Sukses


Rooney Dicemooh Penonton, Southgate dan Linggard Bela Sang Kapten

Bola.com, London - Wayne Rooney mendapat 'kejutan' pada pertandingan Inggris kontra Malta, di Stadion Wembley, Sabtu (8/10/2016). Sang kapten beberapa kali mendapat cemoohan dari tribun penonton. Kalangan media di Inggris menyebut, hal tersebut dikaitkan dengan performa Wazza yang sedang menurun bersama Manchester United.

Walhasil, sebagian fans kaget dengan status Rooney yang turun sejak menit pertama. Sepanjang di lapangan, suami Coleen McLoughlin tersebut menerima ejekan saat berada di sisi lapangan ataupun kala menguasai bola.

Tak ingin melihat Rooney terus mendapat 'serangan', Caretaker Manajer Timnas Inggris, Gareth Southgate dan penyerang Jesse Lingard, memberi pembelaan terhadap apa yang dialami Sang Kapten tersebut.

"Kritik dan tindakan fans terhadap Rooney tak berada di waktu yang tepat. Rooney bermain luar biasa di lapangan, ia bertarung dengan rasa bangga, juga status kapten di lengannya membuat bangga negara ini," komentar Southgate, seperti dirilis BBC.

Menurut eks bek kiri The Three Lions tersebut, penampilan Rooney saat bersua Malta tergolong bagus. Dia bisa bermain rapi di tengah. Southgate memasang Rooney untuk mengatur kinerja lini tengah bersama Jordan Henderson. Hasilnya, Inggris menang dengan skor 2-0.

Sebelum pertandingan, kualitas permainan Rooney banyak mendapat kritikan tajam. Maklum, pada tiga laga terakhir Manchester United, Wazza duduk di bangku cadangan. Namun Southgate masih percaya, dan meminta fans untuk melihat ke belakang.

"Lihat saja John Terry, Frank Lampard dan Ashley Cole. Saat mereka masih berkostum timnas, mereka mendapat kritik yang luar biasa. Namun, semuanya terhapus dengan kinerja di lapangan yang luar biasa, dan Rooney mengikuti jejak ketiganya," beber Southgate.

Mantan Manajer Middlesbrough tersebut mengakui tak habis pikir dengan apa yang sebenarnya diharapkan publik Wembley dari seorang Rooney. Baginya, sang pemakai kostum bernomor punggung 10 tersebut tetap mempertahankan kualitas saat tampil bersama timnas.

Hal itu pula yang dikatakan Jesse Lingard. Rekan setim Wayne Rooney di Manchester United tersebut tak perlu mendengar ejekan dari segelintir fans yang hadir di Wembley. Bagi pemain yang baru menjalani debut tersebut, sosok Rooney adalah seorang kapten yang layak menjadi panutan.

"Ban kapten yang berada di lengan Rooney sudah menjadi bukti kalau dia memang layak mendapatkannya. Saya, juga kami, selalu mendukungnya, terutama saat bersua Slovenia pada Selasa (11/10/2016) nanti," tegas Lingard.

Sumber: BBC

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer