Sukses


Bacaan Doa Meringankan Beban dalam Hidup

Bola.com, Jakarta - Bacaan doa meringankan beban dalam hidup merupakan sebuah doa yang mampu menjadi penghibur serta penyemangat bagi setiap orang yang menghadapi cobaan dan beban hidup.

Dalam kehidupan sehari-hari, tak jarang kita dihadapkan dengan situasi yang sulit dan membuat kita merasa lelah serta terbebani.

Namun, dengan membaca doa ini, kita akan mendapatkan ketenangan dan kekuatan untuk menghadapinya.

Doa meringankan beban hidup ini juga mengajarkan kita untuk memohon kekuatan hanya kepada Allah Swt. dalam menghadapi berbagai cobaan hidup.

Dalam kesimpulannya, bacaan doa meringankan beban dalam hidup adalah sebuah doa yang sangat berarti bagi setiap orang yang menghadapi masa sulit dan penuh tantangan. 

Berikut bacaan doa meringankan beban dalam hidup yang bisa dipanjatkan, Jumat (3/5/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Bacaan Doa Meringankan Beban dalam Hidup

Doa Nabi Yunus saat Ditimpa Masalah Berat 

Banyak individu menganggap musibah identik dengan hal-hal buruk yang sering kali merugikan. Namun, nyatanya musibah terkadang menjadi anugerah bagi segelintir orang.

Banyak cara yang bisa dilakukan ketika mengalami kebingungan saat mengalami masalah maupun musibah. Selain dengan ikhtiar, umat muslim dianjurkan untuk membaca doa. Satu di antara doa yang banyak diamalkan saat tertimpa masalah berat yakni doa Nabi Yunus. 

Kisah Nabi Yunus saat ditelan seekor ikan besar menjadi pelajaran berharga bagi banyak orang, khususnya umat Islam saat menghadapi musibah. 

Dikisahkan, Nabi Yunus berada dalam perut binatang laut itu selama 40 hari. Berkat kuasa dan kehendak Allah Swt., ia tetap bisa hidup dan keluar dari perut binatang laut tersebut dalam keadaan hidup.

Berikut doa Nabi Yunus beserta artinya:

Laa ilaaha illa Anta, subhanaka innii kuntu minaz zalimim.

"Tidak ada tuhan selain Engkau, Mahasuci Engkau. Sungguh, aku termasuk orang-orang yang zalim." (QS Al-Anbiya’ 87)

3 dari 3 halaman

Bacaan Doa Meringankan Beban dalam Hidup

Saat menghadapi beratnya beban hidup, dianjurkan untuk bersabar dan memanjatkan doa ini. Doa tersebut terkandung dalam surah Al-Baqarah ayat 286.

Rabbanaa laa tu’aakhidznaa in nasiinaa au akhtha’naa. Rabbanaa wa laa tahmil ‘alainaa ishran kamaa hamaltahuu ‘alaa alladziina min qablina. Rabbanaa wa laa tuhammilnaa maa laa thaa qatalanaa bihi. Wa’fu’annaa, waghfirlanaa, warhamnaa, anta maulaanaa fanshurnaa ‘alaa al-qaumi al-kaafiriin.

Artinya:

"Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat, sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami."

 

Yuk, baca artikel Islami lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer