Sukses


9 Pesepak Bola Top Eropa yang Menjalani Debut pada Usia 16 Tahun

Bola.com, Jakarta - Banyak pemain berbakat di bawah usia 20 tahun yang sukses mencuri perhatian dunia dengan skill menawan yang mereka miliki. Para pesepak bola tersebut biasanya mendapatkan julukan wonderkid.

Namun, pemain yang melakukan debut bersama tim utama di bawah usia 16 tahun sangat jarang. Para pemain muda tersebut biasanya kalah bersaing dengan para pemain senior yang jauh lebih berpengalaman.

Di sisi lain, usia muda tentunya tak menjadi halangan untuk menjadi bintang bola dunia. Justru banyak pemain muda yang sangat berambisi menembus skuat utama klub impiannya.

Beberapa pesepak bola berhasil mewujudkan impiannya tersebut. Namun, ada pula yang sinar kebintangannya hanya berlangsung sesaat.

Setelah itu, para pemain tersebut biasanya tak lagi diingat. Namun ada juga pemain yang sudah melakoni debut di usia 16 tahun dan performanya terus terjaga.

Siapa saja pemain tersebut? Berikut ini Bola.com merangkum dari Marca, 9 pesepak bola top Eropa yang melakoni debut pada usia 16 tahun.

2 dari 10 halaman

1. Kylian Mbappe

Kylian Mbappe menjalani laga debut profesionalnya saat memperkuat AS Monaco pada 2015. Kala itu, Mbappe dipercaya tampil saat AS Monaco bermain 1-1 menghadapi Caen di liga domestik

Pada laga tersebut Kylian Mbappae baru berusia 16 tahun, 11 bulan dan 12 hari. Bersama Monaco, Mbappe mencatatkan 60 penampilan dengan menyumbang 27 gol dan 16 assist.

Saat ini, Mbappe sudah hengkang ke klub Ligue 1 lainnya, yakni Paris Saint Germain. Total Mbappe sudah bermain sebanyak 108 laga dengan mencetak 79 gol dan 43 assist.

3 dari 10 halaman

2. Eden Hazard

Eden Hazard melakoni debut bersama klub profesional pada 24 November 2017. Saat itu, Hazard bermain untuk klub Ligue 1, Lille.

Pemain asal Belgia itu menjalani laga debut saat berusia 16 tahun, 11 bulan dan 17 hari. Sayang, laga debut Hazard tak berbuah manis.

Lille kalah dari Nancy dengan skor 0-2. Performa apik yang ditunjukkan Hazard membuat Chelsea kepincut.

Setelah berkostum Chelsea selama 7 tahun, pada bursa transfer musim panas 2019, Hazard memutuskan hengkang ke klub La Liga, Real Madrid.

4 dari 10 halaman

3. Wayne Rooney

Wayne Rooney menjalani laga debut pada 17 Agustus 2002 saat bermain untuk Everton. Rooney melakoni laga pertamanya pada duel antara Everton versus Tottenam Hotspur yang berakhir dengan skor 2-2.

Saat bermain pada laga tersebut, Rooney baru berusia 16 tahun, 9 bulan dan 24 hari. Setelah itu, Rooney bermain untuk Manchester United sebelum memutuskan kembali lagi ke Everton pada 2017.

Saat ini, Wayne Rooney menjadi pemain sekaligus pelatih di klub Inggris, Derby County.

5 dari 10 halaman

4. Francesco Totti

Selama berkarier sebagai pemain, Francecso Totti hanya memperkuat satu klub, yakni AS Roma. Totti melakoni debut saat AS Roma meraih kemenangan atas Brescia pada 28 Maret 1993.

Saat tampil pada pertandingan tersebut, Totti baru berusia 16 tahun, enam bulan dan satu hari. Totti akhirnya memutuskan pensiun sebagai pesepak bola profesional pada Juli 2017.

Selama 25 tahun memperkuat klub Ibu Kota Italia, Totti total mencatatkan 785 penampilan dengan mencetak 307 gol dan 139 assist. Prestasi terbaiknya ialah saat memawa Timnas Italia menjuarai Piala Dunia 2006.

6 dari 10 halaman

5. Andrea Pirlo

Andrea Pirlo melakukan laga debut pada 21 Mei 1995 dan baru berusia 16 tahun 2 hari. Kala itu, Pirlo menjadi bagian skuat Brescia saat kalah dari Reggiana dengan skor 0-2.

Setelah itu, Pirlo malang melintang ke beberapa klub besar Italia seperti Inter Milan, AC Milan dan Juventus. Kemudian pada 2017, Pirlo memutuskan gantung sepatu saat berkostum New York City.

7 dari 10 halaman

6. Paolo Maldini

Seperti halnya Francesco Totti, Paolo Maldini juga hanya memperkuat satu klub sepanjang kariernya sebagai pemain, yakni AC Milan. Maldini sudah dipercaya tampil bersama Rossoneri saat berusia 16 tahun, enam bulan, dan 25 hari.

Maldini melakoni laga pertamanya saat AC Milan ditahan imbang Udinese dengan skor 1-1 pada 20 Januari 1985. Kala itu, Maldini mengawali karier sebagai bek kanan, namun perlahan bergeser sebagai bek tengah.

Bersama AC Milan, Maldini total mencatatkan lebih dari 900 pertandingan sebelum memutuskan gantung sepatu pada 2009.

8 dari 10 halaman

7. Arjen Robben

Arjen Robben memainkan pertandingan profesionalnya pada 3 Desember 2000 saat berkostum FC Groningen. Robben menjalani debut pada usia 16 tahun, 10 bulan dan 10 hari.

Kala itu, Robben dimainkan pada menit ke-77 saat Groningen bertemu RC Waalwijk. Setelah itu, Robben bergabung dengan beberapa klub elite Eropa seperti Chelsea, Real Madrid, dan Bayern Munchen.

9 dari 10 halaman

8. Clarence Seedorf

Clarence Seedorf memainkan pertandingan pertamanya saat membawa Ajax Amsterdam meraih kemenangan atas FC Groningen pada 28 November 1992. Saat itu, Seedorf baru berusia 16 tahun, 7 bulan dan 27 hari.

Setelah itu, Clarence Seedorf membela klub-klub di luar Belanda, seperti Sampdoria, AC Milan dan Real Madrid. Selama menjadi pemain, Clarence Seedorf berhasil meraih gelar Liga Champions bersama dua klub berbeda, yakni saat berkostum AC Milan dan Real Madrid.

10 dari 10 halaman

9. Ruud Gullit

Ruud Gullit melakoni laga pertama saat Haarlem bermain imbang dengan Maastricht pada 19 Agustus 1979. Pada pertandingan tersebut, Ruud Gullit berusia 16 tahun, 11 bulan dan 18 hari.

Ruud Gullit bersinar bersama AC Milan dan menjadi juara Eropa saat membela Timnas Belanda pada 1988.

Video Populer

Foto Populer