Sukses


Ronaldinho dan 5 Pesepak Bola yang Rambah Dunia Musik

Bola.com - Musik bukan sekadar wadah untuk menyalurkan hobi bagi sejumlah pesepak bola. Mantan bintang Barcelona, Ronaldinho, menggeluti dunia tarik suara dan telah menelurkan karya.

Ronaldinho belum menyatakan pensiun walaupun tak aktif bermain sejak 2015. Pria berumur 37 tahun itu baru saja ditunjuk sebagai duta Barcelona.

Selain bekerja di klub lamanya, Ronaldinho mengisi waktu luang dengan menyanyi. Dia menunjukkan keseriusannya di dunia tarik suara dengan merilis single perdana, Sozinho, pada Selasa (28/3/2017).

Sozinho atau yang berarti 'Sendiri' mendapat sambutan positif dari para penggemar Ronaldinho. Dia mengaku mengerjakan buah karyanya tersebut tanpa bantuan komposer.

Pengalaman Ronaldinho masih kalah dari Jose Manuel Pinto. Kiper Barcelona era 2008 hingga 2014 itu sudah lebih dari satu dekade menekuni hobi musiknya dengan serius.

Selain kedua pemain tersebut, sederet pesepak bola kelas wahid pernah menjajal dunia musik. Memang tak semua menjadikan itu sebagai karier. Akan tetapi, ada pula yang memilih meninggalkan sepak bola dan mencoba peruntungan di bidang musik.

Berikut ini adalah lima pemain yang memilih dunia musik sebagai kelanjutan karier setelah lepas dari lapangan hijau:

2 dari 6 halaman

Dani Osvaldo

Dani Osvaldo memilih untuk meninggalkan sepak bola demi berkarier di jalur musik.

Dani Osvaldo dikenal sebagai pemain bengal yang sulit diatur. Pemain yang memiliki dwi kewarganegaraan (Argentina-Italia) ini terkenal sebagai pemain yang nyentrik dengan sifatnya yang sulit diatur.

Tidak jarang Osvaldo menjadi buah bibir karena pertikaian dengan sesama pemain, pelatih dan rekan setim. Tindakan nyeleneh Osvaldo bertambah setelah ia menolak tawaran sejumlah klub pada awal musim 2016-17.

Setelah dipecat Boca Juniors pada Mei 2016, Osvaldo tidak memiliki klub selama tiga bulan. Ia pun mendapat tawaran dari Chievo Verona untuk memperkuat klub tersebut. Tetapi, ia menolak tawaran dari klub tersebut dengan alasan sudah pensiun karena ingin serius di jalur musik bersama band yang ia buat, Barrio Viejo.

3 dari 6 halaman

Jose Manuel Pinto

Jose Manuel Pinto fokus menjadi produser musik setelah meninggalkan Barcelona pada 2014.

Pinto hanya berstatus kiper pelapis Barcelona. Namun, dia tak hanya piawai mengawal gawang timnya ketika mendapat kesempatan tampil di lapangan.

Pria kelahiran Spanyol 41 tahun silam tersebut memiliki talenta di bidang musik, terutama hip-hop. Dia juga pernah menyanyikan berduel rap dengan rekan setimnya, Eric Abidal, pada waktu lowong.

Saat ini, Pinto yang mahir memainkan sejumlah instrumen musik berprofesi sebagai produser rekaman. Dia memiliki proyek musik bernama Wahin.

4 dari 6 halaman

Djibril Cisse

Djibril Cisse sudah sejak lama tertarik untuk menggeluti dunia musik.

Cisse menjalani karier sepak bola profesional selama 17 tahun sebelum memutuskan pensiun pada Februari 2017. Sepanjang kiprahnya di lapangan hijau, eks bomber Liverpool dan timnas Prancis itu beberapa kali mengalami cedera parah.

Hal itu membuat performa Cisse perlahan menurun dan sulit menemukan bentuk permainan terbaiknya lagi seperti pada awal karier. Itu merupakan satu di antara alasan dia gantung sepatu.

Alasan lainnya, Cisse ingin fokus meniti karier di bidang musik sebagai Disc Jockey (DJ) yang telah digelutinya sejak 2016. Dia sudah menghasilkan album dan pernah mengisi acara diva musik internasional, Mariah Carey.

5 dari 6 halaman

Royston Drenthe

Sempat disebut sebagai pemain muda berbakat, karier Royston Drenthe berakhir prematur. (AFP/Pierre-Philippe Marcou)

Nasib Drenthe sempat terkatung-katung sejak hengkang ke Real Madrid pada musim 2007. Dia pernah menjalani masa peminjaman di Hercules dan Everton sebelum dilepas pada musim panas 2012.

Setelah itu, Drenthe memperkuat klub-klub kecil hingga akhirnya menganggur Juli 2016. Tak ada klub yang menginginkannya, Drenthe pun mengumumkan pensiun dari sepak bola meski baru berusia 29 tahun.

 

A post shared by Royston Ricky Drenthe (@roya2faces) on

Drenthe mengisi kesibukannya dengan berprofesi sebagai rapper. Dia pernah merilis single berjudul Jemay-Lee dan mengunggah videonya di YouTube. Saat ini, ia memiliki nama panggung 'Roya2Faces'.

6 dari 6 halaman

Ian Wright

Ian Wright sempat tertarik untuk serius terjun ke dunia musik.

Karier Wright cukup sukses selama memperkuat Arsenal pada 1991 hingga 1998. Dia pernah meraih (1) trofi Premier League, (2) Piala FA, (1) Piala Liga dan (1) Piala UEFA bersama The Gunners.

Hingga kini, Wright masih menempati posisi kedua daftar pencetak gol terbanyak dalam sejarah Arsenal dengan 185 gol. Dia hanya kalah dari Thierry Henry yang mendulang 228 gol.

Akan tetapi, Wright pernah merilis sebuah single berjudul Do The Right Thing pada 1993. Dalam tayangan video lagu tersebut, Wright tidak melepaskan unsur-unsur sepak bola.

Sumber: Berbagai sumber

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, La Liga, Liga Champions, dan Liga Europa, dengan kualitas HD di sini

Video Populer

Foto Populer