Sukses


Menanti Performa Apik Robert Lewandowski dan Arkadiusz Milik

Bola.com, Marseille - Dua bomber timnas Polandia, Robert Lewandowski dan Arkadiusz Milik tampil kurang meyakinkan di Piala Eropa 2016. Keduanya diharapkan memperbaiki performa tersebut saat bersua Portugal di perempat final, Jumat (1/7/2016) dini hari WIB. 

The white and reds menembus perempat final setelah menyingkirkan Swiss lewat adu penalti dengan skor 5-4. Bagi Polandia, melaju hingga delapan besar adalah prestasi yang membanggakan. Sebab, pada Piala Eropa 2008 dan 2012, mereka gagal lolos dari fase grup.

Dari empat pertandingan yang dijalani dari Grup C hingga 16 besar, Polandia mampu mencetak tiga gol. Namun dari tiga gol itu, tidak ada satupun yang tercipta atas nama Robert Lewandowski.

Padahal, Lewandowski mampu mengoleksi 42 gol dari 51 pertandingan bersama Bayern Munchen di seluruh ajang kompetisi musim lalu. Rapatnya barisan belakang tim lawan dan minimnya kontribusi dari lini tengah, membuat eks pemain Borussia Dortmund itu kesulitan mencetak gol.

Sampai sejauh ini, Lewandowski telah melepaskan enam tembakan tanpa ada satupun yang mengarah ke gawang. Sulitnya bomber 27 tahun itu mencetak gol juga akibat permainan kasar pemain lawan. Tercatat Lewandowski sudah 16 kali dilanggar dari empat laga putaran final Piala Eropa 2016.

Hal serupa terjadi pada Arkadiusz Milik. Pemain yang mengoleksi enam gol selama kualifikasi Piala Eropa 2016 itu baru menyumbangkan satu gol, yakni ketika Polandia menang 1-0 atas Irlandia Utara pada laga perdana Grup C, 12 Juni 2016.

Milik juga beberapa kali gagal memanfaatkan peluang yang didapat, salah satunya adalah ketika menghadapi Jerman pada partai kedua Grup C, 17 Juni 2016.

Eksekusi tendangan bebasnya pada menit ke-58 menerpa tiang gawang Jerman yang dikawal Manuel Neuer. Selain itu, umpan matang Kamil Grosicki pada menit ke-69 gagal dikonversikan Milik menjadi gol.

Pelatih Polandia, Adam Nawalka, berharap kedua pemainnya itu tampil apik saat bersua Portugal di Stade Velodrome, Marseille pada laga perempat final Piala Eropa 2016. Khusus untuk Milik, Nawalka memintanya tidak hanya memberikan umpan kepada Robert Lewandowski namun juga mencetak gol.

"Saya tahu bahwa dia masih butuh banyak belajar. Tetapi, saya yakin dia sudah berada di jalan yang benar. Jika terus sepert ini, dia memiliki kesempatan untuk menjadi pemain hebat," sebut Nawalka.

Sumber: Berbagai Sumber

Video Populer

Foto Populer