Sukses


Bacaan Doa Kelancaran Berbicara di Depan Umum agar Tidak Gugup

Bola.com, Jakarta - Doa kelancaran berbicara di depan umum bisa dibaca agar tidak merasa gugup dan bikin merasa percaya diri.

Berbicara di depan umum merupakan satu di antara kemampuan yang penting untuk dimiliki dalam kehidupan.

Namun, bagi banyak orang, hal ini dapat menjadi sumber kecemasan dan rasa gugup. Rasa gugup ini dapat menghambat kelancaran berbicara.

Bagi umat Islam, doa dapat menjadi sumber kekuatan dan ketenangan dalam menghadapi berbagai situasi, termasuk saat berbicara di depan umum.

Doa adalah satu di antara cara untuk memohon bantuan dan petunjuk dari Tuhan, agar apa yang kita sampaikan dapat diterima dengan baik oleh audiens.

Selain berdoa, penting juga untuk melakukan persiapan yang matang sebelum berbicara di depan umum. Pelajari materi dengan baik, latihan presentasi, dan atur mental agar tetap tenang dan fokus.

Dengan kombinasi doa dan persiapan yang matang, Anda dapat berbicara dengan lancar dan penuh percaya diri di depan umum.

Berikut bacaan doa kelancaran berbicara di depan umum yang bisa diamalkan umat muslim, disadur dari Merdeka, Selasa (25/6/2024).

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Doa Kelancaran Berbicara di Depan Umum

Doa Kelancaran Berbicara di Depan Umum

Doa kelancaran berbicara di depan umum bermula dari kisah Nabi Musa a.s. yang pernah tak lancar berbicara di depan umum. Doa ini tercantum dalam Al-Quran surah Thaha ayat 25-28 yang berbunyi:

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qoulii.

Artinya: "Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku" (QS. Thaha ayat 25-28).

 

3 dari 4 halaman

Doa Kelancaran Berbicara di Depan Umum

Doa agar Hati Tenang saat Merasa Gugup

Allahumma Inni audzubika minal hammi wal huzni wal ajzi wal kasali wal bukhli wal jubni wal dholaid daini wa gholabatir rijali.

Artinya: "Ya Tuhanku, aku berlindung kepadaMu dari rasa sedih serta duka cita ataupun kecemasan, dari rasa lemah serta kelemahan, dari kebakhilan serta sifat pengecut, dan beban utang serta tekanan orang-orang jahat"

Berikutnya ada doa lain agar hati tenang yang diambil dari QS. Al-Baqarah ayat 250.

Doa ini dipanjatkan oleh tentara Talut saat hendak melawan tentara Jalut yang terlihat lebih perkasa dan kuat.

Rabbanaa afrig 'alainaa shabraw wa tsabbit aqdaamanaa wansurnaa 'alal qaumil kafiriin.

Artinya: "Ya Tuhan kami, limpahkanlah kesabaran kepada kami, kukuhkanlah langkah kami dan tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir."

 

4 dari 4 halaman

Doa Kelancaran Berbicara di Depan Umum

Doa agar Hati Tenang (Hadis Imam Thabrani)

Hadis Nabi Muhammad saw. dari Imam Thabrani dari Abu Umamah menyebutkan, "Sesungguhnya Nabi saw. berkata (mengajari) seseorang. Katakanlah, 'Ya Allah, aku memohon kepadaMu jiwa yang merasa tenang kepadaMu, yang yakin akan bertemu denganMu, yang rida dengan ketetapanMu, dan yang merasa cukup dengan pemberianMu',"

Allahumma inni as-aluka nafsan bika muthma-innah, tu’minu biliqo-ika wa tardho bi qodho-ika wataqna’u bi ’atho-ika.

Artinya: "Ya Allah, aku memohon kepadaMu jiwa yang merasa tenang kepadaMu, yang yakin akan bertemu denganMu, yang ridho dengan ketetapanMu, dan yang merasa cukup dengan pemberian-Mu."

 

Disadur dari: Merdeka.com (Published: 23/6/2023).

Baca artikel seputar doa lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer