Sukses


12 Fakta Menarik Duel Krusial Brasil vs Venezuela

Bola.com, Santiago - Brasil akan menghadapi Venezuela di laga terakhir Grup C Copa America 2015. Melakoni pertandingan ini, Brasil serta Venezuela akan mengerahkan seluruh kemampuan terbaiknya demi memetik kemenangan, sekaligus lolos ke perempat final.

Brasil berada di puncak Grup C dengan nilai tiga hasil dari dua pertandingan. Koleksi angka A Selecao sama dengan yang dimiliki Venezuela yang berada di urutan ketiga. Selain itu, Peru dan Kolombia yang menempati posisi dua serta empat juga mengoleksi tiga poin.

Alhasil, Brasil dan Venezeula wajib memetik kemenangan saat saling bentrok di Estadio Monumental David Arellano, Santiago, Cile, Senin (22/6/2015) pagi WIB, jika ingin lolos ke babak delapan besar.

Meski demikian, hasil imbang sebenarnya sudah cukup bagi kedua tim untuk bisa melenggang ke fase knock-out. Namun syaratnya, Kolombia dan Peru yang bentrok di Estadio Municipal Germen Becker, saling mengalahkan, dan posisi runner-up serta peringkat ketiga terbaik Grup C berada di genggaman.

Di atas kertas, Brasil memiliki peluang lebih besar meraih tiga angka dibandingkan Venezuela. Sebab, tim Samba tak pernah menelan kekalahan di enam pertandingan terakhir kontra Venezuela dalam ajang Copa America.

Akan tetapi, Venezuela bukannya tak memiliki kesempatan untuk merengkuh kemenangan. Apalagi, Brasil tidak diperkuat sang kapten, Neymar yang mendapat kartu merah di pertandingan melawan Kolombia pada 18 Juni.

Data dan fakta menarik Brasil kontra Venezuela:
1. Brasil tidak pernah menelan kekalahan di enam pertandingan terakhir kontra Venezuela di ajang Copa America. Brasil mampu meraih lima kemenangan dan bermain imbang 0-0 di fase grup Copa America 2011.

2. Hasil imbang 0-0 kala bersua Venezuela adalah terakhir kalinya Brasil gagal mencetak gol di fase grup Copa America, sebelum akhirnya kalah 0-1 dari Kolombia di laga Grup C Copa America 2015.

3. Brasil sukses mencatatkan lima clean sheet dari enam pertandingan kontra Venezuela di Copa America. Dari enam pertemuan tersebut, mereka hanya kebobolan satu gol.

4. Venezuela menelan kekalahan 0-7 dari Brasil pada 1999. Hanya melawan Argentina (11-0 pada 1975), Venezuela menelan kekalahan terbesar dalam sejarah Copa America.

5. Brasil selalu sukses memetik kemenangan di sembilan dari 10 pertandingan penutup fase grup Copa America.

6. Venezuela tidak pernah memetik kemenangan di laga terakhir fase grup dalam ajang Copa America (5 imbang; 10 kalah). Namun, mereka sukses meraih hasil imbang di tiga pertandingan sebelumnya.

7. Ini adalah pertama kalinya Brasil dan Venezuela bertemu di Copa America dengan Cile sebagai tuan rumah.

8. Kekalahan atas Kolombia sekaligus menyudahi torehan tak pernah kalah Brasil di 10 laga terakhir Copa America (6 menang; 4 imbang). Ini adalah catatan terbaik mereka di abad ke-21.

9. Neymar (Brasil) dan Fernando Amorebieta (Venezuela) adalah dua dari empat tim yang setidaknya mendapatkan satu kartu merah di Copa America.

10. Neymar tidak pernah mendapat kartu merah di laga resmi manapun sejak dia hijrah ke Spanyol.

11. Pemenang dari pertandingan ini akan otomatis lolos ke perempat final.

12. Brasil selalu mampu lolos dari fase grup sejak Copa America berubah format pada 1993.

Baca Juga: 

Prediksi Brasil vs Venezuela: Duel Penentuan Menuju Delapan Besar

Neymar Dihukum 4 Laga, Brasil Ajukan Banding

Tanpa Neymar, Coutinho Optimistis Brasil Mantap di Copa America

Video Populer

Foto Populer