Keberhasilan Timnas Jepang Pecundangi Jerman di Piala Dunia 2022 Berkat Tempaan Karier di Bundesliga

oleh Rizki Hidayat diperbarui 24 Nov 2022, 19:00 WIB
Timnas Jerman berusaha keras mencari gol kedua di sisa waktu yang ada. Namun hingga laga usai, skor 2-1 untuk kemenangan Jepang tak berubah. (AP/Ebrahim Noroozi)

Bola.com, Jakarta Timnas Jepang berhasil membungkam Jerman pada matchday pertama Grup E Piala Dunia 2022. Bertanding di Khalifa International Stadium, Al Rayyan, Rabu (23/11/2022) malam WIB, Tim Samurai Biru menang 2-1 atas Jerman.

Pada pertandingan tersebut, Timnas Jepang tertinggal lebih dulu lewat tendangan penalti Ilkay Gundogan pada menit ke-33. Namun, Tim Samurai Biru mampu bangkit pada paruh kedua.

Advertisement

Mereka berhasil mencetak gol lewat aksi Ritsu Doan pada menit ke-75 dan Takuma Asano menit ke-83. Hingga laga usai, tidak ada gol tambahan yang tercipta.

Menariknya, dua pencetak gol kemenangan Timnas Jepang tersebut merupakan pemain klub asal Jerman. Takumi Asano saat ini bermain di VfL Bochum 1848 dan Ritsu Doan (Freiburg FC).

Tampil sebagai pemain pengganti, Takumi dan Ritsu bisa memberikan sejarah bagi Timnas Jepang, sekaligus membuat Jerman tak berkutik pada laga pembuka Grup E Piala Dunia 2022.

 

 

 

2 dari 6 halaman

8 pemain Timnas Jepang Berkarier di Liga Jerman

Penyerang Jepang, Ritsu Doan melakukan berselebrasi setelah mencatak gol ke gawang Jerman selama pertandingan grup E Piala Dunia 2022 Qatar di Stadion Internasional Khalifa di Doha, Qatar, Rabu (23/11/2022). Jepang menang tipis atas Jerman dengan skor 2-1. (AP Photo/Luca Bruno)

Tidak sedikit pesepak bola asal Negeri Sakura yang berkarier di Jerman. Pada perhelatan Piala Dunia 2022, tercatat ada delapan pemain Timnas Jepang saat ini yang membela klub Jerman.

Sebagian besar dari mereka bermain di kasta tertinggi Bundesliga, juga strata kedua. Selain Takumi Asano dan Ritsu Doan, adapula Ao Tanaka (Dusseldorf) dan Daichi Kamada (Frankfurt).

Sementara itu, Wataru Endo dan Hiroki Ito bermain di Stuttgart, Kou Itakura membela Borussia Monchengladbach, dan Maya Yoshida yang berseragam Schalke 04.

3 dari 6 halaman

Faktor Gaya Bermain

Para pemain Timnas Jepang merayakan gol pertama ke gawang Timnas Jerman yang dicetak Ritsu Doan dalam laga matchday pertama Grup E Piala Dunia 2022 di Khalifa International Stadium, Doha, Qatar, Rabu (23/11/2022) malam WIB. (AP/Eugene Hoshiko)

Ya, Bundesliga memang seperti layaknya rumah bagi para pemain Asia, tak terkecuali dari Jepang. Hal ini diungkapkan kapten PSIM Yogyakarta, Aditya Putra Dewa.

Pemain berusia 32 tahun itu menyebut, para pesepak bola dari Negeri Sakura cocok berkarier di Bundesliga karena faktor gaya bermain. Kesamaan gaya bermain yang dia maksud yakni, tak banyak duel fisik dan mengandalkan tim ketimbang individu.

"Saya rasa kultur sepak bola Jerman sangat membantu pemain-pemain Jepang untuk terus berkembang. Jerman dengan filosofi mereka adalah salah satu ikon sepak bola dunia," kata Aditya Putra Dewa kepada Bola.com Kamis (24/11/2022) siang WIB.

"Proses dan program mereka sangat berjalan dengan baik dan kemenangan Timnas Jepang atas Jerman adalah hasil dari program Jepang yang mereka bangun selama ini," tambah dia.

4 dari 6 halaman

Bundesliga Pembentuk Mental Pemain

Pemain Timnas Jepang, Ritsu Doan melakukan selebrasi usai mencetak gol pertama Jepang ke gawang Timnas Jerman dalam laga matchday pertama Grup E Piala Dunia 2022 di Khalifa International Stadium, Doha, Qatar, Rabu (23/11/2022) malam WIB. (AP/Luca Bruno)

Menurut Aditya Putra Dewa, Bundesliga menawarkan kompetisi yang tidak terlalu mengandalkan kemampuan fisik, tetapi lebih ke teknik.

Sejumlah pemain top semacam Shinji Kagawa, Yuya Osako, hingga Shinji Okazaki pernah bermain dan meraih kesuksesan saat berkarier di Bundesliga.

"Harus kita akui sepak bola Jepang sangat berkembang pesat di Asia bahkan dunia. Liga mereka juga adalah yang terbaik di Asia untuk saat ini," ujar mantan pemain PSS Sleman itu.

"Banyak pemain asal Jepang yang sekarang jadi andalan di klub-klub Eropa, beberapa dari mereka kan awalnya memulai karier dari Bundesliga," sambung Adita Putra Dewa. (Ana Dewi)

5 dari 6 halaman

Yuk Tengok Posisi Tim Favorit Kamu:

Berita Terkait