Sukses


Catatan Perjalanan dari Shanghai: Hari Menyenangkan bersama Lazio

Bola.com, Jakarta Tiongkok merupakan negara yang sangat akrab dengan sepak bola Eropa. Bagi Italia, Tiongkok merupakan tempat yang sangat identik dengan ajang Supercoppa Italia. Pada 2012, Shanghai jadi lokasi pertemuan Juventus vs Napoli. Kemudian tahun ini, giliran Juventus vs Lazio.

Supercoppa Italiana, begitu nama resmi pertandingan ini, merupakan ajang yang mempertemukan juara Serie A melawan juara Coppa Italia.

Berhubung saya seorang Laziale dan karena Lazio tampil di ajang ini, maka saya memberanikan diri berangkat ke Shanghai, lokasi Supercoppa Juventus vs Lazio dimainkan, tepatnya di Shanghai Stadium pada 8 Agustus 2015.

Penggemar Lazio berkumpul untuk bertemu pemain klub Serie A itu pada Meet and Greet jelang Supercoppa 2015 melawan Juventus di Tiongkok, Rabu (5/8/2015). (Bola.com/Rinov Laksono Putra)

Untuk menyaksikan tim kesayangan berlaga di Shanghai, biaya yang dikeluarkan relatif terjangkau. Memang, untuk ukuran bujet sangat subjektif. Tapi ilustrasinya seperti ini; untuk biaya pesawat pulang-pergi kurang lebih biaya yang saya keluarkan hanya Rp 5,5 juta dengan menggunakan maskapai low cost asal Malaysia. Untuk penginapan, banyak hotel yang menawarkan harga yang murah di sekitar Jinling road.

Untuk menginap selama lima hari saya hanya mengeluarkan kocek Rp 2,5 juta. Hotel yang saya rekomendasikan adalah Ocean Star Holiday Inn dan Hao Du karena fasilitas yang didapatkan lumayan baik dengan harga terjangkau.

Namun, Anda jangan membayangkan berkunjung Tiongkok, khususnya Shanghai, itu mudah. Sebab, hampir semua penduduk Tiongkok kesulitan memahami Bahasa Inggris. Itulah kendala utama ketika menjelajah Shanghai. Kendala itu membuat saya kesulitan berkomunikasi dengan warga lokal. Saran saya, bila Anda ingin berkunjung ke Shanghai, sebaiknya ditemani penerjemah atau warga lokal yang memahami bahasa asing.

Suporter Lazio foto bersama dengan jersey yang sudah ditandatangani pemain Lazio pada Meet and Greet jelang Supercoppa 2015 di Tiongkok, Rabu (5/8/2015). (Bola.com/Rinov Laksono Putra)

Tak mau menunggu terlalu lama, saya menuju Shanghai Stadium, venue laga Supercoppa Italia, Kamis (6/8/2015). Saya memang tak sekadar mendatangi stadion melainkan karena ingin hadir di acara Meet and Greet yang menghadirkan beberapa pemain Lazio di lokasi itu.

Meet and Greet ini dihadiri sekitar 500 fans Lazio yang berasal dari berbagai negara. Beberapa pemain Lazio menghadiri acara ini, seperti De Vrij, Licas Biglia, Miroslav Klose, Filip Djordjevic, dan Federico Marchetti. Laziale yang sukses mendapatkan tanda tangan pemain idola tampak semringah ketika meninggalkan ruangan Meet and Greet.

Di sekitar Shanghai Stadium dipenuhi dengan gambar-gambar pemain Lazio, maklum saja karena Biancocelesti juga mengadakan peluncuran jersey ketiga mereka di tempat itu.

Sambil menunggu acara Meet and Greet, saya berfoto bersama teman-teman Laziale yang berasal dari Thailand. Kami semua bersama Laziale dari banyak negara lain berkumpul di Shanghai demi mendukung klub kesayangan di laga kontra Juventus, Sabtu nanti. Saya sudah tak sabar lagi menonton pertandingannya secara langsung!

Pemain klub Lazio memberikan tandatangan untuk atribut fans saat Meet and Greet jelang Supercoppa 2015 melawan Juventus di Tiongkok, Rabu (5/8/2015). (Bola.com/Rinov Laksono Putera)

*Rinov Laksono Putera, penggemar Lazio asal Jakarta.

Baca Juga :

Cuci Gudang, Lazio Lepas Sembilan Pemain?

Juventus Kehilangan Khedira Dua Bulan

Manchester United Incar Dua Wonderkid Lazio

Video Populer

Foto Populer