Jepang dan Arab Saudi Kompak: Jadi Tim Asia yang Menjungkalkan Raksasa di Piala Dunia 2022

oleh Hery Kurniawan diperbarui 23 Nov 2022, 23:24 WIB
Pemain Timnas Jepang, Ritsu Doan mencetak gol pertama Jepang ke gawang Timnas Jerman dalam laga matchday pertama Grup E Piala Dunia 2022 di Khalifa International Stadium, Doha, Qatar, Rabu (23/11/2022) malam WIB. (AP/Matthias Schrader)

Bola.com, Jakarta - Lima dari enam wakil Asia di Piala Dunia 2022 sudah memainkan laga mereka. Empat tim yang dimaksud adalah Qatar, Iran, Australia, Arab Saudi, dan Timnas Jepang.

Hebatnya, dua dari lima negara tersebut sukses meraih kemenangan. Timnas Arab Saudi menang 2-1 atas Argentina pada Selasa (22/11/2022) sore WIB.

Advertisement

Sementara itu, Timnas Jepang pun tak mau kalah. Mereka menang dengan skor serupa saat menghadapi Jerman pada Rabu (23/11/2022) malam.

Keduanya pun sama-sama memimpin grup masing-masing dengan torehan tiga poin. Hasil itu membuat peluang mereka untuk melaju ke-16 besar Piala Dunia 2022 terbuka sangat lebar.

2 dari 5 halaman

Identik

Selebrasi pemain Arab Saudi usai menjebol gawang Argentina di pertandingan Grup C Piala Dunia Qatar 2022 yang berlangsung di Stadion Lusail, Doha, Selasa (22/11/2022). (AFP/Kirill Kudrayavtsev)

Menariknya, Arab Saudi dan Jepang meraih kemenangan dengan cara yang mirip. The Falcons menang 2-1 dari Argentina setelah tertinggal lebih dulu.

Timnas Jepang pun demikian. Maya Yoshida dkk. mampu mengamankan kemenangan 2-1 setelah tertinggal satu gol lebih dulu dari Jerman.

Menariknya lagi, dua gol yang bersarang ke gawang mereka sama-sama berasal dari tendangan penalti. Arab Saudi menderita berkat gol penalti Messi.

Adapun Jepang kebobolan lebih dahulu melalui gol tendangan penalti gelandang Jerman, Ilkay Gundogan.

3 dari 5 halaman

Kesialan Jerman

Pemain Timnas Jerman, Antonio Ruediger (kanan) berduel udara dengan pemain Timnas Jepang, Hiroki Sakai dalam laga matchday pertama Grup E Piala Dunia 2022 di Khalifa International Stadium, Doha, Qatar, Rabu (23/11/2022) malam WIB. (AP/Ebrahim Noroozi)

Di sisi lain, Timnas Jerman tampaknya menghadapi kesialan tersendiri saat menghadapi tim dari Asia. Pada Piala Dunia 2018 mereka kalah 0-2 dari Korea Selatan.

Hasil minor itu adalah kekalahan kedua Jerman di babak grup. Sebelumnya, mereka sudah keok 0-1 dari Meksiko di laga pembuka.

Jerman pun gagal lolos dari fase grup. Yang lebih menyakitkan, mereka harus puas menjadi juru kunci Grup F saat itu.

 

4 dari 5 halaman

Posisi Jepang di Piala Dunia 2022

5 dari 5 halaman

Berita Terkait