Sukses


Piala Super Eropa: 12 Fakta Menarik Duel Barcelona vs Sevilla

Bola.com, Tbilisi - Barcelona dan Sevilla akan adu kekuatan di Piala Super Eropa 2015. Barcelona sang juara Liga Champions musim lalu, serta Sevilla yang merupakan kampiun Liga Europa, berambisi memetik kemenangan demi meraih trofi juara.

Pertandingan ini rencananya akan dihelat di Boris Paichadze Dinamo Arena, Tbilisi, Georgia, Rabu (12/8/2015) dini hari WIB. Secara statistik, Los Cules berpeluang besar meraih kemenangan di laga ini.

Dari 152 kali pertemuan terakhir di semua ajang kompetisi, Barcelona mampu merengkuh 80 kemenangan, 34 kali imbang, dan kalah di 38 pertandingan dari Sevilla.

Selain itu, El Barca juga memiliki rekor bagus saat menghadapi tim Spanyol di kompetisi Eropa. Tim Catalan mampu memetik lima kemenangan, enam kali imbang, dan kalah 10 kali dari 21 laga.

Namun demikian, Sevilla tak bisa begitu saja dianggap remeh. Skuat besutan Unai Emery itu mempunyai banyak pemain berkualitas, semacam Jose Antonio Rayes, Kevin Gameiro, hingga Michael Krohn-Dehli untuk mengubur ambisi Barcelona meraih trofi Piala Super Eropa yang kelima.

Berikut data dan fakta menarik laga Barcelona vs Sevilla seperti dilansir situs resmi UEFA:

1. Ini merupakan penampilan kesembilan Barcelona di Piala Super Eropa. Catatan tersebut membuat El Barca menjadi klub yang paling sering tampil di ajang ini. Dari delapan laga sebelumnya, Barcelona meraih empat kemenangan dan empat kekalahan.

2. Jika berhasil menjuarai Piala Super Eropa 2015, Barcelona akan menyamai prestasi AC Milan yang sudah lima kali meraih trofi di ajang ini.

3. Sevilla sudah tiga kali tampil di Piala Super Eropa, semuanya sebagai juara Piala UEFA/Liga Europa. Dari tiga kesempatan tersebut, Sevilla hanya sekali menang dan kalah di dua pertandingan.

4. Ini akan menjadi pertemuan ketiga dua klub Spanyol di Piala Super Eropa, setelah sebelumnya terjadi pada 2006 (Barcelona 0-3 Sevilla), serta 2014 (Real Madrid 4-0 Sevilla).

5. Barcelona dan Sevilla telah 152 kali saling jegal di semua kompetisi. Dari 152 pertemuan tersebut, Barca memetik 80 kemenangan, Sevilla 38 kali, dan 34 pertandingan lainnya berakhir imbang.

6. Luis Enrique bisa menjadi orang keempat yang mengangkat Piala Super Eropa sebagai pelatih dan pemain. Sebelumnya adalah Pep Guardiola, Carlo Ancelotti, dan Diego Simeone.

7. Secara keseluruhan, Barcelona telah meraih lima kemenangan dari 21 pertandingan melawan sesama tim Spanyol di Eropa, enam kali kali imbang dan kalah di 10 laga.

8. Sevilla mampu meraih enam kemenangan, tiga kali imbang, dan enam kali kalah dari 15 pertandingan terakhir melawan sesama klub Spanyol di kompetisi Eropa.

9. Skuat Barcelona saat ini banyak dihuni mantan pemain Sevilla, seperti Dani Alves (2002 - 2008), Adriano (2005 - 2010), Ivan Rakitic (2011 - 2014), serta Aleix Vidal (2014 - 2015).

10. Unai Emery telah 19 kali menghadapi Barcelona dengan empat klub berbeda, yakni Almeria, Valencia, Spartak Moskow dan Sevilla. Namun, tidak pernah sekalipun menang dari Barca (13 kalah; 6 imbang).

11. Megabintang Barcelona, Lionel Messi telah mencetak 22 gol dari 19 kali pertemuan dengan klub yang diasuh Emery.

12. Emery dan Luis Enrique telah empat kali bertemu sebagai pelatih. Dari empat laga tersebut, Enrique meraih tiga kemenangan (dua kali menang 1-0 sebagai pelatih Celta Vigo, menang 5-1 sebagai pelatih Barcelona), dan hanya sekali imbang (bermain 2-2 sebagai pelatih Barcelona).

Baca Juga:

Unai Emery: Sevilla Punya Jurus Ampuh Tekuk Barcelona

Barcelona tanpa Neymar di Piala Super Eropa

Gantikan Messi, Turan Pakai Kostum No 10 di Barcelona?

Video Populer

Foto Populer