Sukses


7 Pemain di Atas Usia 30 Tahun Ini Masih Laris Di Bursa Transfer

Bola.com, Jakarta - Tua-tua keladi, makin tua makin jadi. Peribahasa tersebut tampaknya berlaku juga di dunia sepak bola, khususnya bagi para pemain.

Menginjak usia yang tak lagi muda, sejumlah pesepak bola dunia ternyata masih sanggup menunjukkan kelas mereka di lapangan hijau. Performa mereka di atas usia kepala tiga pun tak kalah dengan pemain-pemain yang lebih junior.

Bahkan ketika jendela transfer pemain dibuka, tak jarang sejumlah klub elit Eropa rela mengeluarkan kocek yang dalam demi mendapatkan pemain 'tua' incaran mereka.

Seperti dimuat dalam laman Bleacher Report,  Bola.com mencoba merangkum tujuh pemain di atas usia 30 tahun yang masih laris manis di bursa transfer musim ini.

1. Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo (AFP PHOTO / KAREN MINASYAN)

Ronaldo memanglah seorang pesepakbola fenomenal. Di usianya yang ke-30, CR7 masih sanggup menunjukkan tajinya sebagai pemain terbaik dunia.

Musim lalu, striker Real Madrid ini mampu tampil luar biasa dengan mengemas 48 gol serta 16 assists dari 35 laga La Liga. Capaian ini tentu membuat harga jual Ronaldo di bursa transfer tinggi.

Kini seiring dengan spekulasi masa depannya yang tak menentu bersama Madrid, sejumlah klub seperti Paris Saint Germain dan Manchester United tengah mengantri mendapatkan tanda-tangannya.

2. Santi Cazorla

Santi Cazorla (AFP PHOTO / EMMANUEL DUNAND)

Gelandang kreatif milik Arsenal ini merupakan pemain serba bisa. Ia mahir dengan kedua kakinya, mampu memberi umpan akurat, bisa bermain bertahan dan menyerang, serta tak jarang mampu memberi ancaman di depan gawang lawan.

Bersama The Gunners, Cazorla sukses mencetak tujuh gol dan 11 assist. Pemain berusia 30 tahun ini juga berhasil mengantarkam Arsenal kembali menjuarai Piala FA.

Ia pun sempat dilirik klub Spanyol, Malaga dan Atletico Madrid.

3. Zlatan Ibrahimovic

Zlatan Ibrahimovic (AFP PHOTO / THOMAS SANSONO)

Meski umurnya sudah 33 tahun, nama Zlatan Ibrahimovic masih patut diperhitungkan sebagai salah satu striker paling berbahaya.

Mengandalkan kekuatan fisik, Ibra menjadi pesepakbola yang paling terampil dalam teknis permainan. Ia mampu menciptakan dan mencetak gol.

Pemain asal Swedia ini telah membukukan 19 gol dan enam assist dalam 24 pertandingan Ligue 1 bersama PSG.

Asalkan ia mampu menjaga kondisi tubuh dari cedera, Ibra diprediksi akan terus menjadi klub top Eropa. Salah satu klub yang sudah mengutarakan minat memboyong Ibra adalah AC Milan.

4. Yaya Toure

Yaya Toure (AFP PHOTO/ JOSEP LAGO)

Banyak orang menilai Toure sebaiknya tidak diplot sebagai gelandang, melainkan seorang striker. Hal ini dikarenakan gaya bermain pemain Manchester City ini yang terlalu menyerang, bisa dibilang Toure memiliki pertahanan yang kurang oke.

Sebagai seorang gelandang, ia mencetak 10 gol dan 1 assist dalam 29 pertandingan Liga Inggris musim lalu.

Bayangkan saja bagaimana jika ia berubah posisi menjadi striker. Mungkin torehan golnya akan jauh lebih banyak.

Masa depan Toure bersama The Citizens memang masih tanda tanya. Meski mengaku ingin bertahan, City tak akan segan-segan melepasnya jika ada tawaran bagus dari klub lain, seperti Inter Milan.

5. Bastian Schweinsteiger

Bastian Schweinsteiger (AFP PHOTO / CHRISTOF STACHE)

Gelandang milik Bayern Muenchen ini memang dikenal amat tangguh. Ia juga dikenal memiliki sepakan yang keras yang tak jarang menghasilkan gol.

Memulai karier sejak tahun 2001 di akademi Bayern, Schweinsteiger telah membukuan 375 penampilan di Bundesliga serta mencetak 49 gol.

Schweinsteiger memang santer diberitakan akan hijrah dari Allianz Arena pada bursa transfer musim panas ini. Kabarnya, gelandang berusia 30 tahun ini tengah didekati oleh klub raksasa Inggris, Manchester United.

6. Giorgio Chiellini

Giorgio Chiellini (AFP PHOTO / MARCO BERTORELLO)

Chiellini merupakan pemain yang handal dalam urusan bertahan. Pemain berusia 30 tahun ini mampu mengatur pertahanan tim, baik ketika dalam formasi 3 bek atau 4 bek. Ia pun sering menang dalam hal merebut bola dari kaki lawan.

Namun dirinya sedang tak yakin apakah akan mengakhiri karier di Juventus. Penggawa timnas Italia ini bisa saja mengikuti legenda klub lainnya seperti Alessandro Del Piero yang hengkang ke klub lain.

7. Dani Alves

Dani Alves ( AFP PHOTO / PATRIK STOLLARZ)

Ia sudah resmi memperpanjang kontrak bersama Barcelona hingga Juni 2017. Namun, sebelumnya Alves merupakan pemain yang menjadi incaran Manchester United dan AC Milan.

Di usia yang menginjak 32 tahun, pemain asal Brasil ini rupanya masih mampu menarik minat klub lain. Ini tak lain karena gaya bermainnya yang dinilai keras ketika di lapangan. Sejak membela Barcelona di musim 2008 lalu, Dani Alves berhasil merengkuh 19 gelar juara termasuk lima trofi La Liga Spanyol, tiga titel Copa del Rey, tiga gelar Liga Champions, dan dua trofi Piala Dunia Antarklub. Tak hanya itu, dia juga turut membawa Barca menorehkan treble winners di musim 2008/2009 dan 2014/2015.

Baca juga:

Termasuk Podolski, Arsenal Siap Lepas 6 Pemain

Kasihan, Tak Ada Klub yang Inginkan Mario Balotelli

Wow, Renovasi Stamford Bridge Habiskan Rp 10,4 Triliun!

Video Populer

Foto Populer