Sukses


Belanda Gagal ke Piala Eropa 2016, Ini Komentar Sang Pelatih

Bola.com, Amsterdam - Pelatih tim nasional Belanda, Danny Blind frustrasi setelah gagal meloloskan Der Oranje ke Piala Eropa 2016 seusai kalah 2-3 dari Ceska pada laga pamungkas Grup A, Rabu (14/10/2015) dini hari WIB. Menurut dia, hasil ini membuat seluruh rakyat Belanda kecewa.

Belanda gagal lolos ke putaran final Piala Eropa yang bakal dihelat di Prancis setelah takluk 2-3 dari Ceska di babak babak kualifikasi Grup A di Stadion Asterdam Arena, Rabu (14/10/2015) dini hari WIB. Belanda kalah 0-2 di babak pertama melalui sumbangan gol Pavel Kaderabek dan Josef Sural. Ceska menambah satu gol lagi di babak kedua melalui bunuh diri Robin van Persie pada menit ke-66. Tim Oranye hanya mampu mencetak dua gol balasan melalui aksi Klaas-Jan Huntelaar dan Robin van Persie.

Hasil tersebut membuat Belanda hanya mampu finis di peringkat keempat klasemen dengan koleksi 13 poin. Ceska dan Islandia lolos langsung ke putaran final Piala Eropa 2016 di Prancis. Sementara, Turki harus melalui babak play-off.

"Saya tidak mampu mencapai tujuan yang ditetapkan oleh federasi. Kami sebenarnya mengincar lolos secara langsung atau melalui play-off dan saya tidak mewujudkan hal tesebut. Kami harus melihat ini secara keseluruhan. Banyak pemain tidak tersedia tapi itu bukan alasan, namun kami tetap kehilangan 15 atau 16 pemain dan kami bukan Jerman atau Spanyol jadi sangat sulit untuk menggantikan para pemain tersebut," kata Blind seperti dikutip dari situs resmi UEFA.

"Sekarang kami harus melihat masa depan. Ini sangat mengecewakan untuk para pemain, saya dan seluruh rakyat Belanda. Tapi kami harus melihat kedepan dan tujuan baru kini lolos ke Piala Dunia di Russia," ujarnya.

Lebih lanjut, Blind tak mau terlalu meratapi kegagalan ini. Ayah dari pemain Manchester United, Daley Blind itu berujar Der Oranje harus bangkit untuk mencapai tujuan lolos ke Piala Dunia.

"Saya harus menganalisis dan melihat bagaimana kami bisa maju karena itulah yang terpenting sekarang. Kami harus memulai bekerja untuk mengamankan satu tiket ke Piala Dunia. Kami akan membuat program persiapan untuk itu," tandasnya.

Sumber: UEFA

Baca Juga:

Pelatih Belanda Konfirmasi Pertengkaran Van Persie dan Depay

Cruyff: Sangat Menyakitkan Lihat Permainan Belanda

Blind "Takjub" 15 Pemain Belanda Cedera

Video Populer

Foto Populer