan oleh Abu Dawud, bahwa doa ini adalah doa yang mustajab dan diterima oleh Allah Swt.

Doa qunut Subuh memiliki manfaat yang sangat besar bagi yang mengamalkannya. Selain sebagai wujud penghambaan kepada Allah Swt. doa ini adalah bentuk memohon pertolongan dan perlindungan dari Allah, terutama dalam menghadapi ujian dan musibah.

Manfaat lain dari qunut Subuh adalah sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah Swt. atas segala nikmat yang telah diberikan dan merupakan sarana untuk memperkuat iman dan ketabahan dalam menghadapi segala cobaan dalam kehidupan.

Tidak hanya itu, qunut Subuh memiliki keutamaan untuk memperoleh ampunan dari Allah Swt., memohon berbagai permohonan pribadi, serta memberikan perlindungan dari berbagai bahaya dan malapetaka.

Doa ini juga bisa menjadi sarana untuk memperkuat kebersamaan dan persatuan dalam umat muslim.

Dengan mengamalkan qunut Subuh secara rutin, umat muslim dapat memperoleh berbagai keutamaan dan manfaat yang besar dari doa ini, baik untuk kehidupan di dunia maupun di akhirat.

3 dari 3 halaman

Bacaan Doa Qunut Salat Subuh

اَللّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ فَاِ نَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Allaahummahdinii fii man hadaiit, wa aafinii fii man aafaiit, wa tawallanii fi man tawallaiit, wa baarik lii fiimaa a’thaiit. Wa qinii syarra maa qadhaiit. Fa innaka taqdhii wa laa yuqdhaa ‘alaiik. Innahu laa yadzillu maw waalaiit.

Wa laa ya’izzu man ‘aadaiit. Tabaarakta rabbanaa wa ta’aalait. Fa lakal-hamdu ‘alaa maa qadhaiit, Astaghfiruka wa atuubu ilaik wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin nabiyyil ummuyyi wa ‘alaa aalihii wa shahbihii wa sallam.

Artinya:

"Ya Allah, berilah aku petunjuk seperti orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku kesehatan seperti orang yang telah Engkau beri kesehatan. Pimpinlah aku bersama-sama orang-orang yang telah Engkau pimpin. Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau pimpin.

Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau berikan kepadaku. Dan peliharalah aku dari kejahatan yang Engkau pastikan. Karena sesungguhnya Engkaulah yang menentukan dan tidak ada yang menghukum (menentukan) atas Engkau. Sesungguhnya tidaklah akan hina orang-orang yang telah Engkau beri kekuasaan.

Dan tidaklah akan mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Berkahlah Engkau dan Maha Luhurlah Engkau. Segala puji bagi-Mu atas yang telah Engkau pastikan. Aku mohon ampun dan tobat kepada Engkau. Semoga Allah memberi rahmat dan salam atas junjungan kami Nabi Muhammad saw. beserta seluruh keluarganya dan sahabatnya." 

 

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer