Sukses


Preview 8 Negara di Perempatfinal Piala Eropa 2016

Bola.com, Jakarta - Delapan negara telah memastikan tempatnya di babak delapan besar Piala Eropa 2016. Komposisi dari delapan negara tersebut terbagi menjadi tiga, yaitu negara yang pernah merasakan gelar juara, negara yang belum pernah juara, dan negara debutan Piala Eropa.

Jerman, Italia dan Prancis menjadi negara yang sudah pernah merasakan gelar juara. Die Mannschaft tercatat sebagai negara yang paling banyak menjadi juara dengan tiga gelar, diikuti oleh Les Bleus (dua gelar) dan Gli Azzurri (satu gelar).

Sebagai penantang ada Portugal, Polandia dan Belgia yang sudah pernah ikut turnamen sebelumnya, namun belum pernah juara. Dua negara yang tampil mengejutkan, Wales dan Islandia, sukses menyita perhatian meskipun berstatus sebagai negara debutan.

Wales mengalahkan Irlandia Utara dengan skor 1-0 pada babak 16 besar (25/6/2016). Sementara itu, Islandia membuat kejutan besar dengan mengalahkan Inggris 2-1 (27/6/2016).

Berikut preview pertandingan perempat final Piala Eropa 2016:

Polandia Vs Portugal

Pertandingan antara Polandia dan Portugal akan berlangsung di Stadion Velodrome, Marseille, (30/6/2016). Sepanjang turnamen, Polandia tampil lebih meyakinkan daripada Portugal. Skuat besutan Adam Nawalka ini berhasil mengimbangi Jerman di fase grup. Pertahanan Polandia dinilai sebagai salah satu pertahanan terbaik di turnamen kali ini. Masalah Polandia justru ada di lini depan. Robert Lewandowski yang digadang-gadang sebagai mesin gol utama sama sekali belum menyumbang gol.

Portugal dinilai sebagai tim yang beruntung bisa lolos ke perempat final. Seleccao tampil mengecewakan ketika bermain di fase grup dan babak 16 besar. Lolos ke fase knockout sebagai satu di antara peringkat ketiga terbaik, Portugal bertemu dengan Kroasia yang notabene tampil mengesankan. Namun, keburuntungan berpihak kepada Portugal usai Ricardo Quaresma membobol gawang Kroasia pada babak tambahan.

Kemenangan atas Kroasia menjadi pelecut semangat Portugal untuk bisa memperbaiki penampilannya. Cristiano Ronaldo harus bermain sebagai bagian dari tim agar bisa membawa Portugal melangkah lebih jauh. Sementara, puasa gol yang sedan dialami Lewandowski bisa memengaruhi kepercayaan dirinya sebagai kapten tim.

Wales Vs Belgia

Laga antara Wales dan Belgia akan berlangsung di Stade Pierre Mauroy, Lille, (1/7/2016). Belgia tampil sebagai favorit dalam laga ini mengingat mereka berada dalam generasi emasnya. Keberadaan Eden Hazard dan Kevin De Bruyne menjadi senjata Belgia untuk mengakhiri cerita indah Wales.

Perjalanan Wales di Piala Eropa 2016 terbilang luar biasa. Menjadi juara fase grup mengungguli Inggris dan memastikan tiket perempat final setelah mengungguli Irlandia Utara. Gareth Bale masih menjadi harapan utama negaranya, namun ketergantungan tersebut bisa menjadi bumerang bagi Wales. Lini belakang Wales harus mewaspadai Belgia yang telah mencetak delapan gol dalam tiga pertandingan terakhirnya.

Jerman Vs Italia

Jerman dan Italia akan menjalani pertandingan perempat final di Stade de Bordeaux (2/7/2016). Laga ini layak disebut sebagai final dini di ajang Piala Eropa 2016. Jerman sejauh ini masih tampil dominan dan tidak menemui kesulitan. Gawang Jerman yang dikawal oleh Manuel Neuer sama sekali belum merasakan kebobolan. Di bawah kendali Joachim Low, Die Mannschaft bermain secara kolektif dan sangat hati-hati dalam menyusun serangan.

Sementara itu, Italia tampil solid pada fase grup meskipun sempat merasakan kekalahan dari Republik Irlandia. Tetapi secara keseluruhan skuat Antonio Conte mempunyai modal yang bagus untuk menjadi salah satu favorit juara. Pada babak perempat final, Gli Azzurri sukses menyingkirkan juara bertahan, Spanyol.

Laga antara Jerman dan Italia akan menjadi laga adu taktik bagi dua pelatih, Low dan Conte. Low dituntut untuk bisa menangkal taktik 'Tikitalia' yang diterapkan oleh Conte. Serangan balik Italia yang efektif menjadi senjata utama Conte untuk merobohkan tembok kuat Jerman yang digalang oleh Manuel Neuer. Sejarah pertemuan menunjukkan kalau Jerman belum pernah menang atas Italia di turnamen besar (empat kalah, empat imbang).

Prancis Vs Islandia

Tuan rumah Prancis akan menjajal tim debutan, Islandia, pada babak perempat final Piala Eropa 2016 di Stade de France, (3/7/2016). Prancis jelas menjadi favorit dalam laga ini, karena selain sebagai tuan rumah, Les Bleus juga mencatatkan hasil yang positif sepanjang perjalanan mereka. Pada babak perdelapan final, Prancis menunjukkan semangat juang setelah sempat tertinggal terlebih dahulu dari Irlandia. Dua gol yang dicetak Antoine Griezmann memastikan langkah Prancis ke perempat final.

Sementara itu, pencapaian Islandia pada turnamen debutnya sudah terbilang melampaui target. Islandia secara mengejutkan mampu mengungguli Portugal di fase grup dan membuat Inggris angkat kaki di babak perdelapan final. Dengan modal utama semangat juang dan kesatuan tim Islandia diprediksi bisa merepotkan Prancis.

Sumber: Eurosport

Klik di sini untuk mengikuti laporan langsung Bola.com dari Prancis

Video Populer

Foto Populer