Sukses


Pesan Menohok Vinicius yang Lelah Jadi Korban Rasis: Kritik Liga Spanyol, Singgung Nama Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo

Bola.com, Jakarta - Vinicius Junior jadi pusat perhatian usai menjadi korban rasis pada pertandingan Real Madrid kontra Valencia di Liga Spanyol hari Minggu (21/05/2023).

Pada laga ini, Vinicius mendapat kartu merah pada menit ke-97 usai dianggap memukul pemain Valencia, Hugo Duro.

Nah usai kartu merah ini, Vinicius membuat gestur uang mengejek fans Valencia. Aksinya merupakan balasan lantaran sepanjang laga, ia mendapat perlakuan rasis dari fans Valencia.

Usai pertandingan, ia pun membuat pesan melalui jejaring sosial Instagram.

Dia turut menyinggung nama Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo plus turut menyebut Spanyol adalah negara rasis.

2 dari 5 halaman

Singgung Nama Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo

"Itu bukan yang pertama, bukan yang kedua, atau yang ketiga. Rasisme adalah hal yang normal di La Liga. Kompetisi menganggapnya normal, Federasi juga melakukannya dan lawan mendorongnya. Saya minta maaf," tulis Vinicius.

"Kompetisi yang dulunya milik Ronaldinho, Ronaldo, Cristiano dan Messi sekarang menjadi milik orang-orang rasis. Bangsa yang indah, yang menyambut saya dan yang saya cintai, tetapi setuju untuk mengekspor citra negara rasis ke dunia."

"Saya minta maaf untuk orang Spanyol yang tidak setuju, tetapi hari ini, di Brasil, Spanyol dikenal sebagai negara rasis."

"Dan sayangnya, untuk semua yang terjadi setiap minggu, saya tidak memiliki pembelaan. Saya setuju. Tapi saya kuat dan saya akan melawan rasis sampai akhir. Walaupun jauh dari sini," lanjutnya.

3 dari 5 halaman

Kritik Rio Ferdinand

Insiden yang dialami Vinicius Junior itu tentu saja membuat kubu Real Madrid geram. Demikian juga dengan penggemar mereka.

Namun, selain itu banyak juga pihak di luar Real Madrid yang ikut emosi. Satu di antaranya adalah eks kapten Manchester United (MU), Rio Ferdinand.

Ferdinand kesal melihat Vinicius Junior tidak mendapatkan perlindungan yang semestinya dari pihak terkait di Spanyol. Ferdinand makin emosi melihat pemain Brasil itu sebagai satu-satunya pemain yang dikartu merah dalam laga itu.

"Anda butuh perlindungan, siapa yang melindungi Vinicius di Spanyol? Ia menerima kartu merah setelah dicekik dan menerima pelecehan rasial selama pertandingan. Apa-apaan ini?" tulis Ferdinand dalam akun Twitter miliknya.

4 dari 5 halaman

Minta Dukungan Banyak Pihak

Rio Ferdinand pun berharap semua pihak bersatu melawan aksi rasisme di lapangan. Ia kemudian meminta dukungan dari pemain-pemain top seperti Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, Mohamed Salah, hingga Erling Haaland.

"Berapa kali kita perlu melihat pemuda ini menjadi sasaran omong kosong ini? Saya melihat rasa sakit, saya melihat rasa jijik, saya melihat ia butuh bantuan, dan pihak berwenang tidak melakukan apa-apa untuk membantunya," ujar Ferdinand.

"Orang-orang harus berdiri bersama dan menuntut lebih banyak dari otoritas yang menjalankan permainan kita. Tidak ada yang pantas menerima ini, tetapi Anda mengizinkannya. Perlu ada pendekatan terpadu untuk ini, jika tidak maka akan tersapu lagi. Berdiri bersama dengan tegak dan bangga. Rasis bodoh," lanjutnya.

5 dari 5 halaman

Yuk Lihat Peta Persaingan

Video Populer

Foto Populer